Putra Fairuz A Rafiq Menabung demi Bisa Berkurban

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 9 Agustus 2019 07:36
Putra Fairuz A Rafiq Menabung demi Bisa Berkurban
Fairuz memanfaatkan momen Idul Adha untuk mengajarkan makna berkurban kepada buah hatinya.

Dream - Kurban selalu menjadi pengalaman berkesan bagi umat Islam karena menjadi momen berbagi kebahagiaan di antara sesama Muslim.

Demikian pula dengan Fairuz A Rafiq. Putri almarhum A Rafiq itu tahun ini juga berkurban. Dia hendak membeli kambing dan sapi.

Fairuz juga mengajarkan semangat berkurban kepada sang anak, King Faaz. " Dia sempat tanya, kami jelaskan berkurban itu untuk kendaraan di akhirat," ujar Fairuz di Jakarta, Kamis 8 Agustus 2019.

Istri Sonny Septian ini menjelaskan kepada sang anak mengenai hewan kurban serta manfaatnya di akhirat kelak. " Dia tanya kan, 'Apa sih mami?' Kendaraan menuju surga, kayak abang naik mobil nyaman, enggak?"

" Kalau perjalanan jauh abang jalan kaki, abang capek enggak? Terus kalau naik mobil langsung nyampai, enak enggak?" ucap Fairuz.

Mendengar penjelasan tersebut, Faaz pun ingin berkurban. Hebatnya, bocah tersebut akan membeli hewan kurban dengan uang tabungannya.

" Nah nanti abang di akhirat kalau mau ketemu Allah nanti ada kendaraannya, 'Oh kalau gitu mau nabung deh mami', Faaz mau mulai ikut berkurban. Jadi ngajarin hal positif ke anak-anak," kata dia.

1 dari 5 halaman

Pesan Hewan Kurban, Nasabah Mandiri Syariah Cukup Buka Ponsel

Dream - PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) turut menyebarkan semangat berkurban kepada masyarakat khususnya umat Islam. Menggandeng lembaga amil dan donasi, Dompet Dhuafa, Mandiri Syariah menghadirkan kemudahan berkurban kepada masyarakat melalui fasilitas online.

Director Technology & Operation Mandiri Syariah, Achmad Syafi'i mengatakan kehadiran teknologi memberikan kemudahan bagi semua orang. Tidak hanya dalam bekerja namun juga beramal.

" Bisnis, ibadah, bukan sesuatu yang dipisahkan," ujar Syafi'i dalam talk show #JANGANTAKUTBERKURBAN di Jakarta, Kamis 8 Agustus 2019.

 Kurban BSM

Director Wholesale Banking Mandiri Syariah, Kusman Yandi, mengatakan masyarakat dapat berbelanja hewan kurban lewat aplikasi mobile banking Mandiri Syariah.

Tak hanya itu, nasabah juga dapat menggunakan fitur lain yang memudahkan ibadah seperti arah kiblat, pengingat waktu sholat, hingga menu pembayaran zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ziswaf).

" Mandiri Syariah ingin memberikan fasilitas kemudahan kepada nasabahnya untuk menunaikan ziswaf dan kurban dengan menggandeng lembaga zakat seperti Dompet Dhuafa yang merupakan lembaga terpercaya dan transparan," kata Kusman.

 Kurban BSM

Pada kesempatan yang sama, artis sekaligus influencer Fairuz A Rafiq mengatakan Dompet Dhuafa merupakan lembaga amil zakat yang cukup transparan. Dia beberapa kali terlibat dalam kegiatan amal yang diselenggarakan oleh lembaga tersebut.

" Aku banyak pengalaman terjun bersama Dompet Dhuafa, melihat langsung. Dompet Dhuafa merupakan lembaga yang transparan," kata Fairuz.

(sah, Laporan: Keisha Ritzska Salsabila)

2 dari 5 halaman

BSM Gelontorkan Rp750 M untuk Proyek Tol Pasuruan-Probolingo

Dream – PT Bank Syariah Mandiri (BSM) turut membiayai pembangunan jalan tol Pasuran-Probolinggo. Jumlah pembiayaan yang digelontorkan oleh BSM sebanyak Rp750 miliar.

Pembiayaan sindikasi ini menggunakan akad Line Facility-Musyarakah Mutanaqishoh untuk investasi dalam jangka waktu 15 tahun.

Bank syariah ini termasuk dalam sindikasi pembiayaan kepada PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 8 Oktober 2018, pembiayaan yang dikucurkan ini sebesar Rp2,29 triliun dari total project yang sebesar Rp3,8 triliun.

Mereka yang tergabung dalam sindikasi ini yakni BSM, PT Sarana Multi Infrastruktur, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jatim Syariah, Bank Mega Syaruah, dan BJB Syariah.

Dana itu bakal digunakan untuk pembiayaan jalan tol yang sejauh 31,3 km. BSM merupakan inisiator dengan SMI sebagai joint mandated lead arranger and book runner.

Direktur Wholesale Banking BSM, Kusman Yandi, mengatakan partisipasi BSM di proyek ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur melalui kerja sama sindikasi syariah.

“ Sebagai bank syariah buku III, Mandiri Syariah sudah masuk dalam proyek-proyek infrastruktur yang dibangun pemerintah,’’ kata Kusman Yandi di Jakarta.

Yandi mengatakan BSM tak hanya memberikan pembiayan kepada jalan tol, tetapi juga infrastruktur lainnya. Sebut saja jalan raya, pelabuhan, dan industri kereta api. “ (Ini) merupakan wujud dukungan dan partisipasi kami sebagai bagian dari Bank Mandiri Group dalam percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi salah satu program prioritas pemerintah,” kata dia.

Selain jalan tol, Mandiri Syariah juga masuk ke projek pembangunan jalan raya, pelabuhan, industri perkeretaapian, elektrika dan power plant. Yang demikian, kata Kusman Yandi. (ism)

3 dari 5 halaman

BSM Sabet Penghargaan Bank Ritel Syariah Terbaik 2018

Dream – PT Bank Syariah Mandiri (BSM) menyabet penghargaan sebagai bank syariah retail terbaik. Penghargaan The Best Islamic Retail Bank itu diberikan oleh Alpha South East Asia.

Dilansir dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 19 September 2018, Direktur Risk Management and Compliance BSM, Putu Rahwidhiyasa, menerima penghargaan dari CEO Alpha South East Asia, Siddiq Bazarwala.

Putu Rahwidhiyasa bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh stakeholders, terutama nasabah dengan pencapaian yang diperoleh BSM kali in.A

Menurut Putu, perusahaan selama ini terus menetapkan strategi untuk fokus di bidang segmen ritel. “ Baik dari sisi pendanaan maupun pembiayaan,” kata dia di Singapura.

Sekadar informasi, sampai Agustus 2018, aset perusahaan mencapai Rp92,68 triliun dengan pembiayaan Rp64,62 triliun dan dana pihak ketiga sebesar Rp81,93 triliun.

Komposisi pembiayaan segmen ritel sebesar 58,26 persen dari total pembiayaan yaitu sebesar Rp37,65 triliun per Agustus 2018 atau tumbuh 15,30 persen dari Rp32,65 triliun per Agustus 2017.(Sah)

4 dari 5 halaman

BSM Genjot Bisnis Cicil dan Gadai Emas, Nasabah Bisa Umroh Gratis

Dream – Bisnis cicil dan gadai emas semakin menjadi andalan PT Bank Syariah Mandiri (BSM) untuk menambah pundi pendapatannya. Anak usaha PT Bank Mandiri Tbk ini bahkan menggelar program khusus untuk menggaet nasabahnya. 

Corporate Secretary BSM, Ahmad Reza, mengatakan cicil emas merupakan salah satu alternatif investasi yang menguntung bagi masyarakat. 

“ Bisa dikatakan emas relatif stabil, harganya dari tahun ke tahun cenderung naik dan cukup likuid karena mudah diperjualbelikan,” kata Reza dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 14 September 2018.

Secara korporasi, bisnis cicilan dan gadai emas selama ini juga menjadi andalan pelaku bisnis keuangan syariah.

Di BSM, lanjut Reza, bisnsi emas perusahaan tumbuh sekitar 21 persen (year on year) dari Rp4,35 triliun per Agustus 2017 menjadi Rp5,27 triliun per Agustus 2018. Diharapkan dengan program baru yang diadakan BSM, transaksi cicil dan gadai emas akan kembali meningkat. 

BSM diketahui menggelar program berhadiah Berkah Emas Tahap II. Dalam program ini, nasabah ditawarkan hadiah grand prize tujuh paket umroh dan ratusan hadiah lainnya.

Berkah Emas ini merupakan program promosi berhadiah untuk nasabah yang bertransaksi produk cicil dan gadai emas. Program ini berlangsung 1 September—Desember 2018.

Masyarakat yang bertransaksi gadai emas minimal Rp1 juta atau cicil emas minimal Rp2 juta, akan mendapatkan 1 poin. Nantinya proses pengundian akan dilakukan serentak di tujuh kantor BSM, yaitu Jakarta, Medan, Palembang, Bandung, Surabaya, Makassar dan Banjarmasin. Program ini dibagi dua tahap.

Untuk tahap I program berhadiah telah berlangsung sejak 1 Mei-31 Agustus 2018 dan hari ini diumumkan nama pemenangnya.

“ Total nasabah yang berhak ikut pengundian Tahap I sebanyak 79 ribu nasabah dengan total poin 2,1 juta. Sementara pemenang Berkah Emas Tahap II akan diumumkan pada Januari 2019,” 

5 dari 5 halaman

Temuan Dompet Dhuafa Usai Gempa Banten

Dream - Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa segera menyurvei lokasi terdampak gempa Jumat 2 Agustus 2019. Mereka menerjunkan enam personel ke lokasi terdampak gempa.

" Kami sudah berkoordinasi dengan relawan, mitra serta pihak terkait untuk memberikan beberapa aksi respon, kita lakukan secara parallel dan sinergi dengan banyaknya bantuan tebaran kebaikan," kata anggota DMC Dompet Dhuafa Banten, Ellin Akbar, melalui keterangan resminya, Sabtu 3 Agustus 2019.

Enam personel itu terdiri dari dua petugas rescue dan empat orang untuk assessment. " Salah satu kondisi yang terpantau oleh tim Dompet Dhuafa yaitu di Kampung Air Jeruk, Desa Ranca Pinang, Kec.Cimanggu, Kab. Pandeglang," ujar dia.

DMC Dompet Dhuafa terus berkoordinasi dengan relawan, mitra-mitra lokal dan Badan Pengawas Bencana Daerah (BPBD) di lokasi. Sehingga, dapat dipetakan kebutuhan dan respon terbaik untuk para korban.

Hingga saat ini, DMC Dompet Dhuafa terus bergerak dan melakukan koordinasi dengan para relawan dan mitra-mitra lokal di Sumur, terkait dengan penanganan pasca bencana tersebut.

Di Kampung Kopi, Kec.Sumur, Kab.Pandeglang suasana juga sama. Semua warga yang berada di pinggir pantai sudah mengungsi ke masjid di Kampung Kopi.

Pemetaan kebutuhan juga menjadi agenda penting dari respon darurat bencana Gempa Bumi tersebut.

Relawan Rumah Konseling Dompet Dhuafa Banten, Aisyah, mengatakan telah mengevakuasi masyarakat selepas sholat Isya. Aisyah yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) merasakan betul dampak gempa semalam.

" Menggunakan mobil bak. Alhamdulillah semua personel KKN sudah kumpul. Dan sekarang lagi di bukit. Rame banget. Dan nyaris semua warga ada di kampung ini," ujar dia.

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya