Nasyid Bukan Musik `Kolakan`

Reporter : Kusmiyati
Senin, 9 Maret 2015 09:02
Nasyid Bukan Musik `Kolakan`
Menurut CEO ARIN, Dhea Qitrunnada, nasyid seharusnya bukan menjadi musik `kolakan` atau musiman di acara-acara Islami, bulan Ramadan dan segmentif.

Dream - Bila dibandingkan lagu-lagu beraliran pop, seni musik islam yang satu ini sepertinya kurang mendapatkan perhatian masyarakat Indonesia. Hal ini sangat disayangkan Chief Executive Officer (CEO) Aliansi Radio Islam Indonesia (ARIN), Dhea Qotrunnada.

" Nasyid seharusnya bukan menjadi musik ‘kolakan’ atau musiman di acara-acara Islami, bulan Ramadan dan segmentif. Walaupun begitu Alhamdulillah nasyid terbukti tetap eksis di jalurnya seolah tidak gentar menghadapi gempuran popularitas genre musik lain," tutur Dhea kepada Dream.co.id saat ditemui di Islamic Book Fair 2015. 

Dhea menambahkan, walaupun tidak sebanyak dahulu, beberapa musisi nasyid masih menjaga eksistensinya sebut saja Hadad Alwi dan Opick. " Saya juga bersyukur genre musik nasyid sepertinya mulai diperhitungkan. Karena banyak juga grup beraliran pop yang menyanyikan lagu bertema islami. Bahkan tidak sedikit juga bermunculan penyanyi solo maupun grup nasyid asal luar negeri," tutur Dhea.

Radio Islam di tanah air menurut Dhea menjadi salah satu pendukung kuat berkembangnya nasyid ataupun musik positif di Indonesia. " Kami yakin nasyid akan tetap eksis selagi ada pihak-pihak yang concern terhadap perkembangan nasyid seperti lembaga penyiaran, penyedia konten (munsyid), produser musik, label major dan indie, pengamat musik, distributor dan tentu penikmat nasyid," kata Dhea.

Sebagai bentuk apresiasi atas karya dan dedikasi para pelaku seni musik islami ARIN bersama Islamic Book Fair kembali menggelar ajang nasyid bergengsi 'Indonesian Nasheed Awards 2015' (INA).

" Acara ini berlangsung agar nasyid terus menjadi mata rantai yang senantiasa bergulir menjaga syiar Islam, melalui seni Islami yang perlahan menjadi budaya khazanah Islam,” tutur Dhea.

Pemenang INA sendiri dipilih berdasarkan hasil pooling di website resmi iniina.net. " Sudah ditetapkan pemenangnya sesui kategorinya, bisa dilihat di website resmi kami untuk perolahan suaranya," kata Dhea.

Berikut ini penerima penghargaan Indonesian Nasheed Award 2015:

1. Kategori Akapella Lagu Favorit : Facebook Lagi (Justice Voice)
2. Kategori Akapella Grup Favorit : Justice Voice (Yogjakarta)
3. Kategori Haroki Lagu Favorit : Bangkitlah Negeriku (Shoutul Harokah)
4. Kategori Haroki Grup Favorit : Shoutul Harokah (Bandung)
5. Kategori Musik Lagu Favorit : Engkau Yang Kurindu (GSV)
6. Kategori Musik Duo/Grup Favorit : GSV (Lampung)
7. Kategori Musik Solois Favorit : Gama Fathul (Bandung)
8. Kategori Islamic Romantic Lagu Favorit : Diujung Penantian (Suby-Ina)
9. Kategori Islamic Romantic Solo/Duo/Grup Favorit : Suby-Ina (Bandung)
10. Kategori Khusus Mancanegara Lagu Favorit : InshaAllah (Maher Zain)
11. Kategori Khusus (New Comer) : Raef

 

(Ism)

Beri Komentar