Semenjak Hijrah, Ki Joko Bodo Hibahkan Tempat Praktik Klenik Jadi Masjid dan Dijadikan Tempat Pengajian

Reporter : Nur Ulfa
Selasa, 22 November 2022 18:23
Semenjak Hijrah, Ki Joko Bodo Hibahkan Tempat Praktik Klenik Jadi Masjid dan Dijadikan Tempat Pengajian
Tempat praktik Ki Joko juga dihibahkan

Dream - Refo, putra Ki Joko Bodo, melihat banyak perubahan positif yang dialami ayahnya semenjak memutuskan untuk berhijrah dan meninggalkan pekerjaannya sebagai paranormal.

" Iya memang itu sudah cukup lama ya, emang setelah umroh ayah berusaha untuk kembali ke agama Islam," kata Refo di kediamannya, Jakarta Timur, Selasa 22 November 2022.

Salah satu wujud perubahan yang dialami Ki Joko Bodo adalah kediamannya dijadikan tempat pengajian. " Iya rumah ini juga sekarang aktif juga pengajian dan segala kegiatan-kegiatan agama," tuturnya.

ki joko© dream

Selain itu, Ki Joko Bodo juga menghibahkan salah satu rumahnya yang dulunya dijadikan tempat praktik klenik untuk dibangun masjid, agar masyarakat sekitar bisa beribadah.

" Sebenernya itu bukan rumah, itu tempat praktiknya dulu, ada sih deket sini juga. Itu emang dihibahkan," tuturnya.

1 dari 8 halaman

Sebelumnya, Anak Ki Joko Bodo, Refo, mengungkapkan penyebab meninggalnya sang ayah. Katanya, paranormal hits itu meninggal dunia karena darah tinggi yang diidap sudah lama.

" Kalo sakit memang dari dulu memang udah ada penyakit bawaan. Cuma sebulan ini kambuh lagi dan seperti itu, ada darah tinggi," kata Refo di rumah duka, Selasa, 22 November 2022.

Ki Joko meninggal dunia pada Selasa pagi ini usai mandi. Refo pun tak menyangka ayahnya meninggal secara mendadak.

" Meninggalnya sebenernya waktu pagi tadi habis mandi. habis mandi kan biasanya keluarga jemur ayah, tiba tiba waktu dijemur udah enggak ada," ungkapnya.

Kendati demikian, adik Refo ternyata sudah merasakan firasat ayahnya meninggal lewat mimpi.

" Sebelum ayah meninggal, adikku cerita bahwa semalam itu dimimpiin ayah kalo ayah itu mau pergi. Tiba tiba aja emang bener bener pergi. adek sempet ada firasat," ucap dia.

2 dari 8 halaman

Kabar duka datang dari paranormal Ki Joko Bodo. Pria yang meiliki nama asli Agus Yulianto meninggal dunia pada Selasa 22 November 2022.

Informasi meninggalnya Ki Joko Bodo diketahui melalui status WhatsApp Ki Prana Lewu yang beredar di kalangan pewarta. Dalam statusnya, ia memajang potret Ki Joko Bodo.

Dalam unggahannya itu, ia mengenang hal-hal baik dari mendiang Ki Joko Bodo.

Masih Ingat Ki Joko Bodo? Dulu Jadi Paranormal Kondang, Begini Kabarnya Usai Berhijrah© DREAM.CO.ID

" Ga ad lg yg bs sy marahin klo Ig nakal, Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un...sy menjadi saksi bhw saat adzan tiba anda lari mencari tmpt utk Sholat...slamat tinggal Ki Joko Bodo," tulis Ki Prana Lewu dikutip dari laman Liputan6.com, Selasa 22 November 2022.

Masih Ingat Ki Joko Bodo? Dulu Jadi Paranormal Kondang, Begini Kabarnya Usai Berhijrah© DREAM.CO.ID

Ki Joko Bodo merintis karier sebagai paranormal. Belakangan, ia disebut-sebut bertobat. Namun, ia diketahui sudah pensiun dari kegiatan tersebut dan memutuskan hijrah pada 2014 lalu.

Ki Joko Bodo meninggal dunia di usia 57 tahun. Ketika masih menjadi paranormal, ilmu Ki Joko Bodo yang paling dikenal adalah Ilmu Gendam Putih.

3 dari 8 halaman

Dream - Ayda Prasasti menceritakan suka duka menjadi mantan paranormal Ki Joko Bodo. Ia mengaku bisa mengetahui banyak hal yang kadang tidak bisa diketahui oleh mayoritas orang.

" Ada senangnya, ada sedihnya. Senangnya kayak wawasannya luas. Maksudnya ketemu banyak orang. Terus tahu yang nggak dikenal banyak orang," kata Ayda Prasasti dikutip Dream dari YouTube FYP, Kamis 1 September

Ayda Prasasti anak Ki Joko Bodo© Ayda Prasasti anak Ki Joko Bodo

Foto: YouTube FYP

Selain itu, Ayda merasakan duka selama menjadi putri Ki Joko Bodo seperti pertanyaan orang yang mengenai rencana meneruskan karir ayahnya sebagai paranormal.

4 dari 8 halaman

" Dukanya banyak juga. Mungkin satu sering ditanyain gini, eh kenapa nggak nerusin ayah. Itu bagian dari duka sih," tuturnya.

Ayda juga membongkar fakta tentang ayahnya yang memiliki banyak istri bahkan di setiap provinsi ada istri.

Ayda Prasasti anak Ki Joko Bodo© Ayda Prasasti anak Ki Joko Bodo

Foto: YouTube FYP

" Terus mungkin punya banyak ibu yah. Kan katanya dari setiap provinsi ada," tutur Ayda Prasasti.

" Aku pernah nanya di videoku pada saat itu. Dia (Ki Joko Bodo) bilang, iya itu kan dulu," imbuhnya.

5 dari 8 halaman

Putri Ki Joko Bodo, Ayda Prasasti Paraningratu atau Sasti menceritakan pengalaman lucu saat naik ojek online. Kejadian berawal saay dia akan pulang ke rumah setelah bermain di rumah temannya. Sasti memesan ojek online untuk pulang ke rumahnya.

Mendekati rumahnya, abang Ojek online tersebut mengingatkan tentang rumah seram tak jauh dari lokasi yang akan mereka tuju. Abang Ojol itu tidak mengetahui kalau rumah yang dituju Sasti adalah rumahnya.

" Oke ini kejadiannya malam hari ketika aku baru pulang dari rumah sahabat aku. Nah mas-masnya kagak tahu nih rumahku kayak apa. Terus tiba-tiba di tengah jalan masnya bilang begini, 'Mbak rumahnya dekat sini mbak? Di sini kan ada rumah yang seram banget mbak, yang rumahnya paranormal. Hati-hati mbak, Hih takut" kata Sasti.

curhatan putri Ki Joko Bodo© curhatan putri Ki Joko Bodo

Mendengar ucapan si abang Ojol, Sasti hanya menjawab dengan ucapan iya karena diomongin itu adalah rumahnya.

" Gitu, se-lebay itu dah ngomongnya. Terus aku ngomongnya begini, 'Iya mas, iya mas'," ucap Sasti.

6 dari 8 halaman

Lantaran abang Ojolnya takut, Sasti berniat untuk tidak turun tepat di depan rumahnya karena merasa kasihan ke abang Ojol.

Tapi sang bunda memintanya untuk langsung turun di depan rumah dan dia tidak menolak permintaan ibunya.

" Terus sudah mau dekat rumah nih, aku mulai mencari cara agar turunnya enggak di depan rumah banget. Karena kasihan, masnya sudah ngomong kayak gitu terus sepanjang jalan. Terus tiba-tiba, ibu aku telepon bilang begini, 'Nak, nanti turunnya di depan rumah aja ya'. Aku enggak enak nolak dong. Akhirnya aku turun deh di depan rumah," ucapnya.

putri Ki Joko Bodo© putri Ki Joko Bodo

7 dari 8 halaman

Setelah sampai di depan rumah yang dianggap menyeramkan milik pranormal Ki Joko Bodo, abang Ojol tersebut meminta maaf. Abang ojol itu kaget dan tidak enak hati setelah percakapan saat di jalan tadi.

" Terus abang ojolnya terkejut dan terheran-heran. Terus beliau minta maaf terus menerus kepada aku, padahal aku nggak kenapa-napa. Sekian," tuturnya.

Cerita pengalaman Sasti naik Ojol pun langsung ramai dikomentari warganet.  Tak sedikit yang merasa kasihan kepada Ojol tersebut karena merasa malu.

" Yaampun ..Ojol nya pasti malu bgt itu. Ngebayangin dia bingung pas tahu rumahnya km dan km anaknya yang diceritain Ojol," kata akun @misscahyani.

" Bapaknya paranormal dan diomongin sama di abang Ojol, pas turun makin kaget ternyata rumahnya yang diomongin itu rumah ini cewe kakakaka sekian terma gaji," tulis akun @eriscaciw.

" Iya iya mba tahu udah cukup lucu bgt sampai jingkrak-jingkrak," kata akun @queenZa.

8 dari 8 halaman

Beri Komentar