6 Jendral Terhebat dalam Sejarah Islam

Reporter : Idho Rahaldi
Senin, 8 Agustus 2016 17:03
6 Jendral Terhebat dalam Sejarah Islam
Mereka dikenal sebagai orang-orang yang membawa kemenangan demi kemenangan dalam setiap pertempuran dalam rangka meninggikan panji-panji Islam di muka bumi ini...

Dream - Dalam sejarah Islam dikenal sejumlah pemimpin yang gagah berani. Mereka memimpin umat Islam untuk mempertahankan diri dari serangan musuh di medan perang.

Tak hanya gagah berani di medan tempur dan membawa kemenangan demi kemenangan demi tegaknya panji-panji Islam, para pemimpin ini juga dikenal sangat arif. Menjadi pelindung bagi umat Islam.

Para 'jenderal' ini juga menjadi pengayom bagi kaum di luar Islam. Nah penasaran bukan? Siapa saja sih jendral terhebat yang dimiliki Islam?

Yuk langsung simak ulasannya di halaman berikutnya.

1 dari 6 halaman

1. Abu Ubaidah bin al-Jarrah, Pemimpin Pemberani (583-639)

 jendral terhebat

Abu Ubaidah bin al-Jarrah adalah Muhajirin dari kaum Quraisy Mekah yang termasuk antara yang paling awal memeluk agama Islam. Ia ikut berhijrah ke Habasyah (saat ini Ethiopia) dan kemudian, berhijrah ke Madinah.

Ia mengikuti setiap pertempuran dalam membela Islam. Setelah Nabi Muhammad SAW wafat, Abu Ubaidah merupakan salah satu calon Khalifah bersama dengan Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Setelah terpilihnya Abu Bakar sebagai Khalifah, dia dilantik untuk menjadi panglima perang memimpin pasukan Muslim untuk berperang melawan kerajaan Rom. Agu Ubaidah meninggal disebabkan oleh wabah penyakit.

2 dari 6 halaman

2. Khalid ibn al-Walid, Panglima Tanpa Kekalahan (584-642)

 jendral terhebat

Khalid bin Walid, adalah seorang panglima perang pada masa pemerintahan Khulafa ArRasyidin yang termahsyur dan ditakuti di medan perang serta dijuluki sebagai Saifullah Al-Maslul (pedang Allah yang terhunus). Dia adalah salah satu dari panglima-pangli­­ma perang penting yang tidak terkalahkan sepanjang kariernya.

3 dari 6 halaman

Sa'ad bin Abi Waqqas (595-674)

 jendral terhebat

Sa`ad bin Abī Waqqās merupakan salah seorang yang awal masuk Islam dan salah satu sahabat penting Muhammad. Kepahlawanan Sa’ad bin Abi Waqqas tertulis saat memimpin pasukan Islam melawan tentara Persia di Qadissyah. Peperangan ini merupakan salah satu peperangan terbesar umat Islam.

4 dari 6 halaman

4. Tariq bin Ziyad, Penakluk Andalusia (670-720)

 jendral terhebat

Tariq bin Ziyad, dikenal dalam sejarah Sepanyol sebagai legenda dengan sebutan Taric el Tuerto (Taric yang memiliki satu mata), adalah seorang jeneral dari dinasti Umayyah yang memimpin penaklukan Muslim atas wilayah Al-Andalus (Spanyol, Portugal, Andorra, Gibraltar dan sekitarnya) pada tahun 711 M.

 

5 dari 6 halaman

5. Salahuddin Ayyubi, Ksatria Pengampun (1138-1193)

 jendral terhebat

Adalah seorang jenderal dan pejuang muslim Kurdi dari Tikrit (daerah utara Iraq sekarang). Ia mendirikan Dinasti Ayyubiyyah di Mesir, Syria, sebahagian Yaman, Iraq, Mekah Hijaz dan Diyar Bakr.

Salahuddin terkenal di dunia Muslim dan Kristen karena kepemimpinan, kekuatan tentera, dan sifatnya yang satria dan pengampun pada saat ia berperang melawan tentara salib. Sultan Salahuddin Al Ayyubi juga adalah seorang ulama. Ia memberikan catatan dan berbagai macam penjelasan dalam kitab hadits Abu Dawud.

6 dari 6 halaman

6. Muhammad Al-Fatih Sang Penakluk Konstantinopel (1432-1481)

 jendral terhebat

Sultan Mehmed II atau juga dikenal sebagai Muhammad Al-Fatih juga dikenal sebagai el-Fatih, “ Sang Penakluk”. Kejaya­­annya dalam menaklukkan Konstantinopel menyebabkan banyak kawan dan lawan kagum dengan kepimpinannya serta taktik & strategi peperangannya yang dikatakan mendahului pada zamannya dan juga kaedah pemilihan tenteranya. Ia merupakan anak didik Syekh Syamsuddin yang masih merupakan keturunan Abu Bakar As-Siddiq.

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie