Sudut Film Dilan `Sapa` Masyarakat Bandung

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Minggu, 24 Februari 2019 12:28
Sudut Film Dilan `Sapa` Masyarakat Bandung
Area yang berada di GOR Saparua, Bandung, baru saja diresmikan oleh pemda Jawa Barat.

Dream – Kota Bandung kini memiliki wahana wisata baru yaitu taman yang diberi nama 'Sudut Film Dilan'. Tempat ini menambah koleksi spot-spot menarik di kota tersebut.

Destinasi ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Peresmian ini sekaligus menandai pergantian nama 'Taman Dilan' menjadi 'Sudut Film Dilan' dan akan difungsikan sebagai ruang literasi publik.

" Saya revisi namanya bukan Taman Dilan, namun Sudut Film Dilan sebagai tempat interaksi dan aktivitas anak-anak muda,” kata Ridwan saat peresmian di depan GOR Saparua, Bandung, Jabar, Minggu 24 Februari 2019.

Ridwan mengatakan film Dilan 1991 merefleksikan dua nilai sastra, yaitu novel dan film. Sudut Film Dilan akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung literasi seperti perpustakaan dan meja untuk membaca buku. Beberapa koleksi buku adalah karya dari penulis novel Dilan, Pidi Baiq. 

Tak hanya membaca, pengunjung juga bisa berfoto. Nantinya, di tempat itu dibangun area khusus sebagai memorabilia dari film garapan Max Pictures tersebut.

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla mewakili para pemain 'Dilan 1991'.

" Nanti kalau sudah dibangun nggak cuma ada taman saja tapi masyarakat Bandung bisa ke sini baca buku dan bisa terinspirasi nulis buku seperti ayah (Pidi Baiq) dan bikin film juga," kata Iqbaal.

1 dari 1 halaman

Jamu Pemain Dilan 1991, Ridwan Kamil: Antusiasme Luar Biasa

Dream – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengajak para pemain 'Dilan 1991' untuk sarapan bareng di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat pagi ini. Jamuan ini untuk menandai peresmian 'Hari Dilan' yang ditetapkan jatuh pada 24 Februari 2019.

Ridwan mengatakan antusiasme masyarakat rupanya sangat tinggi terhadap kisah cinta remaja Dilan dan Milea. Bahkan, tiket gala premiere film ini sudah sold out jauh hari.

" Itulah mengapa disebut Hari Dilan, tiket spesial Rp10 ribu, sudah sold out. Banyak yang protes karena tidak kebagian. Antusiasmenya luar biasa," kata Ridwan Kamil.

Para pemain 'Dilan 1991' lalu berangkat dari Rumah Dinas Gubernur ke Taman Saparua menggunakan bus Bandros. Mereka bersama Ridwan meresmikan museum 'Sudut Film Dilan'.

 Pemain Dilan 1991Pemain Dilan 1991 © dream.co.id

Para pemain dan kru 'Dilan 1991' menghadiri jamuan sarapan bersama Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (Foto: Dream.co.id/Annisa Mutiara Asharini)

Selanjutnya, mereka melakukan Convoy Dilan menggunakan 1.000 motor dan sepeda menuju Cihampelas Walk (Ciwalk) untuk gala premiere serta menyapa para penggemar.

Seperti diketahui, tiket gala premiere 'Dilan 1991' di Bandung ludes terjual sebanyak 80 ribu tiket. Menariknya, hanya dipatok Rp10 ribu per tiketnya.

" Ini merupakan kombinasi novel yang luar biasa dengan sinematografi. Kami berharap kesuksesan itu menjadi kenyataan berikutnya di hari ini," kata dia.

Beri Komentar
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam