Inilah Pemeran Habibie Muda di Film Habibie & Ainun 3

Reporter : Nur Ulfa
Jumat, 27 September 2019 12:36
Inilah Pemeran Habibie Muda di Film Habibie & Ainun 3
Reza Rahadian tetap menjadi Habibie muda

Dream - Sutradara Hanun Bramantyo kembali memilih aktor Reza Rahardian untuk memerankan karakter Bacharuddin Jusuf Habibie dalam film terbaruny, Habibie & Ainun 3. Di film tersebut, wajah Reza akan dipermak akan terlihat lebih muda .

Wajah Reza sengaja dibuat lebih muda karena karakter Habibie yang akan dimainkan kali ini adalah sosok remaja. Film ini sendiri mengangkat perjalanan hidup Ainun sewaktu menjadi pelajar Sekolah Menengah Atas.

" Teknisnya sih sederhana, itu dibuat oleh orang Indonesia," ujar Hanung Bramantyo sutradara film Habibie dan Ainun 3 di kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis, 26 September 2019.

Dalam praktiknya, Hanung telah mengantongi dua teknik mengubah sosok Reza menjadi sangat muda. Nantinya, wajah Reza akan diterapkan pada tubuh seorang remaja. 

" Terus mukanya Reza kita satuin," jelasnya

Untuk melakukan teknik tersebut, Hanung akan menerapkan teknologi CGI untuk proses pembuatan wajah Reza.

Keputusan Hanung ternyata sempat membuat sang produser, Manooj Punjabi, sempat khawatir. Manooj bahkan sempat mengusulkan agar suami Zaskia Adya Mecca memilih aktor muda yang memiliki wajah mirip Reza. 

" Masalahnya ngga ada. Siapa aktor muda yang mirip dan bisa bermain sebagai  Habibie," jawab Hanung kala itu.

Rencananya Hanung akan menggunakan seorang remaja asal Yogyakarta untuk memerankan karakter Habibie saat berstatus pelajar SMA. (Sah)

1 dari 7 halaman

2 dari 7 halaman

Cerita Haru Najwa Shihab Saksikan Tangisan Terakhir BJ Habibie

Dream - Najwa Shihab menceritakan kenangan dengan BJ Habibie. Najwa mengatakan bahwa sosok tokoh favoritnya Adalah BJ Habibie.

Dia merasa beruntung kerap bertatap muka dan berkesempatan berbincang membahas tentang cinta, demokrasi, teknologi, hingga rencananya untuk anak negeri dengan BJ Habibie.

" Setiap kali ditanya siapa tokoh favorit yang pernah diwawancara, jawaban saya tidak pernah berubah. Bacharudin Jusuf Habibie. Dan saya beruntung dapat banyak sekali kesempatan berbincang dengan Eyang Habibie," tulis Najwa Shihab dikutip Dream, Kamis 12 September 2019.

" Soal cinta, demokrasi, tekhnologi, Indonesia yang berdikari dan harapannya untuk anak-anak muda negeri" .

 najwa shihab

Najwa mengatakan sudah 10 episode BJ Habibi hadir dalam program yang dia bawakan. Setiap episode, diakui Najwa, selalu dipenuhi hal yang berarti dalam hidupnya. Kedekatan mendiang Habibie dengan sang ayah, Quraish Shihab, membuat Najwa merasa hubungannya dengan BJ Habibie bukan sekadar wartawan dan narasumber.

" Tapi lebih dari itu,"  kata dia.

Dalam unggahannya, Najwa menceritakan sempat melihat Habibie menangis saat dia membesuk tokoh idolanya tersebut bersama ayahnya, Quraish Shihab.

Dalam kunjungan itu Najwa mengaku melihat BJ Habibie menetskan air mata saat sang ayah membisikan sesuatu ke telinganya. Melihat momen itu, hati Najwa Shihab langsung pecah teriris.

" Saya menyaksikan ketika #AbiQuraish memegang tangan dan berbisik ke telinga Eyang Habibie, “ Berkah ilmu Pak Habibie yang akan melapangkan jalan Bapak nanti..” Eyang memang sudah tidak bisa menjawab tapi matanya masih bergerak-gerak tanda mengerti, dan tidak lama kemudian Eyang menangis. Amblas rasanya hati saya,"  kata dia.

 

3 dari 7 halaman

Sosok Habibie

Najwa mengaku langsung mengonfirmasi atas kabar meninggalnya Habibie Kepada dokter yang merawatnya. Dia baru percaya Habibie meninggal usai mendengar langsung dari sang dokter.

" Jam 18.06 pesan singkat itu masuk. “ Innalillahi wa inna ilahi rojiun. Telah wafat Bapak BJ Habibie”. Saya yang saat itu sedang berada di Studio TRANS7 untuk persiapan LIVE mata Najwa episode KPK, langsung menghubungi Dokter Vireza untuk mengonfirmasi info itu" .

" Dan benar, tepat jam 18.03 Eyang Habibie berpulang, “ Saya sendiri yang tadi memeriksa kondisi dan mengumumkan jam wafatnya ini Mbak Nana” kata Dokter Vireza,"  sambungnya.

Menurut wanita berusia 41 tahun ini dia mengibaratkan sosok Habibie seperti cinta. Cintanya kepada istrinya Ainun sampai cinta kepada bangsa Indonesia.

" Habibie adalah cinta. Ia pencinta yang penuh seluruh. Cintanya pada Ainun selalu sungguh, cintanya pada Indonesia tak pernah luruh. Cinta pulalah yang membuat saya memilih foto-foto ini untuk mengenang Eyang Habibie. Saat ia sedang tertawa dengan mata jenakanya yang khas. Saat ia dengan ringannya berkata di Mata Najwa,: imbuhnya.

Diakhir kalimat, Najwa mengutip perkataan romantis Habibie untuk Ainun saat meninggal. Dia tidak pernah takut mati lagi karena istrinya akan menemaninya.

Saya tidak lagi takut mati karena andaikan sampai waktunya nanti, Saya tahu yang akan menemui Saya pertama adalah Ainun”. Untuk Bacharudin Jusuf Habibie tercinta, selamat terbang menuju keabadian," .

4 dari 7 halaman

Tangis Putra BJ Habibie Saat Teringat Almarhum Sang Ayah

Dream - Putra pertama BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, menangis saat melihat trailer film Habibie Ainun 3. Dia bahkan sempat tidak bisa berkata-kata karena sangat terharu.

" Terus terang saya nangis, berat rasanya melihat itu semua," ujar Ilham Akbar di Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis 26 September 2019.

Meski demikian, Ilhaam akhirnya bisa menenangkan diri. Dia berterima kasih kepada Produser Habibie Ainun, Manoj Punjabi, karena bisa merangkum cerita kehiduapn orang tuanya lewat sebuah film. 

 Ilham akbar

" Sebelumnya melihat dari skuel, apa yang dibuat oleh Manoj dan tim itu kan satu akumulasi dari satu kehidupan dalam waktu tiga menit bukan buat saya pribadi tapi keluarga juga semuanya yang dekat dengan bapak," katanya.

Menurut Ilham, film ini bisa menjadi salah satu pengingat betapa kehidupan pribadi Habibie menginspirasi banyak orang.

" Jadi film ini dan film sebelumnya itu adalah bagian dari pada bagaimana kita sebagai bangsa dan keluarga ingat kepada  bapak," kata dia.

" Saya selalu katakan, jejak warisan dan solat itu besar sekali, saya kira film seperti ini adalah bagian dari pada bagaimana bisa diabadikan," tambah Ilham Habibie.

5 dari 7 halaman

Saat BJ Habibie Muda Sholat di dalam Gereja untuk Doakan Orangtua

Dream - Wafatnya Presiden RI ke-3, BJ Habibie, meninggalkan kesedihan yang mendalam di hati rakyat Indonesia.

Dari suku, agama, daerah dan ras apa pun, semuanya ikut berduka atas meninggalnya BJ Habibie.

Kisah kehidupan pria berjuluk Mr. Crack itu pun banyak diburu untuk dijadikan sebagai inspirasi.

Selain kisah romantis bersama sang istri tercinta, Hasri Ainun Habibie, ada cerita menarik saat dia masih sangat muda. Cerita saat BJ Habibie muda menempuh pendidikan di Jerman dan terpaksa mengerjakan sholat di sebuah gereja.

Habibie menuturkan bahwa saat itu waktu sedang musim dingin dan mendekati Hari Natal. Dalam kondisi tersebut, dia malah kehabisan uang dan sangat rindu dengan orangtuanya.

Untuk mengobati rindu, Habibie bermaksud ingin mengerjakan sholat untuk mendoakan orangtuanya. Namun, di tempatnya belajar tidak ada satu pun masjid. Yang ada hanyalah gereja.

" Di tempat saya belajar, itu tidak ada masjid. Itu daerah Katolik, benar daerah Katolik. Gereja Protestan hanya satu, semua Katolik," kata Habibie.

6 dari 7 halaman

Sholat di dalam Gereja

Karena tidak ada pilihan, Habibie yang saat itu berusia sekitar 17 tahun langsung masuk ke dalam salah satu gereja yang ada.

" Di depan gereja saya bilang, 'Tuhan, gedung ini dibuat oleh manusia yang cinta pada-Mu. Saya juga cinta pada-Mu Tuhan dan saya yakin hanya ada satu Tuhan yang Maha Esa," kata Habibie dalam sebuah wawancara yang diunggah akun Fimela Media tahun 2016.

Habibie mengaku tidak merasa terganggu dengan ornamen-ornamen yang di dalam gereja. Karena tujuannya hanya ingin sholat mendoakan orangtuanya.

" Perkenankanlah saya masuk ke ruangan ini dan berdoa pada-Mu, untuk orangtua saya dan kawan-kawan saya. Perkenankanlah."

7 dari 7 halaman

"Saya Allahu Akbar"

Pria yang wafat di usia 83 tahun ini kemudian duduk di bangku paling belakang dan mengerjakan sholat di sana.

" Saya di bangku terakhir duduk, walau sini (perut) keroncongan, saya Allahu akbar (melakukan salat), begitu," katanya.

BJ Habibie dikenal sebagai sosok yang ramah dan tidak memilih dalam berteman. Dia dikenal dekat dengan Romo Yusuf Bilyarta Mangunwijaya, tokoh Katolik yang akrab dipanggil Romo Mangun.

Romo Mangun pernah memberikan saran soal Timor Timur pada tahun 1998, saat BJ Habibie menjabat sebagai Presiden RI ke-3.

Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik