Pengalaman Prisia Nasution Berinteraksi dengan Pasien Gangguan Jiwa

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 30 Oktober 2019 17:51
Pengalaman Prisia Nasution Berinteraksi dengan Pasien Gangguan Jiwa
Menurutnya tak perlu takut jika mengunjungi panti sosial yang berisi pengidap gangguan jiwa.

Dream – Selain sibuk di dunia peran, Prisia Nasution juga mendirikan Kopi Panas Foundation. (KPF). Yayasan ini bergerak di bidang kemanusiaan, lingkungan, dan kepedulian terhadap hewan.

KPF juga mewadahi beberapa panti untuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan rutin melakukan kunjungan ke sejumlah panti.

“ Kami cari panti-panti ODGJ yang sudah ada karena mereka semua udah banyak yang mendirikan panti dan itu nggak kepegang. Lebih baik kita bantu mereka” kata Phia di acara konferensi pers film “ Hanya Manusia” di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Prisia memilih lebih baik membantu panti-panti yang sudah ada dan memastikan pengidap gangguan jiwa menerima makanan, tempat tinggal dan pengobatan yang layak.

“ Kalau ada siapa pun yang mau ikut ke panti, ayo. Kita main bareng, ketawa bareng, nyanyi bareng. Ya meskipun mereka diajak ngomong nggak terlalu nyambung karena beda realitanya,” kata wanita berusia 35 tahun itu.

Menurutnya, dengan mendatangi langsung, stigma yang melekat di masyarakat selama ini akan terputus karena ODGJ juga orang yang butuh perhatian dan kepedulian sesama.

“ Saya ingin mematahkan stigma ODGJ itu bahaya. Nggak perlu takut kalau mau main ke panti karena di panti sudah dipisahkan mana ODGJ yang sudah bisa diajak berinteraksi dengan yang belum,” kata dia. (mut)

 

(Laporan: Alfi Salima Puteri)

1 dari 5 halaman

Prisia Nasution Jadi Ibu Depresi

Dream - Prisia Nasution mengaku bingung saat mendapat tawaran memerankan karakter Mayang dalam film horor, Lorong. Aktris 35 tahun itu mengaku baru kali ini memainkan peran sebagai ibu, apalagi depresei karena kehilangan anaknya.

" Pas tahu perannya harus meranin ibu yang habis operasi Caesar aku agak bingung sih," ujar Prisia dalam Gala Premiere film Lorong, Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin 9 September 2019.

Prisia mengaku memelajari karakter Mayang dengan berguru kepada sahabatnya. Kebetulan sang sahabat baru saja menjalani operasi Caesar. " Aku langsung tanya-tanya deh," lanjut Prisia.

 prisia nasution dan winky© prisia nasution dan winky

Prisia Nasution (DreamAlfi Salima Puteri)

Wanita kelahiran 1 Juni 1984 itu pun menyuruh temannya untuk memperagakan cara bangun dari tempat tidur hingga berjalan.

" Aku suruh temanku peragain semua biar bisa aku contoh gerak-gerik nya. Dia sampai bilang gila lo, pas aku nyuruh dia lari," ujar Prisia sambil tertawa.

Laporan: Alfi Salima Puteri/Magang

[crosslink_1]

2 dari 5 halaman

Prisia Nasution Grogi Dipandangi Jokowi dan Prabowo

Dream - Sejumlah orang turut hadir saat Joko Widodo dan Prabowo Subianto makan siang di FX Sudirmaan. Salah satunya, Prisia Nasution.

Artis cantik itu mengabadikan momen tersebut pada sebuah video yang diunggah ke Instagram. Prisia terlihat duduk persis di depan Jokowi dan Prabowo.

" Terimakasih pak @jokowi Dan pak @prabowo sudah membawa kedamaian kepada Indonesia kita semua... udah ya.. semua udah baikan.. ngga ada lagi 01 atau 02 yang ada hanya Indonesia," tulis dia.

      View this post on Instagram

Terimakasih pak @jokowi Dan pak @prabowo sudah membawa kedamaian kepada Indonesia kita semua... udah ya.. semua udah baikan.. ngga ada lagi 01 atau 02 yang ada hanya Indonesia � #persatuanIndonesia . ps. Kok jadi grogi ya lagi makan diliatin bapak-bapak ini � ngadepnya kesini banget

A post shared by Prisia Nasution (@prisia) on 

Prisia memang seorang aktris, kerap berakting. Tampil di hadapan umum tentu bukan hal menakutkan. Namun tidak kali itu. Dia merasa grogi menyantap makanan di depan Jokowi dan Praboowo.

" Kok jadi grogi ya lagi makan dilihatin bapak-bapak ini, ngadepnya ke sini banget," tambah Prisia.

Sejumlah pesohor pun turut berkomentar. " Hahaha video ini bukti Indonesia damai selalu," tulis Baim Wong.

" Satu gerbong, satu deret. Good bye cebong, farewell kampret," tulis Triawan Munaf.

3 dari 5 halaman

Kicauan `Arab` Bikin Heboh, Prisia Nasution Minta Maaf

Dream - Tak hanya komika Uus yang menjadi sorotan lantaran kicauannya, artis Prisia Nasution juga membuat heboh jagat maya. Prisia sempat menyinggung yang berpakaian seperti orang Arab.

" Semua orang berpakaian seperti prang Arab, bendera dituliskan tulisan arab, adat istiadat Arab. Kenapa enggak pada pindah Arab saja ya?,"  tulis Prisia di akun twitter miliknya.

 Kicauan Prisia© Twitter Prisia

Sontak kicauan itu pun menjadi sorotan. Prisia pun dianggap telah melakukan penghinaan terhadap agama. Kicauan yang dianggap rasis itu pun dihapus Prisia dari akun twitter miliknya. 

" Saya juga beragama islam, saya cinta agama saya. Makanya saya enggak mau orang-orang membawa-bawa agama yang saya anut untuk dijelek-jelekan,"  tutur pemain film `Pesantren Impian` ini. 

4 dari 5 halaman

`Saya Juga Islam....`

Dream - " Saya juga beragama islam, saya cinta agama saya. Makanya saya enggak mau orang-orang membawa-bawa agama yang saya anut untuk dijelek-jelekan,"  tuturnya.

 

 © Dream

 

Para pengguna internet pun bahkan ada yang meragukan keyakinan Prisia. " Maaf, yang saya tahu sholat berkiblat pada Allah bukan ke tradisi Arab,"  ujarnya.

 Kicauan Prisia Nasution© Twitter Prisia

Seolah tak ingin memperpanjang masalah, Prisia pun meminta maaf kepada pihak yang merasa tersinggung.

5 dari 5 halaman

Minta Maaf

Dream - " Maaf ya saya cuma curhat, cuma mau negeri ini damai dengan semua agama yang saling toleransi. Selama ini saya diam lihat keadaan, walaupun saya geram. saya cuma mau keluarin apa yang saya rasa. Yang tersinggung maaf,"  tuturnya.

Meski begitu, Prisia masih banyak mendapatkan serangan komentar 'pedas' netizen. " Istighfar akan jauh lebih baik,"  kata akun Rota.

 

 © Dream

 

" Jadi enggak respect sama Prisia, lagi banyak pikiran mungkin. Twit-twit ebelumnya jadi pembelajaran untuk tidak bersikap rasis ya,"  kata akun Deris.

" Public figure harusnya bisa menjaga omongannya, agar tidak rasis dan menyinggung siapapun,"  ujar akun Indra. (Ism) 

Beri Komentar