Sempat Terseret Angin, Imam Darto Selamat dari Tragedi Mekah

Reporter : Kusmiyati
Sabtu, 12 September 2015 08:07
Sempat Terseret Angin, Imam Darto Selamat dari Tragedi Mekah
Penyiar stasiun radio dan pembawa acara televisi, Imam Darto yang sedang menjalankan ibadah haji dikabarkan selamat dari peristiwa jatuhnya alat berat di Masjidil Haram, Mekkah.

Dream - Penyiar stasiun radio dan pembawa acara televisi, Imam Darto yang sedang menjalankan ibadah haji dikabarkan selamat dari peristiwa jatuhnya alat berat di Masjidil Haram, Mekah.

Kabar ini diperoleh dari manager Darto, Renggo. " Saat kejadian itu saya segera menghubungi Darto, Alhamdulillah dia baik-baik saja," katanya, Sabtu 12 September 2015.

Saat kejadian tersebut posisi Darto sedang tidak bersama istri, Tika dikarenakan sedang berhalangan. Sementara Darto ikut rombongan ke sana.

" Sekitar waktu salat Ashar, alarm hotel berbunyi. Orang-orang pun keluar dari kamar hotel dan seketika bunyi petir menggelegar. Melihat ke arah kaca, ternyata badai pasir datang bersamaan dengan hujan yang sangat deras," kata Tika.

Tika yang panik langsung berusaha menghubungi suaminya, namun tidak mendapat jawaban. Dirinya sempat khawatir karena melihat banyaknya orang yang sudah ditandu.

" Pas mau tawaf, Darto melihat awan badai penuh pasir di atas Kakbah. Saat mau pulang ke hotel, ia sudah terkena badai. Darto sempat jatuh terseret angin. Alhasil barang bawaan hilang semua. Badan pun basah kuyup. Tapi Alhamdulillah Darto selamat," ujar Tika.

Menurut mereka, sejak tiga hari yang lalu kawasan Jeddah, Mekah, dan Madinah memang diterpa badai pasir dan angin kencang.

1 dari 6 halaman

Kisah Jemaah Indonesia yang Selamat dari Tragedi Mekah

Dream - Terjatuhnya crane di Masjidil Haram, Mekah, Jumat, 11 September 2015 waktu Arab Saudi mengundang duka yang mendalam. 

Salah seorang jemaah calon haji yang selamat membagikan kisahnya kepada Dream. Jemaah asal Indonesia bernama Suwandi Ahmad yang pergi haji bersama sang istri Meyrinda selamat dari tragedi berdarah itu.

" Pada sekitar jam 17.20 WAS hujan deras di Masjidil Haram dan sekitarnya. Tak lama kemudian ada crane yang patah," tulisnya melalui pesan singkat kepada Dream.

Patahan crane tersebut kemudian jatuh dan terlempar menimpa jemaah yang sedang thawaf (mengelilingi Ka'bah) dan salat di lantai dasar masjid. Tepatnya, di belakang maqom Nabi Ibrahim.

" Puluhan jemaah tampak terluka, darah berceceran di mana-mana. Saya melihat jemaah ditandu petugas keluar masjid," tulisnya.

Hingga saat Maghrib, hujan deras masih terus berlangsung. Kondisi itu menyebabkan banyak genangan di lantai dasar, yaitu lantai 1 dan lantai 2. Ratusan petugas berbaju hijau segera membersihkan genangan air, sisa reruntuhan crane serta bekas patahan crane.

" Jemaah kemudian dilarang mengambil foto lokasi kejadian," tulisnya.

Dia meminta bantuan doa masyarakat di Indonesia. Dia berharap keadaan yang berlangsung di Arab Saudi itu segera membaik.

" Semoga keadaan segera normal kembali," harapnya.

2 dari 6 halaman

Detik-detik Jatuhnya Crane di Masjidil Haram, 65 Tewas

Detik-detik Jatuhnya Crane di Masjidil Haram, 65 Tewas

Dream - Sebanyak 65 jemaah haji dilaporkan tewas dan 150 lainnya mengalami luka-luka setelah derek atau crane raksasa jatuh menimpa Masjidil Haram di kota suci umat Muslim, Mekah, Arab Saudi.

Suwandi Ahmad, salah satu jemaah haji asal Indonesia menceritakan detik-detik jatuhnya crane merah besar itu di belakang maqom (prasasti jejak kaki) Nabi Ibrahim AS.

" Alhamdulillah berkat doa semuanya, kami berdua -saya dan Meyrinda, istri- selamat tidak kurang suatu apa," ujar Suwandi dalam perbincangan dengan Dream.co.id, Jumat malam 11 September 2015.

Seperti apa peristiwa mencekam itu? Berikut detik-detik jatuhnya crane di Masjidil Haram berdasarkan kesaksian Suwandi Ahmad:

- Sekedar info, sekitar jam 17.20 waktu Makkah, ada angin kencang disertai hujan deras di Masjidil Haram dan sekitarnya. Tak lama kemudian, ada crane yang patah.

- Patahan ada yang terlempar menimpa jamaah yang sedang thawaf dan sholat di lantai dasar Masjid.

- Tepatnya di belakang Maqom (bukan makam) Nabi Ibrahim.

- Puluhan jamaah tampak terluka, darah berceceran di mana-mana. Saya melihat beberapa jamaah ditandu petugas keluar masjid.

- Hujan deras terus berlangsung sampai menjelang Maghrib. 
Banyak genangan di lantai dasar, lantai 1 dan lantai 2 Masjid.

- Ratusan petugas berbaju hijau segera membersihkan Masjid dari air, sisa reruntuhan crane serta barang-barang yang berceceran di Masjid.

- Ratusan Askar tampak mengamankan pintu-pintu serta bekas patahan crane. Jamaah dilarang mengambil foto lokasi kejadian.

3 dari 6 halaman

Teka Teki Penyebab Robohnya Crane

Teka Teki Penyebab Robohnya Crane

Dream - Juru bicara kepresidenan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Mohammed Al-Mansouri menyatakan insiden jatuhnya crane raksasa di Masjidi Haram, Mekah, Arab Saudi diduga akibat badai pasir, angin, hujan lebat. Insiden ini sendiri telah merenggut nyawa ratusan jemaah haji.

Menurut Al-Mansouri pihaknya saat ini berusaha keras mendalami terjadinya musibah dan bertindak cepat dalam menangangi dampak dari insiden tersebut.

Bahkan Putra Mahkotra Mohammed bin Naif Abdulaziez serta Penasihat Penjaga Dua Masjid Suci dan Gubernur Mekah Pangeran Khalid Al-Faisal bin Abdulaziz akan terus memantau situasi dan kondisi terkini dari insiden tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, otoritas terkait menyampaikan belasungkawa terhadap jemaah haji yang menjadi korban meninggal serata berharap kesembuhan bagi korban cedera.

4 dari 6 halaman

Tragedi Mekah, Saudi: 65 Jemaah Haji Tewas, 150 Luka

Tragedi Mekah, Saudi: 65 Jemaah Haji Tewas, 150 Luka

Dream - Setidaknya 65 orang tewas setelah derek atau crane raksasa jatuh menimpa Masjidil Haram di kota suci umat Muslim, Mekah, Arab Saudi.

Seperti dilansir BBC.co.uk, Jumat 11 September 2015, Otoritas Pertahanan Sipil Arab Saudi menyebut 65 orang dilaporkan tewas dan lebih dari 150 orang terluka dalam kecelakaan itu.

Tidak diketahui apa yang menyebabkan kecelakaan, tetapi gambar dari adegan menunjukkan bagian dari crane berwarna merah itu telah jatuh melalui atap masjid.

Ratusan ribu orang diperkirakan akan tiba di kota Saudi dari seluruh dunia akhir bulan ini untuk menjalankan ibadah haji.

Pemerintah Saudi mulai ekspansi besar-besaran Masjidil Haram sejak tahun lalu. Renovasi ini dilakukan untuk mengatasi angka jemaah haji yang terus tumbuh setiap tahun.

Crane yang runtuh saat salat magrib itu merupakan bagian dari pekerjaan konstruksi berlangsung di lokasi.

5 dari 6 halaman

Video Crane Raksasa Menimpa Para Jemaah Haji di Masjidil Haram

Video Crane Raksasa Menimpa Para Jemaah Haji di Masjidil Haram

Dream - Angin kencang yang melanda Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi mengakibatkan satu unit crane terjatuh dan menimpa Masjidil Haram.

Seperti dilaporkan Daily Star, lebih dari 52 jemaah haji meninggal dunia di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. Puluhan lainnya dilaporkan mengalami luka-luka.

 

6 dari 6 halaman

Hujan Deras Sebelum Terjadinya Tragedi Mekah

Hujan Deras Sebelum Terjadinya Tragedi Mekah

Dream - Video ini menunjukkan kondisi Masjidil Haram yang diguyur hujan deras dan angin badai. Jemaah tetap menjalankan ibadah salat Maghrib. Hujan deras dan badai itu mngakibatkan runtuhnya crane penyangga sarana renovasi Masjidil Haram. 

Saksikan video kondisi Mekah beberapa waktu sebelum peristiwa mengenaskan yang menewaskan puluhan jemaah. 

 

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak