Penampakan Terbaru Makam Nabi Yunus yang Dihancurkan ISIS

Reporter : Eko Huda S
Senin, 30 Januari 2017 08:28
Penampakan Terbaru Makam Nabi Yunus yang Dihancurkan ISIS
Foto-foto makam kondisinya memprihatinkan itu diambil setelah militan ISIS meninggalkan wilayah itu.

Dream - Pasukan Irak yang memerangi militan ISIS di Kota Mosul menunjukkan kondisi makam Nabi Yunus. Foto-foto makam kondisinya memprihatinkan itu diambil setelah militan ISIS meninggalkan wilayah itu.

Sebagaimana dikutip Dream dari laman Mail Online, Senin 30 Januari 2017, ISIS menghancurkan masjid dan makam Nabi Yunus. Pada Juli 2014, makam itu diledakkan hingga mengundang kemarahan, khususnya Muslim setempat.

Baca juga: Militan ISIS Hancurkan Makam Nabi Yunus

Para militan juga menghancurkan situs-situs terkenal Mosul dan wilayah lain karena menilai berziarah ke makam tidak sejalan dengan tradisi Islam. ISIS meyakini memberi keistimewaan pada pemakaman bertentangan dengan ajaran Islam.

Dan sekarang, Mosul telah jatuh ketangan pasukan Irak. Kerusakan di makam Nabi Yunus terlihat jelas. Dia menambahkan, dua wilayah tetangga di timur Mosul juga telah direbut dari ISIS pada Senin lalu.

" Kami merebut wilayah makam Nabi Yunus... mengibarkan bendera Irak di atas makam," kata Sabah al-Noman, juru bicara Badan Antiterorisme Irak.

 Makam Nabi Yunus© Daily Mail

Petinggi Badan Antiterorisme Irak, Letjen Abdulghani al-Assadi, mengatakan, 90 persen wilayah timur Mosul telah dikuasai pemerintah. Hanya butuh beberapa hari lagi untuk mengusir ISIS dari tepian Sungai Tigris yang membelah kota menjadi dua.

Penghancuran sejumlah jembatan di Sungai Tigris menyebabkan militan ISIS kesulitan memasok logistik dari tepi timur ke barat yang masih mereka kontrol.

Mosul sebelah barat dikenal sebagai wilayah pertahanan ISIS yang diprediksi akan memberi perlawanan sengit. 

Beri Komentar
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak