Peran Orangtua Pantau Nutrisi dan Stimulasi Anak Lahir Prematur Agar Tumbuh Kembangnya Optimal

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Rabu, 16 November 2022 07:13
Peran Orangtua Pantau Nutrisi dan Stimulasi Anak Lahir Prematur Agar Tumbuh Kembangnya Optimal
Bayi yang lahir prematur tentunya dirawat lebih intensif dengan perawatan yang lebih kompleks

Dream - Kelahiran yang dikatakan prematur bila usia janin lahir sebelum berusia 37 minggu. Angka bayi yang lahir prematur di dunia menjadi perhatian karena cukup tinggi.

Berdasarkan data World Health Organization (WHO) menyebutkan 1 dari 10 anak lahir prematur. Setiap tahunnya di seluruh dunia diperkirakan ada sebanyak 15 juta anak di seluruh dunia yang lahir prematur.

Bayi yang lahir prematur tentunya dirawat lebih intensif dengan perawatan yang lebih kompleks. Hal ini dikarenakan, organ bayi yang lahir prematur belum matang secara keseluruhan dan bobotnya pun tergolong lebih kecil.

Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Pertumbuhan dan perkembangan anak-anak prematur harus dipantau karena mereka masuk dalam kategori high risk atau risiko tinggi yang lebih kompleks dibandingkan anak-anak yang lahir cukup bulan di awal kelahirannya,” jelas Prof. Dr. dr. Rinawati Rohsiswatmo, SpA(K), Dokter Spesialis Anak Konsultan Neonatologi, pada acara virtual Danone ‘Peran Orangtua untuk Dukung Anak Prematur Tumbuh Sehat dan Berprestasi’, Selasa 15 November 2022.

1 dari 6 halaman

Kemungkinan Masalah Kesehatan Fisik pada Anak Prematur

Rinawati menjelaskan ada empat hal yang perlu diperhatikan dalam tumbuh kembang anak yaitu physical health, learning and cognition, mental health, dan quality of life.

Masalah kesehatan fisik atau physical health dapat timbul pada anak lahir prematur sangat bermacam-macam, mulai dari gangguan pernapasan dan ketergantungan oksigen karena masalah pada paru hingga gangguan penglihatan dan gangguan pendengaran yang harus dideteksi sedini mungkin.

Mereka juga berisiko untuk mengalami gangguan pertumbuhan stunting yang membuat pertumbuhan otaknya menjadi tidak optimal.

“ Inilah mengapa pertumbuhan anak perlu dimonitor dengan pengisian grafik pertumbuhan serta pemantauan aspek perkembangan. Perhatikan kesinambungannya. Jangan pernah banding-bandingkan dengan anak lain, karena ini unik dan hanya milik si anak itu sendiri,” tambah Rinawati.

2 dari 6 halaman

Pantau Kemampuan Kognitif dan Bahasa Anak Lahir Prematur

Kemampuan kognitif dan bahasa anak lahir prematur harus distimulasi agar mampu mencerna informasi serta berkomunikasi dengan orang di sekitarnya.

Ini nantinya akan memengaruhi keterampilan pra sekolah dan akademisnya.

Tangkapan Layar© Tangkapan Layar

“ Orangtua tidak boleh acuh, pemantauan anak yang lahir dalam kondisi high risk harus terus dilanjutkan, tidak hanya berhenti sampai perawatan selesai atau sampai usia 2 tahun saja. Pemantauan anak-anak, termasuk anak risiko tinggi seperti anak yang lahir prematur harus dilakukan bahkan sampai dia memasuki usia dewasa agar berkembang menjadi SDM yang unggul,” tambah Rinawati.

3 dari 6 halaman

Pantau Kesehatan Metabolik Anak

Ketika memasuki usia sekolah, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kesehatan metabolik anak.

Karena sering kali menjelang usia remaja, muncul gejala pubertas terlalu dini karena gangguan hormon. Inilah salah satu alasan mengapa pemantauan anak-anak prematur harus dilakukan sesering mungkin dengan melibatkan berbagai macam dokter spesialis.

“ Idealnya anak dengan risiko tinggi harus ditangani oleh tim khusus yang terdiri atas tenaga kesehatan dari berbagai ilmu multidisplin,” tambah Rinawati.
 

4 dari 6 halaman

Terus Pantau Nutrisi Anak

Dengan melakukan pemantauan secara rutin maka intervensi nutrisi juga dapat dilakukan optimal. Meski anak prematur lahir dengan berat badan yang tidak sama dengan anak lahir cukup bulan, bukan berarti targetnya kemudian adalah menjadikan anak itu gemuk.

“ Bagaimana menjadikan anak lahir prematur yang berat awalnya 500 gram menjadi ideal? Itu tugas dokter. Menaikkan berat badan anak prematur tidak perlu cepat-cepat karena tidak ada yang instan. Semua harus diupayakan dengan sungguh-sungguh,” tambah Rinawati.

Artinya orangtua harus berkonsultasi dengan dokter anak untuk mengetahui intervensi nutrisi yang tepat untuk anak lahir prematur. Terkait berat badan, yang terbaik adalah protein hewani seperti daging, telur atau ikan.

5 dari 6 halaman

Perhatikan Kesehatan Mental dan Pengembangan Potensi Anak Lahir Prematur

Anak yang lahir prematur dengan beberapa hambatan membuat orangtua harus berpikir kreatif agar keinginan anak untuk eksplorasi tetap terpacu.

Tangkapan Layar© Tangkapan Layar

“ Sehingga kesempatan pengembangan potensi anak tetap optimal. Misalnya terapi sensori integrasi untuk mengembangkan kemampuan belajar, konsentrasi dan emosinya,” jelas Irma Gustiana Andriani, S.Psi., M.Psi, Psikolog Anak dan Keluarga.

6 dari 6 halaman

Edukasi Pada Orangtua Sangatlah Penting

Mengerti betapa pentingnya peran orangtua dalam intervensi nutrisi sejak dini pada anak lahir prematur untuk mengejar ketertinggalannya Danone Specialized Nutrition Indonesia menyelenggarakan edukasi dengan topik Peran Orang Tua untuk Dukung Anak Prematur Tumbuh Sehat dan Berprestasi Acara ini sekaligus dalam rangka World Prematurity Day (WPD) atau Hari Prematur Sedunia yang diperingati setiap tanggal 17 November.

Tangkapan Layar© Tangkapan Layar

“ Hak anak Indonesia untuk tumbuh berprestasi dan menjadi generasi maju, tidak terkecuali anak lahir prematur. Dan orangtua memiliki peran penting untuk mengontrol asupan nutrisi anak lahir prematur sejak dini sehingga kebiasaan makan bergizi seimbang akan membuat anak lahir prematur tumbuh optimal,” jelas Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia.

Adapun edukasi Bicara Gizi ini adalah bentuk dukungan aktif Danone Indonesia dalam membentuk generasi Indonesia yang berkualitas dan tumbuh menjadi generasi maju.

Beri Komentar