Cerita Pilu Opick-Melly Goeslaw Tembus Zona Konflik Palestina

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 4 Januari 2018 10:27
Cerita Pilu Opick-Melly Goeslaw Tembus Zona Konflik Palestina
Opick dan Melly menghibur para santri penghafal Alquran.

Dream - Dua musisi Tanah Air, Opick dan Melly Goeslaw mengikuti misi kemanusiaan untuk para pengungsi Palestina. Sebelum perjalanan ke Palestina, Opick dan Melly singgah ke tiga negara, yakni Turki, Lebanon dan Suriah.

Bersama 13 anggota Duta Kemanusiaan Sahabat Palestina Memanggil (SPM), Opick dan Melly menyalurkan bantuan yang terkumpul dari hasil konser amal.

Perjalanan rombongan kemanusiaan itu dimulai pada 17 Desember 2017. Sebagai destinasi awal, Opick dan Melly mengunjungi sekolah khusus pengungsi, Iqro di Istanbul, Turki.

Opick mengatakan Iqro merupakan sekolah bagi anak-anak korban perang yang berkecamuk di Timur Tengah sejak 2008. Para siswa sekolah belajar menjadi penghafal Alquran.

Opick bercerita, dia dan Melly sempat menghibur anak-anak itu dengan lantunan lagu religi.

" Karena mereka antusias, saya sama Melly jadi ikutan nyanyi. Ada tiga lagu yang dibawakan, salah satunya pakai bahasa Arab," tutur Opick ketika ditemui di Jakarta Timur, Rabu, 3 Januari 2018.

Setelah Istanbul, mereka mengunjungi penampungan pengungsian di Suriah. Kondisi disana sempat membuat pilu hati Opick dan Melly.

Kesedihan Opick muncul karena mendengar cerita pengungsi yang kehilangan rumah karena hancur diserang bom.

" Pengungsinya banyak sekali, bisa sampai 120 ribu orang di dalam satu penampungan. Kondisi rumah tidak layak huni dan pasti ada salah satu anggota keluarga yang meninggal di dalamnya," kata Opick.

Sayangnya, mereka tidak berhasil mencapai Lebanon akibat pengajuan kunjungan yang ditolak. Ibu kota Lebanon, Beirut termasuk zona berbahaya perang.

Lobi demi lobi mereka usahakan, hingga pada akhirnya kegagalan kunjungan digantikan dengan menyumbangkan dua unit mobil ambulans yang akan dilakukan di bulan Maret mendatang.

Perjuangan Opick dan Melly dalam menembus zona konflik memberi setitik kegembiraan bagi rakyat Palestina. Dana sebesar US$250 ribu atau sekitar Rp3 miliar berhasil didonasikan dalam bentuk sembako, kasur, arang, selimut dan penghangat lainnya.

Misi yang mulia itu menorehkan kesan yang mendalam bagi keduanya.

" Luar biasa sekali ketika kalian sudah melihat langsung keadaan disana. Masya Allah, mesti bersyukur di sini (Indonesia) nggak ada perang seperti itu," kata Opick.

(ism, Reporter: Annisa Mutiara Asharini)

Beri Komentar
Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah