Viral Cerita Ibu Curiga Jalan Putranya Aneh, Ternyata Flat Foot

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 4 Agustus 2022 17:12
Viral Cerita Ibu Curiga Jalan Putranya Aneh, Ternyata Flat Foot
Awalnya ia melihat cara berjalan sang putra sangat aneh. Ia lalu memeriksakan kaki putranya ke dokter.

Dream - Ibu selalu punya perasaan yang kuat pada kondisi anak-anaknya. Saat muncul kecurigaan pada kesehatan anak, jangan ragu untuk memeriksakan ke dokter sesegera mungkin.

Pengalaman Wiwit Fitriyana yang dibagikan di akun Instagramnya @wiwit.fitriyana, mungkin bisa menambah pengetahuan para ayah bunda. Putranya yang masih balita mengalami flat foot dan membutuhkan terapi khusus. Kecurigaan bermula ketika melihat cara jalan putranya yang tak biasa.

" Berawal dari keresahan bapak ibuknya Byan yang ngerasa jalannya Byan agak aneh, akhirnya memutuskan untuk cek ke RS Orthopedi. Dan benar saja, hasil rontgennya menunjukkan ada kemiringan di tulang lutut bagian dalamnya," tulis Wiwit di akun Instagramnya.

Rontgen© Instagram @wiwit.fitriyana

Dari hasil pemeriksaan tersebut, kembali dilakukan pemeriksaan lanjutan di klinik tumbuh kembang anak. Dokter menganalisis dari telapak kaki sampai panggul.

" Telapak kakinya dibilang telapak kaki bayi, karena masih mulus, tidak ada guratan, dan flat (datar), normalnya ada cekungannya di sisi dalam. Dan struktur kaki ini tidak kusadari. Yaa dikira mah kalo udah bisa merangkak dan berjalan tepat waktu ya sudah gitu," ungkap Wiwit.

 

1 dari 2 halaman

Butuh Penguatan Otot dan Flat Foot

Dibutuhkan terapi khusus untuk putranya tersebut. Salah satunya adalah dengan stimulasi penguatan otot. Caranya dengan membiarkan sang anak untuk sering-sering bertelanjang kaki.

Flat Foot© Instagram @wiwit.fitriyana

" Harusnya anak seusia Byan banyak melakukan aktivitas outdoor, lebih baik tanpa alas kaki. Biarkan kakinya mengenal banyak tekstur. Salahnya, dulu aku terlalu protektif, ke mana-mana harus pakai sandal. Byan jatuh, responsnya panik. Ditambah dulu sering duduk posisi W," ungkap sang ibu.

 

2 dari 2 halaman

Terapi Rutin

Terapi masih terus dilakukan. Salah satu gejala flat foot pada anak yang harus diwaspadai adalah anak seringkali jatuh saat lari, kerap kehilangan keseimbangan, mudah lelah saat berjalan.

Flat foot© Instagram @wiwit.fitriyana

Unggahan Wiwit ini viral di Instagram. Banyak para ibu yang baru tahu kondisi kaki anak flat foot dan juga berbagi pengalaman.

" Semangatt Bun Krn anakku juga disuruh lepas sendal atau berjalan dibatu batu Krn kakinya flat," tulis salah satu akun.

" Dulu anak ku suka di kucilin Krn gak suka pake sendal kalo lg main, sampe kang bakso aja Negor wkwk tp trnyta ada guna nya ya nyeker gitu..," komentar lainnya.

 

Beri Komentar