Nasib Pak Udjan, Diusir Anak, Tidur di Atas Got...

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 8 Desember 2017 17:41
Nasib Pak Udjan, Diusir Anak, Tidur di Atas Got...
Lansia itu ditelantarkan anaknya yang tidak mau mengakuinya sebagai orangtua.

Dream - Udjan Susanto, 74 tahun, ditemukan dalam kondisi memprihatinkan oleh Petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Barat di Duri Utara, Tambora, Jakarta Barat.

Udjan terlihat tiduran di tempat yang sangat tidak layak, di atas got. Dengan beralaskan kardus yang sudah penuh kotorannya sendiri. 

" Ketika sampai di lokasi, lansia tersebut tiduran di atas saluran air (got) dengan kondisi sudah sakit dan sudah buang air kecil dan besar di celana," kata petugas P3S Jakarta Barat, Amir, melalui keterangan tertulisnya.

 Udjan di bawa ke RSUD Tarakan, Jakarta Pusat

Lansia sakit ini sudah empat hari terlantar tak berdaya di depan SD Widuri Indah. Menurut informasi yang didapat petugas kelurahan Duri Utara, Udjan masih memiliki anak, namun tidak mau mengakuinya sebagai orangtua.

" Menurut info yang kami dapat, lansia itu mempunyai tiga orang anak. Satu orang di Kelurahan Duri Utara itu, seorang di Depok dan seorang lagi tempat tinggalnya jauh," ujar Amir.

Ditolak anaknya

1 dari 1 halaman

Ditolak anaknya

Dream - Sebelum ditelantarkan, Udjan tinggal bersama anaknya di Depok, Jawa Barat. Suatu waktu Udjan ingin mengunjungi salah satu anaknya yang tinggal di Duri Utara.

Tetapi, sesampainya di kediaman anaknya, Udjan malah ditolak. Bahkan Udjan tak diakui sebagai orangtuanya.

Alasannya, Udjan menyebalkan dan membuat malu anaknya karena sering meresahkan dan mengganggu orang lain.

Petugas P3S sempat bertemu dengan anaknya untuk berdialog agar tidak menelantarkan Udjan. Tapi, sang anak berkeras tak mengakui lansia itu sebagai orangtuanya.

" Kami pun menyodorkan surat pernyataan kepadanya bahwa lansia itu bukan orangtuanya," ucap Amir.

Saat ini, Udjan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan, Jakarta Pusat untuk mendapatkan penanganan medis. Berdasarkan keterangan dokter, lansia itu menderita diabetes akut, namun masih bisa berkomunikasi. (ism) 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone