Marshanda Harus Minum Obat Seumur Hidup

Reporter : Kusmiyati
Senin, 11 Agustus 2014 16:46
Marshanda Harus Minum Obat Seumur Hidup
Perilakunya yang cepat berubah dari Marshanda diduaga akibat penyakit bipolar disorder. Menurut ahli kejiwaan bial positif bipolar, Caca harus mengonsumsi obat seumur hidup.

Dream - Perilaku mantan aktris cilik, Marshanda belakangan ini berhasil mencuri perhatian publik. Dalam tayangan program 'Just Alvin', wanita yang akrab disapa Caca ini mengaku divonis penyakit Bipolar Disorder II atau gangguan psikologis ekstrim. Caca pun harus minum obat seumur hidup.

" Perilaku dia (Caca) mirip dengan pasien Bipolar Disorder, kondisi bahagia dan sedih yang berlebihan atau ekstrim. Kondisi seperti itu harus segera ditangani," ujar Dokter Spesialis kejiwaan, Tribowo, saat berbincang dengan Dream.co.id, Senin 11 Agustus 2014.

Menurut Tribowo, pasien bipolar disorder selain dibantu terapi kejiwaan dengan psikiater atau dokter jiwa. Pasien ini harus mengonsumsi obat seumur hidup.

" Kalau positif menderita bipolar disorder ya harus minum obat seumur hidupnya. Obatnya itu sejenis moodboster, untuk membantu mengatur suasana hatinya. Kalau sedang merasa marah atau sedih berlebihan itu bisa dikontrol," kata Tribowo.

Tribowo pun menambahkan bila tidak mengonsumsi obat maka ada kemungkinan penyakit tersebut bisa semakin parah.

" Bisa saja sebenarnya tidak pakai obat, lingkungan sekitar yang nyaman bisa membantu. Tetapi biasanya pasien yang tidak mengonsumsi obat, saat kondisinya kambuh maka akan lebih parah," ujar Tribowo.

Setelah lima tahun divonis penyakit itu, kini Marshanda mencari second opinion. Marshanda juga meragukan vonis penyakit yang sudah melekat sejak 2009 itu. Alasannya, kesimpulan penyakit itu dikeluarkan tanpa menjalani tes. (Ism)

 

Beri Komentar