Insiden Balita Tak Sengaja Telan Pecahan Silet Berakhir Melegakan

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 1 Juli 2022 08:12
Insiden Balita Tak Sengaja Telan Pecahan Silet Berakhir Melegakan
Si anak dilarikan ke IGD dan harus menjalani rontgen untuk mengetahui kondisi organ pencernaannya.

Dream - Kecelakaan dan musibah pada anak bisa terjadi kapan saja, termasuk saat di rumah bersama ibunya. Sebuah insiden mengerikan terjadi pada pemilik akun Instagram @wahyuwulanpangestu, putri balita tak sengaja menelan pecahan silet.

Ia membagikan cerita soal insiden tersebut di akun Instagramnya dan mungkin bisa jadi pelajaran bagi banyak ibu. Awalnya, sang ibu sedang memasak di dapur sementara putrinya yang bernama Ara bermain sendiri.

Tiba-tiba putrinya yang belum lancar berbincar mengatakan " mah gigi, gigi" . Hal itu biasa dikatakan Ara jika ada benda asing di giginya atau ketika merasa sakit di gigi.

Pecahan silet© Instagram @wahyuwulanpangestu

" Kemudian aku dateng ke dia tanya kenapa ade? terus aku liat ada potongan silet di lantai, langsung aja gesit ke badan dia liat semua badannya ada yg kena silet atau ngga, Alhamdulillah bersih banget badannya, terus yang terakhir aku cek mulutnya Ara, suruh dia buka mulut," tulis sang ibu.

 

1 dari 5 halaman

Serpihan Silet Masuk Lambung

Mulut putrinya kemudian dilihat menggunakan senter, rupanya si kecil bermain silet hingga patah dalam potongan kecil. Setelah itu, pecahan silet dimasukkan ke mulut. Potongan silet di mulut dikeluarkan tapi tak semuanya ditemukan.

Akhirnya bocah tersebut dilarikan ke rumah sakit. Rontgen pun dilakukan untuk mengetahui di mana posisi pecahan silet, yang ternyata masuk ke lambung.

depresi-220816t.html" id="link-box-terkait-2" data-position="2">Mona dan Indra Brasco Ungkap Awal Ketahui Putrinya Mengalami Depresi

Rontgen© Instagram @wahyuwulanpangestu

" Hasil rontgen nunjukin ada satu serpihan silet yang sudah masuk ke lambung Ara dan mengharuskan buat opname. Kata dokter, kita pantau dulu keadaan Adek Ara semoga serpihan keluar saat dia BAB dan tidak memerlukan tindakan medis yang lebih berat," ungkapnya.

2 dari 5 halaman

Akhirnya Serpihan Keluar

Setelah menunggu selama beberapa hari, akhirnya bocah tersebut buang air besar. Untungnya, serpihan silet keluar lewat kotoran. Kondisi si anak pun cukup baik dan tak mengalami komplikasi berat.

Serpihan silet© @wahyuwulanpangestu.

" Maafin kalau Mamah masih banyak kurangnya ya Ara, tapi pasti mamah akan selalu berusaha yang terbaik buat ara, terimakasih juga sudah jadi anak kuat dan hebat, sekali lagi terimakasih karna ade sudah baik-baik saja," tulis @wahyuwulanpangestu.

Pengalaman sang ibu, mungkin bisa jadi pelajaran bagi para ibu atau yang mendampingi anak di rumah. Pastikan benda-benda tajam atau yang berbahaya bagi anak ditaruh di area yang tak bisa dijangkau.

Pasalnya, penuh dengan rasa ingin tahu yang besar tapi belum tahu bahaya yang dihadapinya. Jadi, selalu waspada ya Ayah Bunda.

3 dari 5 halaman

Video Balita Ditarik Tali di Bandara Tuai Pro Kontra

Dream - Membawa anak balita melakukan perjalanan panjang, seperti keluar kota atau ke luar negeri tentunya bukan hal mudah. Mereka akan mudah bosan, rewel, dan berlarian sesuka hati.

Risiko menghilang dari pandangan selalu ada, dan jika terjadi merupakan hal paling " horor" bagi orangtua. Berbagi cara pun dilakukan agar tak menghilang di tengah perjalanan, termasuk hal yang mungkin dianggap buruk oleh orang lain.

Salah satunya, tas backpack dengan tali atau gelang tali yang terkoneksi dengan orangtua. Jika si kecil berlarian, maka orangtua akan langsung menyadarinya. Seperti dalam video yang diunggah akun TikTok @cacadoodledoo83.

Bocah ditarik di bandara© TikTok @cacadoodledoo83.

Sang pemilik akun, Erica Shupe Hall, sedang berada di salah satu bandara menunggu penerbangan. Ia melihat seorang balita menggunakan backpack bertali yang terhubung dengan ibunya.

Balita tersebut tak mau berjalan dan berbaring di karpet bandara. Si ibu dengan santainya menarik tali di backpack bocah tersebut. Orang-orang di sekitar melihat dengan wajah tersenyum.

 

4 dari 5 halaman

Tuai Komentar Negatif dan Positif

Pasalnya, si anak dengan santainya berbaring tanpa ekspresi. Seakan menikmati ditarik oleh ibunya.

" Meninggalkan Cancun memang berat … Aku merasakannya!,"  tulis Erica dalam unggahannya.

Rupanya video yang diunggah Erica viral dan memicu pro kontra. Ada yang menganggapnya merupakan hal buruk untuk dilakukan pada balita.

" Ini serius???? Bagaimana bisa ada yang menarik anaknya dengan tali dan orang-orang sekitar tak melakukan apapun????,"  komentar salah satu akun di unggahan Erica.

" Masih banyak cara lain untuk meminta akan menurut, bukan menariknya begitu dengan tali, kok bisa???,"  tulis akun lainnya.

5 dari 5 halaman

Lihat Videonya

Sementara ada juga para ibu yang menganggap video tersebut adalah hal lucu. Traveling dengan balita artinya apa pun bisa terjadi.

Bocah ditarik di bandara© TikTok @cacadoodledoo83.

" Ini sepertinya aku lakukan setiap hari, menarik anakku dari tempat tidur untuk sekolah,"  komentar salah satu ibu.

" Bocah itu tampak sangat menikmatinya, lanjutkan, nikmati hidup dengan caramu, Nak!,"  ungkap akun lain.

Lihat videonya di sini.

Beri Komentar