Via Vallen Diserang Fans KPop IU Karena Video Klip Baru, Ini Kata Label Rekaman

Reporter : Syahid Latif
Sabtu, 24 Oktober 2020 13:40
Via Vallen Diserang Fans KPop IU Karena Video Klip Baru, Ini Kata Label Rekaman
Label rekaman Ascada Musik menjelaskan soal video klip Via Vallen fest Dyrga Dadali yang dituding menjiplak klip dari artis KPop, IU. Apa jawabannya?

Dream - Ascada Musik, pihak label rekamanan yang memproduksi single terbaru Via Vallen feat Dyrga Dadali mengaku tak mengetahui jika video klip Kasih Dengarkanlah Aku mirip dengan music video (MV) dari artis KPop, IU.

Pernyataan tersebut disampaikan manajemen Ascada Musik setelah video klip tersebut ramai dituding menjiplak MV dari UI. Fans dari artis Korea itu juga ramai-ramai menyerang Via Vallen.

Dalam keterangan resmi yang juga diterjemahkan dalam bahasa Inggris, manajeman Ascada lewat unggahan di Instagram dengan akun @ascada_id, menyampaikan seluruh konsep video klip ditawarkan oleh pihak sutradara.

 

1 dari 5 halaman

Via Vallen dan Dyrga Dadali Tak Tahu Menahu

Hasil akhir dari video klip yang dituduh mirip dengan video klip lain juga sama sekali tidak diketahui oleh pihak manajemen.

" Pihak manajemen sedang meminta klarifikasi dari pihak sutradara," tulis Ascada dalam keterangannya.

Manajemen Ascada juga memastikan, para artis, seperti Via Vallen dan Dyrga Dadali, yang terlibat dalam pembuatan video klip ini hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruhnya diserahkan kepada sutradara.

" Kedua artis tersebut tidak turut serta dalam menentukan konsep idea video klip," tegas Ascada.

 

2 dari 5 halaman

Malah Bikin Netizen Heran

Unggahan manajemen Ascada tersebut membuat banyak netizen menjadi keheranan. Sebanyak besar warganet heran pihak label rekamanan sama sekali tak mengetahui konsep video klip yang mau dibuat.

" Wah begitu? Kok bisa gatau? Masa sih pihak management sama sutradara ga breafing dulu soal ide konsep mv nya dari mana, hebat sekali :)," komentar akun @ris.k.here.

Ada pula netizen yang menyarankan agar video klip tersebut diturunkan dari Youtube.

" What's Uaena (IU's fans) want regarding this plagiarism issue: 1. Take down the MV. 2. Make an apology to IU & her team (also to the director). 3. Don't do this things again to your artist, your artist has a big name on this industry," tulis @ratnajuliarti.

Usul serupa juga disampaikan netizen lain dengan menyontohkan kasus serupa yang pernah dilakukan artis Elaine Ho saat merilis lagi " To Love or Not" yang meniru konsep MV IU juga yang berjudul " Pallete" .

" DAN boleh silahkan dicek sekarang videonya sudah di takedown oleh pihak produsen musiknya. Jadi mohon untuk pertanggungjawabannya, jangan cuma menghapus kolom like dan dislike dari video Youtube saja, tapi SEKALIAN videonya ditakedown. Terima kasih dan selamat malam," tulis akun @ourheartfelt.

3 dari 5 halaman

Penjelasan Laber Rekaman Klip Via Vallen© Instagram @ascada_id

(Foto: Instagram @ascada_id)

4 dari 5 halaman

Via Vallen: `Jujur Aku MALU banget`

Dream - Via Vallen menyampaikan permohonan maaf kepada penggemarnya dan fans artis KPop, IU, terkait video klip terbarunya yang dituding menjiplak klip penyanyi asal Negeri Ginseng itu. Akibat video tersebut Via dikabarkan diserang fans IU dari seluruh dunia.  

Lewat unggahan insta stories akun Instagramnya, Via baru menyadari jika video klip dari single terbarunya sangat mirip dengan MV (Music Video) dari IU.

" Aku minta maaf soal MV terbaru aku yang ternyata memang muiripp bangett sama MVnya IU," tulis Via, Sabtu, 24 Oktober 2020.

Seperti diketahui Via baru saja merilis single baru berjudul Kasih Dengarkanlah Aku, hasil kolaborasi dengan Dyrgda Dadali. Klip tersebut diketahui baru dirilis 19 jam yang lalu oleh Ascadamusik dan menduduki rangking 40 di daftar video terpopuler Youtube.

 

5 dari 5 halaman

Penyanyi asal Sidoarjo itu memastikan tak ada unsur kesengajaan dalam pembuatan video klip tersebut. Dia juga menegaskan bukan penggemar sejati KPop.

" Jd gak banyak tau soal MV kpop, (Kebanyakan MV kpop yg aku liat cm punya blackpink doang)" tulisnya.

Via juga memastikan akan langsung menolak membuat konsep video klip single terbarunya itu jika diketahui menjiplak karya orang lain. " Sudah pasti 100 % bakalan minta ganti konsep,"

Bahkan dengan sadar Via mengakui malu dengan kejadian yang dialami dengan video klip tersebut. " Jujur aku MALU banget pas tau," tulis Via sambil memberikan emoji wajah lesu.

Dengan permohonan maaf ini, Via juga berjanji akan langsung meminta menurunkan video klip tersebut. Dia berharap kejadian ini akan menjadi pembelajaran ke depan agar tak terulang lagi.

" Sekali lagi, dr lubuk hati yg paling dalam, aku mohon maaf yg sebesar besarnya," tulisnya.

Via Vallen minta maaf© Instagram @viavallen

(Foto: Instagram @Viavallen)

Beri Komentar