Corona Covid-19 Kian Meluas, Simak 8 Tips Ahli Gizi untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Reporter : Reni Novita Sari
Kamis, 26 Maret 2020 16:46
Corona Covid-19 Kian Meluas, Simak 8 Tips Ahli Gizi untuk Tingkatkan Imun Tubuh
Bagaimana lagi kita bisa mempertahankan diri terhadap virus corona COVID-19?

Dream-Semakin bertambahnya pasien positif virus corona di Indonesia membuat masyarakat khawatir turut terjangkit. Wajar saja, virus corona ukurannya sangat kecil, sehingga tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang.

Jikalau virus tersebut dapat dilihat dengan kasat mata, mungkin kita akan lebih mudah menghindarinya. Di samping itu, kita tidak mengetahui sejauh mana virus ini menjangkit orang-orang di sekeliling kita.

Sehingga, kegiatan meningkatkan kebersihan dan mencuci tangan secara teratur sangat disarankan untuk menghindari penyebaran virus corona. Bagaimana lagi kita bisa mempertahankan diri terhadap virus?

Kita juga harus menjaga tubuh dengan sehat. Hal terpenting untuk menjaga tubuh tetap sehat adalah mempunyai sistem imun atau kekebalan tubuh yang baik. Sistem kekebalan tubuh kita dirancang untuk melawan penyakit dan virus.

Namun sayangnya, sistem kekebalan tubuh dapat dihancurkan oleh banyak hal yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti stres, kurang berolahraga, dan makan yang tidak sehat. Ini mencegah tubuh kita melawan penyakit dan virus secara efektif.

Pada kondisi seperti sekarang ini, menjaga tubuh kita tetap dalam kondisi terbaik untuk melawan penyakit tampaknya sangat penting. Meskipun belum ada cara yang dijamin bisa mencegah diri kita dari virus corona Covid-19, setidaknya hal ini dapat mengurangi risiko penularan virus corona dibandingkan mereka dengan kondisi imun yang buruk.

Ada beberapa langkah untuk memastikan sistem kekebalan tubuh kita dalam kondisi terbaik. Dilansir oleh laman Metro.co.uk, seorang ahli gizi, Hannah Richardsdan, yang juga penulis buku “ The Best Possible You: Panduan Nutrisiuntuk Menyembuhkan Tubuh Anda dan Kiat-kiat Meningkatkan Kesehatan Anda”, memaparkan tip menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap  sehat.

Berikut 8 tip meningkatkan imun tubuh menurut ahli gizi Inggris, Hannah Richards:

1 dari 8 halaman

1. Makan Makanan Sehat

Makan makanan sehat© Ilustrasi foto : pixabay.com

Sistem kekebalan tubuh tergantung apa yang kita masukkan dalam tubuh, sehingga ada hubungan yang kuat antara makanan dan kekebalan. Pola makan yang sehat membuat kesehatan kita lebih kuat dan mengurangi tubuh kita dari rentan terhadap infeksi, virus, dan bakteri.

Hannah menuturkan, “ Makan-makanan segar dan sehat yang telah kalian masak sendiri di rumah. Memasukkan banyak buah dan sayuran segar, daripada mengandalkan makanan beku, takeaway, atau makanan siap saji.”

Kurangi mengonsumsi gula dan daging olahan, makanan tersebut cenderung membuat sistem pencernaan bekerja terlalu keras, sehingga membuat masalah lain di tubuh kita tidak tertangani. Itu sebabnya bisa sangat membantu jika menghilangkan jenis makanan yangini jika kita menginginkan sistem kekebalan tubuh yang baik.

2 dari 8 halaman

2. Kualitas Tidur yang Baik

Kualitas tidur yang baik© Ilustrasi foto : hellosehat.com

Selain tidur yang cukup, tubuh kita juga memerlukan kualitas tidur yang baik. Tidur akan memulihkan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh kita. Ingatlah bahwa tubuh memperbaiki dirinya sendiri ketika kita tidur, jadi kita perlu memastikan bahwa kita tidur setidaknya delapan jam setiap malam.

Kurang tidur bahkan mengurangi kemampuan tubuh Anda untuk merespon masalah yang masuk dalam tubuh kita. Karena tidur penting untuk membangun kembali sistem kekebalan tubuh yang berjuang, kita perlu membiarkan diri kita tidur sebanyak yang kita butuhkan.

3 dari 8 halaman

3. Konsumsi Vitamin Tambahan

Pastikan makanan kita kaya vitamin C atau gunakan suplemen tambahan yang di beli di apotek.

" Penelitian telah mengungkapkan bahwa hewan yang mampu membuat vitamin C sendiri lebih tahan terhadap infeksi virus," ungkap Hannah.

Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat secara alami membuat vitamin C, jadi kita perlu memastikan bahwa kita mengonsumsinya melalui makanan atau melalui suplemen. Sehingga untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, kita bisa makan-makanan seperti buah jeruk, bawang putih, brokoli, dan bayam.

Namun, jika merasa mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah, ada baiknya juga untuk melengkapi dengan vitamin dan mineral utama seperti Vitamin B, Vitamin D, dan Seng. Vitamin C, B dan D, serta seng, semuanya mendukung sistem kekebalan tubuh kita.

4 dari 8 halaman

4. Hindari Alkohol dan Merokok

Alkohol dan rokok sama sekali tidak menyumbang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jadi mungkin harus menghindarinya saat sedang kondisi seperti sekarang ini. Merokok dan Minum alkohol justru dapat membuat sistem pencernaan terganggu, sehingga menghambat kinerja tubuh dalam menangkal virus yang akan menyerang.

5 dari 8 halaman

5. Melakukan Olahraga Ringan

wanita muslim melakukan olahraga ringan© Ilustrasi foto : dream.co.id

Olahraga menjadi salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tetapi kita harus berhati-hati karena terlalu banyakaktivitas membuat tubuh kelelahan. Sedangkan saat kita sedang kelelahan, kondisi tersebut menurunkan pertahanan sistem kekebalan tubuh.

6 dari 8 halaman

6. Mengurangi Stres

menjaga stres© Ilustrasi foto : pixabay.com

Suatu hal yang wajar jika saat ini kita sedang dilanda kepanikan. Pastikan kalian menjaga kesehatan mental di tengah kepanikan ini. Mengurangi stres lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, kita tahu, tetapi stres menghambat fungsi kekebalan tubuh.

Ketika kita stres, tubuh kita menghasilkan hormon stres yang membebani sistem kekebalan tubuh. Itu juga membuat kita lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. Jadi salah satu cara terpenting untuk meningkatkan kekebalan adalah dengan mengurangi stres. Untuk mengurangi stres, kuncinya adalah memastikan kita memiliki keseimbangan hidup yang sehat dan istirahat ketika dibutuhkan.

7 dari 8 halaman

7. Perbanyak Air Putih

Tubuh kita memerlukan banyak cairan dalam tubuh. Tapi cairan tersebut akan terus berkurang seiring aktivitas yang kita lakukan. Namun kita dapat menggantinya dengan mengonsumsi air putih setiap hari. Tubuh membutuhkan minimal 8 gelas air putih setiap hari. Selain itu, air putih yang kita konsumsi dipercaya dalam melunturkan racun di dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh kita tetap terjaga.

8 dari 8 halaman

8. Puasa

Pada tahun 2014, Dr. Valter Longo dari University of Southern California mengungkapkan bahwa puasa selama tiga hari pada dasarnya dapat mengatur ulang sistem kekebalan tubuh. Menunda makan setidaknya 16-18 jam setelah makan terakhir memungkinkan perhatian tubuh untuk menjadi fokus pada sel-sel kekebalan saat ini, mendaur ulang dan menyingkirkan sel-sel yang rusak.

Meskipun kita berada dalam masa yang tidak pasti, kita tidak perlu menerka-nerka apakah kita cukup sehat untuk terhindar dari virus corona COVID-19 ini. Dengan menerapkan beberapa tips untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di atas, itu pasti akan memberikan perlindungan lebih daripada kondisi kalian sedang sakit.

Beri Komentar