Banyak Penggemar Kecewa karena Cabut Laporan KDRT Rizky Billar, Lesti Kejora: Itu Hak Setiap Orang

Reporter : Nur Ulfa
Jumat, 14 Oktober 2022 13:24
Banyak Penggemar Kecewa karena Cabut Laporan KDRT Rizky Billar, Lesti Kejora: Itu Hak Setiap Orang
Lesti awalnya ingin membuat Rizky Billar jera.

Dream - Keputusan Lesti Kejora mencabut laporannya terhadap Rizky Billar membuat banyak penggemar kecewa. Pasalnya, ibu satu anak ini mengalami KDRT yang cukup berat, mulai dirawat di rumah sakit hingga harus menjalani serangkaian pengobatan.

Banyak yang menganggap Lesti hanya membuat prank karena bertindak seperti ini. Terkait hal itu pelantun 'Kulepas dengan Ikhlas' menanggapinya dengan santai.

" Itukan hak setiap orang masing-masing," kata Lesti Kejora di Mapolres Jakarta Selatan, Jumat, 14 Oktober 2022.

Lesti© KLY

Justru Lesti sengaja melaporkan Rizky Billar ke polisi awalnya karena ingin membuat suaminya jera dan menyesal akan perbuatannya ini.

" Insyallah ini jadi pelajaran buat suami saya, saya dan keluarga," tutur Lesti.

Lesti pun yakin Rizky Billar tidak akan mengulangi KDRT lagi, apalagi keduanya sudah membuat surat perjanjian.

" Ini bisa jadi pelajaran dan kasus ini enggak ada lagi," ucap dia.

1 dari 6 halaman

Lesti Kejora memutar haluan paska memutuskan melaporkan suaminya, Rizky Billar ke polisi dalam kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT). Ibu satu anak itu mencabut surat laporan sekaligus memilih berdamai dengan Rizky Billar setelah membuat surat perjanjian bersama. 

Surat perjanjian itu dibuat dengan disaksikan kedua orang tua Lesti serta kuasa hukumnya, Sandy Arifin.

" Beliau sangat berjanji tidak akan mengulangi lagi bahkan sudah dituangkan di perjanjian," tutur Lesti Kejora di Polres Jakarta Selatan, Jumat, 14 Oktober 2022.

Rizky Billar juga meminta maaf kepada ayah Lesti, Endang Mulyana dengan memeluk mertuanya itu.

lesti© youtube

" Beliau minta ke orang tua saya meminta maaf dan orang tua saya, masya allah, memaafkan," tuturnya.

Endang Mulyana yang ada di samping Lesti membenarkan hal tersebut. Dia memberikan kesempatan satu kali lagi kepada menantunya untuk memperbaiki kesalahannya itu.

" Alhamdulilah pas saya sampai dia merangkul saya meminta maaf, saya sebagai manusia biasa orang salah apapun insyallah saya maafkan," ungkap Endang Mulyana.

2 dari 6 halaman

Lesti Kejora akhirnya buka suara mengenai alasannya mencabut laporan terhadap Rizky Billar terkait KDRT yang dia alami.

" Alasannya anak saya, mau bagaimana pun suami saya bapak dari anak saya," kata Lesti Kejora dilansir dari Intens Investigasi, Jumat, 14 Oktober 2022.

Selain itu, Rizky Billar juga sudah mengakui perbuatannya. Maka dari itu, Lesti akhirnya mau memaafkan segala kesalahan sang suami.

Lesti© youtube

" Beliau juga alhamdulillah mengakui perbuatannya dan meminta maaf kepada saya khususnya kepada orangtua saya dan bapak saya," tuturnya.

Keputusan Lesti mencabut laporannya kepada Rizky Bilar juga atas diskusi dengan keluarga untuk memberikan kesempatan Rizky Billar bertobat.

" Insyallah bapak saya dan ibu saya sangat begitu memaafkan perbuatan suami saya, harapannya insyallah tidak akan pernah terulang lagi," ucap dia.

3 dari 6 halaman

Lesti Kejora mencabut laporannya terhadap Rizky Billar terkait dugaan KDRT yang dilakukan suaminya itu.

Meski demikian, ternyata Rizky Billar masih ditahan dan belum diizinkan keluar dari Polres Jakarta Selatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menegaskan, pencabutan laporan yang dilakukan Lesti Kejora masih diproses sehingga Rizky Billar belum bisa langsung dibebaskan.

" Tidak serta merta kalau dicabut dia (Rizky Billar) dibebaskan malam ini. Tidak begitu," kata Endra Zulpan, Kamis, 13 Oktober 2022.

billar© dream

Kata Endra Zulpan, penyidik baru saja menetapkan Rizky Billar sebagai tersangka. Maka dari itu, dia minta Lesti dan pihak kuasa hukum Rizky Billar untuk menghormati keputusan kepolisian.

" Sekarang kewenangan ada di tangan penyidik. Prosesnya sudah dalam proses penyidikan, bahkan sudah menetapkan tersangka dan penahanan, ini yang harus dihormati," ujarnya.

Sebelumnya, Hotma Sitompul merasa kecewa dengan penyidik Polres Jakarta Selatan karena masih menahan Rizky Billar meski Lesti sudah mencabut laporannya.

" Semua sudah berdamai, nangis-nangis pelapor (Lesti) minta didamaika, enggak usah ditahan tapi masih diseret ke sini diumumkan ke kalian," kata Hotma.

4 dari 6 halaman

Belum ada satu minggu menjalani ibadah umroh, Lesti Kejora bergegas pulang ke Jakarta saat mengetahui suaminya, Rizky Billar menjadi tersangka.

Kepulangan Lesti karena ingin berdamai dengan Rizky Billar dan mencabut laporannya ke polisi.

" Berdamai lah mereka, intinya mereka berdua ketemu di ruangan, mereka berdamai. Laporan sudah dicabut sudah ditanda tangani," kata Surya Darma Simbolon kuasa hukum Rizky Billar dilansir dari kanal youtube KH Infotainment, Jumat, 14 Oktober 2022.

Kata Surya Darma, keputusan Lesti Kejora mencabut laporan karena kesepakatan bersama dengan Rizky Billar.

BIllar© dream

Dia bisa memastikan, Lesti tidak ada tekanan darimana pun saat mencabut laporan itu.

" Kita hanya menyaksikan aja, pencabutan juga di depan saya ini kesepakatan mereka berdua," ucapnya.

Di sisi lain, Surya Darma juga melihat pelantun 'Kejora' itu menangis dan memeluk Rizky Billar karena keduanya sudah cukup lama tidak bertemu.

" Rindulah, terharu lah, ada (pelukan) ada lah, (nangis) terharu lah ada," tuturnya lagi.

5 dari 6 halaman

Lesti Kejora tiba-tiba mendatangi Polres Jakarta Selatan setelah penyidik memutuskan menahan Rizky Billar selama 20 hari ke depan.

Kedatangan Lesti ke Polres dikabarkan karena ingin mencabut laporannya terhadap Rizky Billar.

Mengenai kebenaran kabar tersebut, Kasi Humas Polres Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi membenarkan kabar itu.

" Ini semua proses ya. Yang jelas kita memang ada perdamaian, memang ada pencabutan untuk perkara, tapi itu lagi proses," kata Nurma di Polres Jakarta Selatan, Kamis, 13 Oktober 2022.

Meski kedatangan Lesti untuk mencabut laporan, Nurma memastikan proses hukum masih berlangsung.

" Untuk sementara proses masih berlangsung, kita tunggu saja. Saudari L dan R di atas menemui penyidik. Yang jelas untuk ini adalah kasus delik aduan. Sekiranya korban merasa dirugikan baru melapor," jelas AKP Nurma Dewi.

Lesti© dream

6 dari 6 halaman

Mengenai soal cabut laporan, Nurma belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut. Namun yang pasti kedatangan Lesti ke Polres karena ingin bertemu Rizky Billar.

" Nanti kita lihat saja, tunggu saja. Ini dia sudah di atas menemui penyidik dan sudah bertemu suaminya. Nanti yang jelas kita tunggu saja bagaimana proses dan kelanjutannya," katanya.

Kalaupun Lesti ingin mencabut laporan, Nurma mengatakan semuanya tidak bisa langsung dilakukan karena butuh proses.

" Surat penahanan sudah kita terbitkan jelas kita harus lakukan. Yang jelas penahanan sudah kita lakukan. Kalau delik aduan itu bisa ada pencabutan, perdamaian, tapi melalui proses. Wewenang ada di penydik kita juga mengacu pada UU KDRT," tuturnya.

Sementara itu, Rizky Billar juga mengakui kedatangan Lesti ke Polres Jakarta Selatan karena ingin cabut laporan.

" Istri saya mau cabut laporan," ungkap Rizky Billar

Beri Komentar