Kisah Puasa Pertama Marcell Darwin di Tengah Pandemi Covid-19

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 20 April 2021 16:23
Kisah Puasa Pertama Marcell Darwin di Tengah Pandemi Covid-19
Marcell menjadi mualaf pada November 2019, dan Ramadan di tengah pandemi 2020 lalu menjadi pengalaman pertamanya beribadah puasa.

Dream - Aktor Marcell Darwin resmi memeluk Islam pada November 2019. Ramadan tahun ini menjadi kali ke dua bagi Marcell melaksanakan ibadah puasa.

Sebagai mualaf, puasa pertama para Ramadan tahun lalu menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi Marcell. Karena di tahun tersebut dia masih belajar ajaran Islam.

Marcell sempat mengaku kewalahan menjalankan puasa di awal-awal Ramadan. Seiring berjalannya waktu, dia menjadi terbiasa dan rasa berat itu sudah tak lagi dia alami.

" Beberapa hari awal doang (berat), selebihnya santai aja sih," ujar Marcell.

Puasa Marcell pun berjalan bukan lancar sepenuhnya. Dia pernah batal satu kali karena sakit.

" Sekali gue bolong karena kepala sakit, ah, nggak enak gitu lho, kenapa karena kepala gue harus minum air, gue jadi engak terima gitu lo," kata dia.

 

1 dari 2 halaman

Puasa Terberat

Menurut Marcell, puasa terberat bagi dia yaitu di hari pertama Ramadan. Tetapi setelah itu, dia mampu menjalani ibadah puasa dengan lebih ringan.

" Puasa hari kedua menurut gue puasa kedua itu nggak seberat hari pertama yah," ucap dia.

Cerita Kesulitan Marcell Darwin Jalani Puasa Ramadan Pertama© MEN

Puasa hari pertama Ramadan menjadi bahan pembelajaran bagi Marcell. Dari puasa itu, dia jadi tahu apa yang seharusnya dilakukan dan yang dilarang selama berpuasa.

" Karena gue udah tahu gimana rasain puasa, jadi hari kedua sudah tahu apa yang harus dilakuin dan harus gimana," terang Marcell.

 

2 dari 2 halaman

Es Kelapa Tukang Goda

Soal menu berbuka, ada satu minuman yang membuatnya tidak tahan. Dia mengakui menu tersebut sangat sensitif bagi dia.

" Menu buka puasa hari ini. Sensitif es kelapa. Gue kalau lihat es kelapa jam 5 tuh sensitif banget," kata dia.

Marcell Darwin© Marcell Darwin

Sang istri, Nabila Faisal, mengaku bangga dengan perjuangan Marcell menjadi mualaf dan berpuasa Ramadan dengan lancar. Menurut dia, Marcell cukup kuat meski baru awal-awal mengenal puasa.

" Aku akuin dia (Marcell) kuat, gue enggak bangun sahur jadi dia enggak sahur kan, gue bilang kalau enggak kuat enggal usah puasa, terus dia santai doang," kata Nabila.

Beri Komentar