6 Fakta Afridza Munandar, Pembalap Indonesia Meninggal di Sirkuit Malaysia

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Senin, 4 November 2019 11:30
6 Fakta Afridza Munandar, Pembalap Indonesia Meninggal di Sirkuit Malaysia
Dunia balapan motor Indonesia berduka, Sabtu (02/11) pembalap Afridza Munandar meninggal dunia di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Dream – Dunia balap motor Indonesia berduka. Pembalap Afridza Munandar meninggal dunia saat berlaga di Sirkuit Sepang, Melaysia, Sabtu, 2 November 2019.  Afridza mengalami kecelakaan fatal di balapan pertama (Race 1) Idemitsu Asia Talent Cup (ATC) di Sepang, Malaysia.

Pembalap muda kelahiran Taksikmalaya ini mengalami kecelakaan di Tikungan 10 pada lap pertama. Setelah mendapatkan penanganan pertama dari tim medis trek, Afridza segera dilarikan ke Rumah Sakit Kuala Lumpur menggunakan helikopter. Namun, nyawa pembalap binaan Astra Honda Motor (AHM) tak bisa diselamatkan.

Afridza adalah sosok pembalap yang kerap mengharumkan nama Indonesia tertumata di kancah Idemitsu ATC. Sebenarnya, pada musim ini Afridza berpeluang merebut gelar juara bila tampil gemilang di sirkuit Sepang, Malaysia kemarin. Pembalap 20 tahun ini hanya terpaut 27 poin dari Takuma Matsuyama yang memimpin klasemen sementara.

Jika tak ada halangan apapun, Afridza bisa menyusul memuncaki klasemen hanya dengan dua kali kemenangan. Meski sang pembalap tidak bisa mewujudkan impiannya, namun nama Afridza sudah membanggakan bangsa Indonesia.

Berikut fakta terbaru Afridza Munandar saat berebut juara ATC 2019 di Sepang yang dikutip dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

Kronologi Kejadian

6 Fakta Terbaru Afridza Munandar, Pembalap Indonesia yang Meninggal Dunia© Instagram @afridzasyach

(Foto: Instagram @afridzasyach)

Kejadiaan nahas yang merenggut nyawa Afridza Munandar berlangsung begitu cepat. Kecelakaan tersbeut terjadi di tikungan ke-10 lap pertama ATC 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Pembalap asuhan Astra Honda Motor (AHM) terjatuh setelah bersenggolan dengan pembalap yang ada di depannya.

Melihat kejadian tersebut, para tim medis trak langsung berhamburan untuk menyelamtkan kedua pembalap yang terjatuh. Afridza juga mendapatkan pertolongan pertama dari para tim medis. Kendari luka yang dideritanya cukup parah, Afridza langsung dilarikan ke Rumah Sakit Kuala Lumpur dengan menggunakan helicopter.

Setelah kejadian tersebut, Red Flag dikibarkan oleh para steward yang berada di pinggir lintasan. Tak lama kemudian, balapan dihentikan. Selama beberapa saat semua para pembalap, staff dan penonton menunggu kabar terbaru mengenai kondisi sang pembalap. Namun sayang, nyawa Afridza Munandar tak bisa terselamatkan akibat luka serius di bagian kepala.

2 dari 6 halaman

Race 2 Tetap Dilanjutkan

6 Fakta Terbaru Afridza Munandar, Pembalap Indonesia yang Meninggal Dunia© Instagram @afridzasyach

(Foto: Instagram @afridzasyach)

Setelah kecelakaan maut tersebut, Asia Talent Cup (ATC) 2019 memutuskan untuk tetap melanjutkan pertandingan Race 2. Tidak di hari yang sama, namun ajang tersebut akan dilanjutkan keesokkan harinya Minggu (03/11). Sebelumnya, Talent Promotion Director Alberto Puig telah mengumpulkan para rider ATC untuk mengambil keputusan tersebut.

Berdasarkan keputusan, Race 2 tetap berlangsung. Balapan nanti untuk mengenang Afridza Munandar,” tulis keterangan resmi ATC yang dihimpun dari Liputan6, Senin (04/11). “ Selain itu, aka nada upacara mengheningkan cipta selama semenit Minggu pukul 11.20 waktu setempat.” lanjutnya.

3 dari 6 halaman

Berpeluang Menjadi Juara

6 Fakta Terbaru Afridza Munandar, Pembalap Indonesia yang Meninggal Dunia© Instagram @astramotor

(Foto: Instagram @astramotor)

Afridza Munandar tampil gemilang di IATC 2019. Pembalap 20 tahun ini telah membukukan dua kemenangan di peringkat pertama, kedua, dan ketiga. Catatan tersebut membuatnya berpeluang untuk menjadi juara musim ini.

Sebelum bertarung di Sirkuit Sepang, Afridza tengah menduudki peringkat ketiga dengan koleksi poin 142 angka. Afridza Munandar hanya tertinggal di belakang Takuma Matsuyama (169 poin) dan Sho Nishimura (157 poin).

4 dari 6 halaman

Meraih Podium Sebelum Berpulang

6 Fakta Terbaru Afridza Munandar, Pembalap Indonesia yang Meninggal Dunia© Instagram @afridzasyach

(Foto: Instagram @afridzasyach)

Sebelum meninggal dunia, Afridza sempat naik podium sebagai juara 2 pada balapan Race 1 di Jepang. Kegembiraan sang pembalap terlihat dari postingan di akun Instagram pribadinya.

Alhamdulillah terima kasih untuk semua yang sudah medukung saya. DI race 1 saya berhasil finish di Posisi ke 2,” ujarnya.

5 dari 6 halaman

Pembalap Dunia Ikut Berduka

Tak hanya di Indonesia, meninggalnya Afridza Munandar juga membuat seluruh dunia balapan turut bersedih. Terlihat dari beberapa pembalap MotoGP ikut menyampaikan rasa belangsukawanya. Bahkan, sang juara MotoGP 2019 Marc Marquez juga mengunggah ucapan belasungkawanya di akun sosial media.

6 Fakta Terbaru Afridza Munandar, Pembalap Indonesia yang Meninggal Dunia© Instagram @marcmarquez93

Di akun Instagram @marcmarquez93, pembalap dunia ini juga mengunggah foto Afridza Munandar. “ Dunia balap sepeda motor berduka cita, Afridza Munandar meninggal siang hari ini dalam sebuah kecelakaan di ajang Asian Talent Cup. RIP Arridza,” tulisnya yang dikutip dari Brilio.net, Senin (04/11).

6 Fakta Terbaru Afridza Munandar, Pembalap Indonesia yang Meninggal Dunia© Instagram @jorgelorenzo99

(Foto: Instagram @jorgelorenzo99)

6 Fakta Terbaru Afridza Munandar, Pembalap Indonesia yang Meninggal Dunia© Instagram @alexrins

(Foto: Instagram @alexrins)

Tak hanya Marc, beberapa pembalap dunia seperti Jorge Lorenzo, Alex Rins dan masih banyak lainnya juga menyampaikan rasa berduka mereka. Bahkan, Valentino Rossi tampak menghadiri “ Minute of silence in memory of Afridza Munandar” yang berlangsung Minggu (03/11) lalu.

6 Fakta Terbaru Afridza Munandar, Pembalap Indonesia yang Meninggal Dunia© YouTube @MotoGP

(Foto: YouTube @MotoGP)

6 dari 6 halaman

Prestasi Afridza Munandar

6 Fakta Terbaru Afridza Munandar, Pembalap Indonesia yang Meninggal Dunia© Instagram @afridzasyach

(Foto: Instagram @afridzasyach)

Afridza terhitung telah mengumpulkan tujuh podium, dimana tiga di antaranya merupakan kemenangan dan sisanya yaitu dua kali finis kedua serta dua kali finis ketiga. Menjelang pekan balap di Sepang sekalipun, Afridza telah duduk di peringkat ketiga pada klasemen pebalap dengan poin 142 angka, hanya tertinggal 27 poin dari Takuma Matsuyama yang berada di posisi puncak.

Pembalap asuhan Astra Honda Motor (AHM) ini juga pernah turun di ajang balap ketahanan motor, Suzuka 4 Hours di Jepang pada Juli lalu. Tak hanya itu, Afridza juga dikenal memiliki prestasi yang gemilang di ajang balap dalam negeri. Ia merupakan salah stau rider yang paling mencolok di Kejuaraan Nasional Oneprix Indonesia Motoprix 2019 dengan membela Astra Motor Racing Team (ART) Yogyakarta.

Pada klasemen pebalap Onepirx, ia ada dipuncak klasemen dengan perolehan poin sebesar 107 angka. Nilai tersebut didapatkannya dengan dua kemenangan di Tasikmalaya dan Sentul. Sebenarnya, Afridza masih harus turun di Seri Surabaya pada 10 November nanti.

Berikut beberapa capaian prestasi Afridza Munandar, pembalap Indonesia yang membanggakan.
2013: Juara umum Jawa Barat MP5 dan Juara umum MP6

2014 Juara umum II Kejurnas MP kelas MP5 dan MP6

2015: Juara Kejurnas MP Seri V kelas MP3

2016: Medali perak PON Jawa Barat

2017: Juara nasional MP3 dan MP4

2018: Peringkat 10 Asia Talent Cup

2019: Peringkat 3 Asia Talent Cup (musim masih berjalan)
 
(Sah, Sumber: berbagai sumber)

Beri Komentar