Bebas dari Penjara, Ini yang Dilakukan Ahmad Dhani dan Mulan di Malam Tahun Baru

Reporter : Nur Ulfa
Selasa, 31 Desember 2019 16:30
Bebas dari Penjara, Ini yang Dilakukan Ahmad Dhani dan Mulan di Malam Tahun Baru
Ini kali pertama Dhani kumpul bersama keluarganya

Dream - Setelah sebelas bulan mendekam di penjara, Ahmad Dhani akhirnya bisa merayakan malam pergantian tahun bersama keluarga. Ya, pentolan Dewa 19 itu memang telah keluar dari jeruji besi pada Senin 30 Desember 2019.

" Malam tahun baru tahun ini cukup spesial karena baru pertama kali ini kami kumpul satu rumah. Sudah lama sekali juga kami enggak kumpul serumah," kata Ahmad Dhani di kediamamnya, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Kebahagiaan Ahmad Dhani semakin bertambah. Sebab, dia bisa merayakan ulang tahun dengan kelima anaknya. Tiga anak hasil pernikahannya dengan Maia Estianty, Al, El, dan Dul. Ada pula dua anak hasil pernikahannya dengan Mulan Jameela, Shafea dan Muhammad Ali.

" Dulu kan pas tahun baru zaman Al, El, Dul, kami tahun baru di atas rumah, itu belum ada Safea, belum ada Muhammad Ali. Sekarang lima-limanya ada," tutur Dhani.

Pada malam tahun baru kali ini, Ahmad Dhani dan keluarganya tidak akan menggelar pesta besar-besaran. Dhani dan keluarga hanya makan malam bersama dengan bakar-bakar ayam dan main kembang api.

1 dari 5 halaman

Ahmad Dhani: Penjara Itu Anugerah Allah, Terima Kasih Sudah Laporin Saya

Dream - Ahmad Dhani mengaku mendapat banyak pengalaman selama sebelas bulan mendekam di Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Dia bahkan mengatakan bahwa pengalaman yang didapat sanatlah berharga.

" Statement saya hari ini, saya cuma mengucapkan dua kalimat saja bahwa selain keluarga saya, penjara itu adalah anugerah terbaik dari Allah SWT," kata Ahmad Dhani di kediamannya, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin 30 Desember 2019.

Dhani bersyukur karena mendapat banyak pengalaman selama berada di dalam penjara. Oleh karena itulah pentolan Dewa 19 itu sangat berterima kasih kepada orang yang melaporkannya je polisi.

" Jadi saya mengucapkan terima kasih kepada pelapor, terima kasih kepada polisi, jaksa, dan hakim, yang telah membuat saya terpenjara. Ini adalah anugerah luar biasa," tutur Dhani.

" Saya Ahmad Dhani berterima kasih kepada mereka semua karena telah membuat saya dipenjara," tambah Ahmad Dhani

2 dari 5 halaman

Baru Bebas, Ahmad Dhani Bakal Jalani Hukuman Percobaan

Draem - Masa hukuman yang dijalani musisi Ahmad Dhani di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang, Jakarta Timur baru saja usai. Tetapi, Dhani juga mendapat hukuman penjara selama enam bulan atas kasus ujaran idiot. 

" Pidana kedua (Ahmad Dhani) akan dijalani dimulai pada tanggal 30 Desember 2019," ujar Kabag Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Permasyarakatan Ade dilaporkan , Senin 30 Desember 2019.

Dhani terjerat dua kasus pidana. Pertama, pidana terkait ujaran kebencian lewat media sosial Twitter.

Kasus ini berawal dari laporan Jack Boyd Lapian pada 9 Maret 2017. Atas kasus ini, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis Dhani dengan sanksi pidana penjara 1,5 tahun

Dhani lalu mengajukan banding dan dikabulkan oleh Melalui Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta. Masa hukuman Dhani dikurangi menjadi menjadi 1 tahun.

Vonis tersebut telah dijalani Dhani. Pada hari ini, Dhani bisa menghirup udara bebas untuk kasus pertama.

" Dhani dibebaskan karena telah habis menjalani masa pidana pertamanya selama 1 tahun dengan Keputusan MA No. 2048K/PID.Sus/2019 tanggal 28 / 01 /219 dan mendapatkan remisi umum susulan 2019 sebesar 1 bulan," ucap Ade, dilaporkan Antara.

 

3 dari 5 halaman

Kasus Ujaran Idiot

Pidana kedua yang melibatkan Dhani yaitu pelanggaran UU ITE. Dia dilaporkan aktivis Koalisi Bela NKRI.

Dhani dinilai meleparkan makian dalam sebuah vlog ketika suami Mulan Jameela itu menghadiri deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya, 26 Agustus 2018.

Pada vlog tersebut, Dhani melontarkan ucapan 'idiot', ditujukan kepada pihak-pihak yang tidak setuju dengan gerakan ganti presiden.

Dhani divonis 1 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya. Tapi, Pengadilan Tinggi Jawa Timur meringankan hukuman Dhani menjadi hukuman percobaan selama 6 bulan.

Ade mengatakan Dhani akan menjalani pidana percobaan hingga 29 Juni 2020. " Pidana percobaan itu akan diawasi Kejari Surabaya," kata Ade.

4 dari 5 halaman

Dul Jaelani Sempat Terjatuh Saat Jemput Ahmad Dhani

Dream - Kebebasan bersyarat Ahmad Dhani disambut bahagia keluarga serta para penggemar dan relawan yang sudah memadati Rutan Cipinang, sejak pagi tadi, Senin, 30 Desember 2019.

Selain sang istri, Mulan Jameela, anggota keluarga Ahmad Dhani yang hadir adalah ketiga putranya, Ahmad Al Ghazali, Ahmad El Jallaludin, dan Abdul Qadir Jaelani.

Jurnalis Dream yang hadir di Rutan Cipinang menyaksikan langsung padatnya proses penyambutan kebebasan Ahmad Dhani. Puncaknya terjadi sekitar pukul 9.30 WIB, kala pentolan grup band Dewa itu keluar dari Rutan. 

Relawan, penggemar, dan para keluarga langsung menghampiri Ahmad Dhani.

Banyaknya orang yang menjemput membuat putra ketiga Dhani, Dul Jaelani sempat terjatuh karena terdorong gelombang massa yang datang. Badan Dul yang tersungkur bahkan sempat menimpa awak media yang juga sudah sejak pagi menunggu Ahmad Dhani.

Beruntung refleks Dul cukup baik sehingga dia bisa langsung bangun dan menghampiri ayah serta kedua kakak. Mereka semua langsung menaiki sebuah mobil bak terbuka.

Di atas mobil tersebut, Ahmad Dhani bersama keluarga dan para pendukung langsung konvoi keliling Jakarta. Perjalanan akan berakhir di kediaman Ahmad Dhani di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Ahmad Dhani mendekam 11 bulan di Rutan Cipinang akibat kasus ujaran kebencian dan vlog idiot. 

5 dari 5 halaman

Mulan Datang dengan Hijab Warna Pink

Dream - Mulan Jameela turut menjemput Ahmad Dhani di Rumah Tahanan Cipinang, Jakarta Timur. Vonis penjara yang dijalani Dhani resmi berakhir pada Senin, 30 Desember 2019.

Mulan tampil dalam balutan gamis dan hijab warna pink. Penyanyi yang juga anggota DPR RI tersebut tampak enggan berbicara mengenai kekebasan sang suami. 

Saat tiba di Rutan Cipinang, Mulan langsung masuk ke gedung. Dia hanya tersenyum kepada awak media.

 Ahmad Dhani Bebas© Dream.co.id

Selain Mulan, ada ratusan pengemar dan relawan yang turut menyambut bebasnya Dhani.

Dhani keluar dari Rutan Cipinang sekitar pukul 09.30 WIB. Para penggemar dan relawan yang juga didominasi ibu-ibu mengawal Dhani sampai ke kediamannya di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Parkiran Rutan juga diwarnai dengan lagu-lagu milik Ahmad Dhani. Banyak spanduk yang dibawa para penggemar untuk memyambut kebebasan suami Mulan Jameela itu.

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup