6 Doa Agar Pintar Matematika dan Pelajaran Lainnya, Para Siswa Wajib Tahu!

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 12 Agustus 2022 20:01
6 Doa Agar Pintar Matematika dan Pelajaran Lainnya, Para Siswa Wajib Tahu!
Tak hanya belajar sungguh-sungguh, membaca doa agar pintar matematika juga penting bagi para siswa Muslim.

Dream - Matematikan adalah mata pelajaran yang dianggap sulit bagi sebagian anak. Agar bisa memahami pelajaran ini, banyak anak rela ikut les untuk menunjang kemampuannya dalam matematika.

Selain mengikuti les matematika, anak-anak juga perlu mengerjakan latihan soal agar rumus-rumus tidak hilang dari ingatan. Sebab tak dipungkiri, anak harus menghafalkan banyak rumus untuk bisa menguasai matematika.

Bagi anak yang beragama Islam, agar cepat memahami pelajaran matematika hendaknya juga didukung dengan memperbanyak doa. Doa agar pintar matematika dapat dipanjatkan setiap hari, baik setelah sholat atau saat akan belajar.

Berikut bacaan doa agar pintar matematika yang berhasil Dream rangkum dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

1. Doa agar Pintar Matematika

Banyak doa yang bisa dipajatkan untuk memohon agar si kecil mampu memahami pelajaran, salah satunya metamtika. Di antara doa agar pintar matematika, berikut salah satu yang bisa dipanjatkan:

Rabbi zidni’ ilmaa, warzuqni fahma waj’alnii minash-shoolihin

Artinya:

" Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh."

2 dari 6 halaman

2. Doa Agar Mudah Memahami Pelajaran

Matematika berisi rumus-rumus yang perlu dihafalkan. Inilah mengapa banyak anak tidak menyukai matematika. Selain menghitung, mereka juga harus menghafal. Namun matematika merupakan ilmu dasar untuk memahami pelajaran sains lainnya. Selain itu, banyak profesi yang mengandalkan kemampuan matematika dalam pekerjaannya.

Berikut bacaan doa agar mudah memahami pelajaran, salah satunya matematika:

Bismillahirrahmanirrahim, Allahummaftah 'alayya futuuhal 'aarifiina bihikmatika wantsur 'alayya rohmata wadzakkirniimaa nasiitu yaa dzaljalaali wal ikraam

Artinya:

“ Ya Allah,bukakanlah bagiku sebagaimana terbukanya orang-orang yang arif dengan ilmu kebijaksanaan-Mu,dan curahkanlah untukku,akan rahmat-Mu,dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupakan,wahai Zat yang mempunyai keagungan dan kemulyaan.”

3 dari 6 halaman

3. Doa Agar Bisa Mengingat Rumus Matematika

Ilustrasi© Shutterstock.com

Menghafalkan rumus matematika termasuk salah satu bagian sulit bagi sebagian siswa. Namun yang sebenarnya sulit bukanlah hafalannya, melainkan menjaga materi yang telah dihafal agar selalu diingat.

Inilah mengapa kaum Muslim perlu memanjatkan doa agar tidak lupa rumus-rumus matematika yang sudah dihafalnya. Tentu saja tidak hanya dengan doa, melainkan siswa harus rajin mengerjakan soal agar bisa memahami rumus matematika dengan lancar.

Allahumma inni istaudi’uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya ‘inda haajati ilahi walaa tansaniihi yaa robbal ‘aalamin

Artinya:

“ Ya Allah, sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya. Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam.

4 dari 6 halaman

4. Doa Agar Mudah Memahami Pelajaran Lainnya

Tak hanya matematika, seorang murid dituntut menguasai semua pelajaran. Agar mampu memahami banyak pelajaran di sekolah, berikut bacaan doa yang perlu dibaca sebelum memulai belajar:

Allahummarzuqna fahman nabiyyina wa hifdzal mursalina wa ilhamal malaikatil muqorrabiina bi rahmatika ya arhamar rahimina. Allahummaj'al alsinatana 'amiratan bi dzikrika wa qulubana bi khosyyatika taksyaka wa asrarana bi tho'atika innaka 'ala kulli syaiin qodir. Allahumma akrimna bi nuril fahmi wa akhrijna min dhulumatil wahmi waftah lana abwaba rahmatika wansyur 'alaina hikmataka ya arhamar rahimina

Artinya:

" Ya Allah, anugerahkanlah kepada kami pemahaman para nabi, ingatan para rasul, dan ilham malaikat muqarrabin, dengan rahmat-Mu wahai Dzat Yang Paling Pengasih di antara Pengasih. Ya Allah, jadikan lisan kami senantiasa menyebut-Mu, hati kami takut kepada-Mu, rahasia kami selalu taat kepada-Mu, sesungguhnya Engkau atas segala sesuatu Maha Kuasa. Ya Allah, muliakanlah kami dengan cahaya pemahaman, dan keluarkanlah kami dari gelapnya keragu-raguan dan bukakanlah bagi kami pintu-pintu rahmat-Mu dan bukakanlah pintu hikmah-Mu wahai Dzat Yang Paling Pengasih di antara Pengasih."

5 dari 6 halaman

5. Doa Orang Tua untuk Anak Agar Cerdas

Orang tua memiliki andil besar dalam proses pembelajaran buah hatinya. Jika ingin buah hatimu cerdas di semua pelajaran, amalkan doa ini setiap hari usai sholat:

Allahummamla' quluba auladina nuran wa hikmatan wa ahlihim liqobuli ni'matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah

Artinya:

" Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka."

6 dari 6 halaman

6. Doa Mohon Kecerdasan Berpikir

Kecerdasan dapat dimiliki seseorang, salah satunya melalui tahap pembelajaran. Dari tahap tersebut, seseorang akan mengerti bagaimana sebuah masalah dapat terjadi dan bagaimana cara penyelesaiannya.

Soal matematika juga merupakan kumpulan masalahh yang harus diselesaikan dengan rumus-rumus tertentu. Rumua adalah jalan untuk menyelesaikan persoalan. Agar selalu dikaruniai kecerdasan, seseorang dianjurkan untuk membaca doa mohon kecerdasan berpikir berikut ini:

Allaahumma alhimnii rusydii waqinii syarri nafsii

Artinya:

" Ya Allah, ilhamkanlah kepadaku kecerdasan dan lindungilah aku dari kejahatan nafsuku."

Demikian itulah kumpulan doa agar pintar matematika dan pelajaran lainnya. Memanjatkan doa-doa di atas menjadi usaha agar Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dalam memahami pelajaran, khususnya matematika yang membutuhkan tingkat pemahaman tinggi.

Beri Komentar