Haikal Bersyukur Ada Lagu 'Baju Lebaran'

Reporter : Maulana Kautsar
Sabtu, 11 Mei 2019 19:22
Haikal Bersyukur Ada Lagu 'Baju Lebaran'
Ia membagikan rahasia sukses berbisnis di acara komunitas Dream Camp.

Dream - Selebritis dan Chief Marketing Officer PT Kals Corpora, merasa spesial pada bulan Ramadan 2019 ini. Meski kerap terlihat lembur, Haikal senang.

Alasannya, permintaan baju lebaran di tahun ini semakin banyak." Usaha di bidang fesyen muslim paling padat di bulan ini, makanya saya bersyukur ada lagu Baju Baru Alhamdulillah," ucap Haikal, saat di Dream Camp, Jakarta Pusat, Sabtu 11 Mei 2019.

Haikal mencontohkan, selama Ramadan penjualan produk Zaskia Mecca miliknya meningkat pesat. Terutama, penjualan melalui toko offline.

" Menurutku offline belum tergantikan ZM memang," ucap dia.

Selama Ramadan, kata dia, penjualan melalui toko offline mengubah jumlah toko. Bekerja sama dengan department store terkemuka, toko miliknya bertambah hingga 100 toko, dari sebelumnya 60 hingga 80-an toko.

" Memang habit orang Indonesia ke toko, ke pasar, tak tergantikan, ngajak jalan bereng keluarga dan beli baju bareng-bareng," ucap dia.

Penjualan di toko online pun juga punya kenaikan. Tapi, kata dia, memang tak sebesat toko offline.

Ramadan, kata Haikal, memang menjadi 'musim panen' produknya. Sebanyak 50 persen produknya terjual di bulan suci ini.

1 dari 3 halaman

Kaos Konser, Jadi Bekal Haikal Kamil Pede Jalani Bisnis

Dream - Dikenal sebagai selebritis, Haikal Kamil membuktikan diri sebagai pengusaha yang brilian. Dia kini berposisi sebagai Chief Marketing Officer PT Kals Corpora.

Unit usaha yang mewadahi merek hijab ternama, Mechanism, ZM, dan Bia. Tapi, langkah itu tidak mudah.

" Pertama kali saya jualan kaos di Java Jazz, itu tugas mengumpulkan uang untuk prom night kakak kelas," ujar Haikal, saat membagikan pengalamannya, di acara Dream Camp, di Jakarta Selatan, Sabtu, 11 Mei 2019.

Keputusan membangun bisnis dengan keluarga ini, kata dia tak mudah. Keputusan itu dia buat ketika ekonomi keluarganya menurun.

  Peserta Dream Camp

Satu buah mobil, terpaksa dijual oleh sang ibu untuk membiayai kuliahnya.

Setelah memahami kondisi keuangan keluarganya, Haikal merelakan rasa malu dan ejekan orang.

" Kalahkan rasa malu," ucap dia.

Dia tetap membuat bisnis jualan kaos konser. Dia membidik sejumlah konser artis luar negeri, semisal Maroon 5, Justin Bieber, dan Bruno Mars.

" Ingat kenapa kita harus berjualan, tujuan jelas, kalau nggak jualan saya nggak kuliah. Itu bagian dari proses," kata dia.

Kepada pengunjung Dream Camp, Haikal mengajak untuk pebisnis pemula terus berbisnis secara konsisten.

2 dari 3 halaman

Dream Camp: 'Hijrah Tersulit yaitu Menghindari Iri'

Dream - Ramadan kerap menjadi titik tolak seorang Muslim dan Muslimah untuk menjadi lebih baik. Tren gerakan menjadi lebih baik itu kerap digambarkan dengan istilah hijrah.

Tapi, banyak yang menafsirkan hijrah dengan mengubah penampilan. Psikolog, Analisa Widyaningrum, mengatakan, proses mengubah diri yang paling sulit yaitu menjaga diri dari sikap iri.

" Perjulidan ini perilaku tendensius, yaitu iri," kata Analisa, di acara Dream Camp, di Soehanna Hall, Jakarta Selatan, Sabtu, 11 Mei 2019.

   Peserta Dream Camp

Iri menjadi paling sulit karena terkait dengan pengambilan keputusan dan perasaan orang. Analisa menyontohkan, keputusan yang sulit yaitu untuk berbahagia ketika orang lain bahagia.

" Saya menyebutnya 4S, senang lihat orang lain susah, sudah lihat orang lain senang," ucap dia.

Agar kondisi ini dapat dikurangi, setiap muslim dan muslimah, kata dia, dapat berlaku istiqomah.

Selain menyampaikan mengenai hijrah. Analisa juga memotivasi mengenai manajemen mendidik anak.

3 dari 3 halaman

Semarak Kumpul Komunitas Muslim di Dream Camp

Dream - Ramadan menjadi bulan suci umat Islam. Sejumlah kegiatan ibadah dan aksi sosial digelar untuk mengisi bulan suci ini.

Laman gaya hidup Muslim, Dream.co.id melakukan hal serupa. Bertema Dream Camp, Dream mengajak sejumlah komunitas hijab dan muslim bergabung.

Menurut Pemimpin Redaksi Dream.co.id, Ismoko Widjaya, Dream Camp merupakan acara untuk komunitas Muslim. " Acara Dream Camp kedua ini, merupakan kelanjutan dari acara Dream Camp pertama yang digelae di Subang," kata Ismoko, di Soehana Hall, Energy Building, Jakarta Pusat, Sabtu, 11 Mei 2019.

Ismoko mengatakan, acara ini nantinya akan berisi kegiatan kajian Islami, pembacaan Alquran oleh hafiz cilik, dan sedekah digital.

" Mudah-mudahan ini jadi acara tahunan Dream," ujar dia.

Salah satu pengunjung, Nur Annisa mengatakan, ingin datang ke acara ini karena ingin mengikuti materi yang bermanfaat. Sekaligus, memanfaatkan bulan Ramadan menambah pahala dengan ilmu yang diberikan mediator.

" Biar bisa benar-benar bisa hijrah," ujar Annisa.

    Peserta Dream Camp

Dia juga ingin mendengar paparan mengenai sedekah digital yang disampaikan oleh aplikai uang digital, Dana.

Meski begitu, salah satu narasumber yang ingin dia dengan yaitu Tiffany Afifa. Sosok Tiffany, menurutnya sangat menginspirasi bagi generasi milenial.

" Aku pengen ketemu sama Tiffany, soalnya, selain berhijab, dia juga bisa nyanyi K-Pop, dan anak muda banget," ujar dia.

Dream Camp rencananya menghadirkan sejumlah narasumber, selain Tffany, ada pula pasangan muda, Haikal Kamil dan Tantri Namirah, ustaz Asep Supriatna, dan psikolog Analisa Widyaningrum. Selain itu akan ada doorprize menarik.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone