Mereka yang Tegur Raffi Ahmad Keluyuran Usai Divaksin, Dari Seleb Sampai Istana

Reporter : Reni Novita Sari
Kamis, 14 Januari 2021 19:23
Mereka yang Tegur Raffi Ahmad Keluyuran Usai Divaksin, Dari Seleb Sampai Istana
Beberapa seleb dan pihak pemerintah ini tegur Raffi Ahmad yang keluyuran setelah terima vaksin covid-19

Dream - Raffi Ahmad melayangkan permohonan maaf setelah fotonya tanpa mengenakan masker usai menjalani vaksinasi viral dari media sosial. Sebagai salah satu perwakilan milenial yang menerima vaksin Covid-19 pertama, Raffi dinilai ceroboh karena tak menjalankan protokol kesehatan dengan benar.

Foto tersebut diketahui muncul dari tangkapan layar di IG Stories selebritis Instagram, Anya Geraldine, yang dibagikan warganet, Raffi Ahmad diketahui tidak memakai masker saat berfoto bersama istrinya, Nagita Slavina, dan sahabat-sahabatnya seperti Gading Marteen, Sean, serta Anya sendiri.

Warganet ramai-ramai merespons foto Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang tak mengenakan masker. Banyak yang menyayangkan tindakan Raffi karena aktor asal Bandung itu dianggap beruntung bisa menjadi penerima pertama vaksin COVID-19. Terlebih Raffi diharapkan bisa membantu upaya pemerintah tetap menjalankan protokol kesehatan.

Tidak hanya warganet, para selebriti juga bersuara lantang melihat 'kelakuan' rekannya tersebut. Sherina Munaf meminta presenter dan bos RANS Entertainment itu untuk konsisten memberi contoh penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat. Sederet seleb dan pihak pemerintah juga angkat bicara mengenai foto tersebut. Penasaran siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini!

1 dari 6 halaman

1. Sherina Munaf

Ilustrasi© Foto : Twitter/@sherinasinna

Sebuah foto kerumunan Raffi tiba-tiba viral di media sosial saat malam hari. Foto itu tampak diunggah oleh anya geraldine di story Instagram-nya yang berhasil ditangkap warganet.

Dalam tangkapan layar story Anya yang viral itu, Raffi tampak berswafoto dengan rekan sesama seleb tanpa menggunakan masker dan kurang menjaga jarak. Sherina Munaf pun bersuara lewat akun media sosialnya. Baik di Twitter maupun Instagram. Dia mengkritik Raffi yang malah keluyuran usai divaksin. 

" Halo Raffi Ahmad, setelah divaksin bukan berarti keluyuran rame2 dong. Anda dipilih jatah awal2 vaksin karena followers banyak. Dengan alasan yang sama, tolong berikutnya konsisten beri contoh yang baik. Please you can do better than this. Your followers are counting on you," tulis Sherina, Kamis 14 Januari 2021.

2 dari 6 halaman

2. Ernest Prakasa

Ilustrasi© Foto : Twitter/@ernestprakasa

Sementara itu Komika Ernest Prakasa awalnya yang memuji Raffi Ahmad, justru berbalik arah setelah foto kerumunan Raffi tersebut viral. Menurutnya tindakan Raffi itu sebagai sikap yang tidak menghargai keistimewaan yang diperolehnya untuk mendapat vaksin pertama.

Padahal sebelumnya Ernest sempat berkicau terkait dukungannya terhadap keputusan pemerintah memilih Raffi Ahmad di antara selebritas Tanah Air lainnya untuk mendapat vaksin perdana.

" Yup, saya berhasil terlihat tolol. But it's really not about me. Tindakan Raffi menurut saya keterlaluan dan tidak menghargai keistimewaan yang ia dapatkan," tulis Ernest di akun Twitternya @ernestprakasa.

3 dari 6 halaman

3. Ridwan Kamil

Ilustrasi© Foto : Youtube/Najwashihab

Setelah disuntik vaksin, Raffi juga menghadiri acara yang sama dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Seperti diketahui, Ridwan Kamil terlebih dahulu disuntik vaksin sebagai relawan. 

Menanggapi Raffi yang ikut disuntik vaksin Sinovac, Ridwan Kamil mengingatkan agar tak merasa gembira berlebihan. Sebab Raffi harus disuntik sebanyak dua kali terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

" Jadi Raffi Ahmad, jangan euforia dulu. Pertama, karena baru disuntik sekali. Harus disuntik 14 hari kemudian yang kedua. Nah kemudian setelah suntikan kedua baru 3 bulan si antibodi itu muncul secara maksimal," kata Ridwan Kamil memperingatkan.

4 dari 6 halaman

4. Alexander Thian

Ilustrasi© Foto : Twitter/@aMrazing

Salah satu kritik juga diberikan oleh selebgram Alexander Thian atau Amrazing lewat kicauan di akun Twitter miliknya. Apabila hal itu terjadi, menurut Alexander Thian, orang-orang akan semakin segan untuk divaksin. Selain itu, lanjut dia, kemungkinan bakal muncul lagi berbagai teori konspirasi.  

Dalam kicauannya tersebut, Alexander Thian juga memberikan imbauan terkait Raffi Ahmad yang berkumpul dengan banyak orang usai divaksin.

" Kebayang gak dampaknya kalau si raffi ahmad (amit-amit) kena korona setelah divaksin kayak gimana? Makin ogah lah orang vaksin dan keluar lah berbagai teori konspirasi lagi. Vaksin bukan free card bisa sembarangan keluyuran apalagi baru shot pertama," tulis @aMrazing.

5 dari 6 halaman

5. Jubir Satgas Covid-19

Satgas covid-19 juga angkat bicara terkait Raffi Ahmad yang tidak menerapkan protokol kesehatan ketat, sehari setelah mendapatkan vaksinasi virus Corona.

Juru Bicara Satgas Penanganan covid-19, Wiku Adisasmito menegaskan pihaknya selalu mengedukasi warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan hingga pandemi Covid-19 berakhir, meski telah divaksin.

" Pada prinsipnya siapapun yang sudah menerima vaksinasi tidak boleh meninggalkan protokol kesehatan sampai pandemi nanti dinyatakan berakhir," kata Wiku dilansir dari Liputan6.com.

6 dari 6 halaman

6. Pihak Istana

Pihak Istana sendiri mengaku telah menegur Raffi Ahmad yang kedapatan melanggar protokol kesehatan beberapa jam setelah disuntik vaksin Covid-19.  Menanggapi hal itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengaku akan menasihati Raffi.

" Sudah dinasehati, diingatkan kembali oleh tim komunikasi Covid-19 agar mentaati protokol kesehatan," kata Heru dilansir dari Liputan6.com.

(Sah, Sumber : Berbagai sumber)

Beri Komentar