Kimbab Family Ungkap Pengalaman Sekolah Anak, di Korea Tak Ada Ujian Naik Kelas

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 1 Desember 2022 18:11
Kimbab Family Ungkap Pengalaman Sekolah Anak, di Korea Tak Ada Ujian Naik Kelas
"Yunji dan Suji sudah SD, sistemnya juga zonasi, masuk ke SD negeri, jam 9 sudah ditutup gerbang sekolah".

Dream - Sistem pendidikan di tiap negara tentunya berbeda-beda. Jika di Indonesia setiap anak sekolah dasar (SD), terutama yang di sekolah negeri, diwajibkan mengenakan seragam, tak demikian di Korea Selatan.

Anak-anak SD negeri di Korsel setiap hari mengenakan baju bebas ke sekolah. Justru biasanya sekolah swasta yang menerapkan aturan dan seragam sekolah. Kimbab Family, membagikan pengalaman mereka menyekolahkan tiga anak di Korsel.

Mama Gina dan Appa Jay, pasangan Indonesia dan Korsel ini mengungkapkannya di Youtube channel mereka. Memiliki tiga anak, yaitu Suji (3 SD) Yunji (1 SD) dan Jio (TK), rupanya banyak warganet yang penasaran dengan perbedaan sistem sekolah di Korea dan Indonesia.

" Yunji dan Suji sudah SD, sistemnya juga zonasi, masuk ke SD negeri, jam 9 sudah ditutup gerbang sekolah. Pulangnya tergantung berapa mata pelajaran per hari, kurang lebih jam 1 atau jam 2an," kata Mama Gina.

 

1 dari 6 halaman

Ujian Tengah dan Akhir Semester Saja

Setelah sekolah, anak-anak di Korea biasanya punya aktivitas ekstra kurikuler (ekskul) yang sesuai dengan pilihan. Hal ini membuat jam pulang sekolah sangat tergantung mata pelajaran dan ekskul yang diambil.

Di Korea, sekolah akan ditentukan berdasarkan lokasi terdekat dengan tempat tinggal (zonasi). Tak ada tes masuk, sistem akan memilih berdasarkan lokasi rumah. Mama Gina dan Appa Jay juga bercerita kalau ketiga anaknya tak ada ujian kenaikan kelas.

Mudik ke Indonesia, Kimbab Family Bikin Foto Adat Sunda© MEN

Hanya ada ujian tengah dan akhir semester. Seluruh murid di sekolah tetap naik kelas, hanya saja akan mendapat review selama satu tahun bersekolah.

" Kalau ujian tengah semester atau akhir semester ada, tapi bukan naik kelas," kata Appa Jay.

 

2 dari 6 halaman

Sekolah Negeri Gratis

Mama Gina juga bercerita kalau sekolah di Korea untuk di negeri gratis, termasuk mendapat makan siang dan snack. Uang hanya dikeluarkan untuk ekskul dan bis jemputan saja.

" Kalau SD negeri gratis, kalau yang swasta tentu saja bayar, paling kalau yang bayar tambahan-tambahan ekskul, penggunaan bis skeolah, piknik, foto kelas," kata Mama Gina.

Sumber: Youtube Kimbab Family 

3 dari 6 halaman

Mudik ke Indonesia, Kimbab Family Bikin Foto Adat Sunda

Dream - Kimbab Family termasuk channel favorit keluarga di Youtube. Keluarga dua negara ini kerap membagikan keseharian mereka dengan 2,2 juta subscribers-nya. Mama Gina yang asli Bandung, Jawa Barat menikah dengan Appa Jay yang asli Korea Selatan.

Tinggal di Seoul, Korea Selatan, video yang mereka unggah di Youtube awalnya untuk berbagi kabar dengan keluarganya. Rupanya, banyak warganet yang menyukai karena memiliki konten yang seru dan positif.

Subscriber-nya pun terus bertambah hingga kini. Keluarga ini biasanya rutin mudik ke Indonesia setiap tahunnya. Pandemi dua tahun lalu membuat mereka tak bisa melakukannya.

Sampai akhirnya pada Agustus 2022 lalu, mereka bisa mudik ke Indonesia. Keluarga ini juga memanfaatkan momen mudik untuk foto bersama dengan nuansa adat Sunda.

Kimbab Family© Axioo Family

Foto: Axioo Family

Appa Jay yang asli Korea tampak begitu gagah dengan baju adat, begitu pun Mama Gina yang terlihat anggun mengenakan Siger. Mereka kompak mengenakan pakaian hitam.

 

 

 

 

 

4 dari 6 halaman

Trio Kimbab Family

Kimbab Family© Axioo Family

Foto: Axioo Family

Tentunya foto di sesi foto bertema " Korea Sunda" ini, ada trio Kimbab yang pintar dan menggemaskan. Anak-anak dari Mama Gina dan Appa Jay, yaitu Suji, Yun Ji dan Jio.

Kimbab Family© Axioo Family

Foto: Axioo Family

Yunji dan Suji mengenakan kebaya hitam dan tentu saja kain batik. Keduanya begitu cantik seperti sang ibu. 

Kimbab Family© Axioo Family

Tampak sangat seru ya sesi foto mereka. Walau tinggal di Korea Selatan, tetap ingin mengingat budaya Sunda, yang merupakan darah Mama Gina.

5 dari 6 halaman

Keseruan Kimbab Family Berburu Makanan Indonesia di Seoul

Dream - Kimbab Family yang tinggal Korea Selatan, yaitu mama Gina dan appa Jay, jadi salah satu family vlogger yang digemari di YouTube. Gina, yang asli Bandung, Jawa Barat menikah dengan Jay yang asli Korsel.

Mereka telah memiliki tiga anak menggemaskan dan kini tinggal di Seoul. Pandemi, membuat Gina tak bisa pulang ke Indonesia untuk bertemu keluarga dan melepas rindu. Untuk mengobati kangennya dengan Indonesia, ia dan keluarga mendatangi 3 restoran di Korea Selatan yang menyajikan masakan Indonesia.

Keseruan Kimbab Family Berburu Makanan Indonesia di Seoul© MEN

Mama Gina kegirangan karena menemukan masakan Indonesia di Korsel yang ternyata bercita rasa otentik. Cukup banyak masakan yang dibelia. Antara lain nasi goreng ayam udang, nasi goreng nanas, ayam kecap, ayam cabe ijo, sambal udang hingga ayam bakar sambal matah.

6 dari 6 halaman

Tak disangka, restoran tersebut dimiliki oleh orang Korsel asli, tapi mampu menghadirkan menu Indonesia yang otentik. " Dari ketiga restoran yang kita datangi ternyata ownernya memang orang Korea asli, hmm enak banget," kata Gina.

Cumi asin© Kimbab Family

Salah satu menu yang bikin mama Gina girang adalah cumi kering yang diasinkan. Selama ini, ia tak bisa menemukannya di Korea. Sangat nikmat disajikan dengan lalapan dan sambal terasi.

Seperti apa keseruannya? Lihat videonya di sini.

 

Beri Komentar