(c) Instagram/ruben_onsu
Kisah kesuksesan Raffi Ahmad dalam memecahkan rekor penjualan live streaming belum lama ini tentu saja dinilai sebagai pencapaian yang bombastis. Di sisi lain, dr. Richard Lee juga turut menghebohkan para netizen di media sosial berkat pengumuman terbarunya soal pindah lapak jualan secara live streaming. Bertambah satu lagi, kini giliran Ruben Onsu yang memberikan kabar mengejutkan kepada warganet di Indonesia.
Yup, selebriti yang masih aktif di televisi dan memiliki banyak bisnis di beragam bidang industri tersebut diketahui memutuskan untuk gelar lapak jualan streamingnya ke Shopee Live. Hal ini ia lakukan demi bisa melebarkan bisnis yang dipunya serta mencari cuan dan keuntungan yang lebih besar.
Melihat keseruan rekan-rekan artisnya yang telah merasakan keuntungan dan promo yang bombastis, Ruben semakin semangat dan memilih menambah lapak live streamingnya ke Shopee Live. Pengalamannya yang telah sering melakukan livestream bersama keluarga dan timnya, membuat Ruben semakin jeli untuk mencari tau lapak dengan kesempatan omzet yang lebih besar. Kemudahan interaksi dengan pengguna dan followersnya membuat Ruben suka dan memutuskan untuk mengadakan live streamingnya secara rutin.
Dengan hadirnya banyak promo, tentu menjadi jaminan yang mendorong lebih banyak pengguna untuk berbelanja. Maka dari itu, Ruben akan mengadakan live streaming di Shopee Live secara rutin hampir setiap hari yang dimulai pada tanggal 31 Juli mendatang melalui akun tokonya @bensmarket_official dengan promo fantastis yaitu Shopee Live, Semua Diskon 50%. Spesial sepanjang live streaming nanti, pengguna dapat belanja di Shopee Live dan menemukan beragam produk yang lengkap dan paling murah pada jam 8 - 10 malam. Produk favorit dari berbagai kategori, baik fashion dan beauty bisa pengguna dapatkan dan juga menikmati potongan harga yang besar-besaran. Tentu akan banyak kejutan yang dihadirkan Ruben maupun artis lainnya seperti Raffi Ahmad, dr. Richard Lee, dan Sarwendah bersama Shopee Live nantinya!
Sepertinya kesuksesan yang dicapai pada puncak kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale, di mana Raffi memecahkan rekor live streaming dengan total transaksi 7 Milyar memiliki efek domino yang luar biasa. Santernya berita tersebut tidak hanya menggemparkan dunia live streaming, tetapi juga membuat deretan artis melirik lapak di Shopee Live.
Sebagai sosok yang dapat disebut sebagai pebisnis ulung, tentunya Ruben ikut mengamati perkembangan live shopping yang saat ini kerap menjadi perbincangan di tengah masyarakat. Tidak hanya itu, pengamatan tersebut juga meliputi kondisi pasar khususnya terhadap fitur live streaming yang menjadi favorit saat ini untuk berbelanja, guna memperkuat strategi dan memanfaatkan peluang agar semakin cuan.
Lantas, seperti apakah sebetulnya kondisi pasar untuk fitur live streaming shopping di Indonesia tahun ini?
Diketahui, saat ini live streaming shopping merupakan magnet kuat untuk banyak pihak. Cara belanja baru yang interaktif memberi keuntungan bagi penjual untuk lebih dekat dengan konsumen, menghadirkan keseruan dan kesempatan untuk mengetahui lebih detail mengenai sebuah produk bagi pembeli dan membuka peluang baru bagi streamer dan deretan selebriti.
Sebagai pemain lama, Shopee, masih terus mempertahankan posisi di peta persaingan e-commerce di Indonesia, yang diikuti dengan TikTok Shop di urutan berikutnya. Mengutip juga dari laporan Momentum Works bertajuk ‘E-Commerce Southeast Asia 2023’, secara nilai transaksi bruto per e-commerce selama tahun lalu, Shopee masih jauh memimpin atau secara angka hampir 11 kali lipat dibandingkan e-commerce lainnya.
Posisi kuat Shopee pada peta persaingan e-commerce saat ini, nyatanya juga memberikan pengaruh signifikan pada realita pasar belanja live streaming shopping. Melalui riset dari Populix berjudul “ Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” terungkap bahwa Shopee Live merupakan platform live streaming yang paling disukai (66%), diikuti dengan TikTok Live (28%).
Hal ini selaras dengan paparan data dimana Shopee Live memiliki pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (56%), yang kemudian disusul oleh TikTok Live dengan persentase 30%. Sejalan dengan persebaran preferensi masyarakat Indonesia saat berbelanja melalui fitur live streaming, di mana salah satunya mencari Live Shopping dengan penawaran paling menarik.
Sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masih mengacu terhadap pencarian promosi atau penawaran menarik. Promo-promo yang paling menarik menurut masyarakat adalah gratis ongkir (91%), diskon (87%), cashback (65%), voucher belanja (47%), special bundle (34%), dan exclusive product launch (20%).
Dari data hasil riset di atas, bisa disimpulkan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming dengan harga paling murah, promosi dan gratis ongkir terbanyak, dan fitur live streaming yang menawarkan diskon hingga cashback paling besar.
Dengan preferensi penawaran menarik yang masih menjadi daya tarik utama bagi masyarakat Indonesia, dapat disimpulkan Shopee masih memimpin peta persaingan industri e-commerce, baik secara gambaran besar ataupun saat difokuskan pada fitur live streaming shopping.
Adanya data-data tersebut tentu saja membuat Ruben Onsu semakin terdorong untuk memutuskan berfokus pada live streaming dengan akun @bensmarket_official di Shopee Live mulai tanggal 31 Juli nanti. Kira-kira artis siapa lagi ya yang akan bergabung di Shopee Live?