Bacaan Doa agar Cepat Melahirkan dan Kontraksi, Lengkap dengan Cara Merangsang Bayi yang Aman

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Minggu, 27 November 2022 18:02
Bacaan Doa agar Cepat Melahirkan dan Kontraksi, Lengkap dengan Cara Merangsang Bayi yang Aman
Doa ini untuk memohon agar nantinya diberikan kemudahan dan kelancaran saat proses bersalin.

Dream – Bagi seorang perempuan yang tengah mengandung, tentu tak sabar menunggu hari kelahiran itu tiba. Selama sembilan bulan lebih menjaga sang jabang bayi di dalam kandungan, seorang ibu sudah pasti berharap agar kelahirannya diberikan kemudahan dan kelancaran.

Tak sedikit ibu yang dengan alasan tertentu melakukan usaha agar mempercepat proses bersalin. Namun tentunya usaha tersebut dilakukan di bawah pengawasan dan bantuan tenaga medis.

Selain itu, sebagai seorang Muslimah, sebaiknya sahabat Dream mengamalkan doa agar cepat melahirkan dan kontraksi. Doa-doa ini berasal dari Al-Quran dan bisa kamu baca menjelang Hari Perkiraan Lahir (HPL). Harapannya agar proses bersalin diberikan kemudahan oleh Allah SWT.

Nah, berikut adalah bacaan doa agar cepat melahirkan serta beberapa cara merangsang bayi agar cepat lahir sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Doa agar Cepat Melahirkan dan Kontraksi

Doa agar Cepat Melahirkan dan Kontraksi© Shutterstock.com

Untuk mempercepat proses melahirkan dan kontraksi, ada baiknya jika sahabat Dream memanjatkan doa kepada Allah SWT. Berikut adalah urutan bacaan doa agar cepat melahirkan dan kontraksi yang bisa sahabat Dream amalkan:

Membaca Ayat Kursi

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُههُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْددِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya:Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah, melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al-Baqarah: 255)

Membaca Surat Al-A’raf Ayat 54

إِنَّ رَبَّكُمُ الله الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ الله رَبُّ الْعَالَمِينَ

Inna rabbakumullahullazi khalaqas-samawati wal-arda fi sittati ayyamin summastawa ‘alal-‘arsy, yugsyil-lailan-nahara yatlubuhu hasisaw wasy-syamsa wal-qamara wan-nujụma musakhkharatim bi`amrihi ala lahul-khalqu wal-amr, tabarakallahu rabbul-‘alamin.

Artinya: “ Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.” (QS. Al-A’raf: 54)

Membaca Surat Al-Falaq

Membaca Surat An-Nas

Membaca Surat Maryam Ayat 23 – 25

فَاَجَاۤءَهَا الْمَخَاضُ اِلٰى جِذْعِ النَّخْلَةِۚ قَالَتْ يٰلَيْتَنِيْ مِتُّ قَبْلَ هٰذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَّنْسِيًّا فَنَادٰىهَا مِنْ تَحْتِهَآ اَلَّا تَحْزَنِيْ قَدْ جَعَلَ رَبُّكِ تَحْتَكِ سَرِيًّا وَهُزِّيْٓ اِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا ۖ

Fa ajaaa ‘ahal makhaadu ilaa jiz’in nakhlati qoolat yaa laitanii mittu qabla haazaa wa kuntu nasyam mansiyyaa. Fanaadaahaa min tahtihaan allaa tahzanii qad ja’ala Rabbuki tahtaki sariyyaa. Wa huzziii ilaiki bijiz ‘in nakhlati tusaaqit ‘alaiki rutaban janiyyaa.

Artinya: “ Kemudian rasa sakit akan melahirkan memaksanya (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia (Maryam) berkata, “ Wahai, betapa (baiknya) aku mati sebelum ini, dan aku menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakan. Maka dia (Jibril) berseru kepadanya dari tempat yang rendah, “ Janganlah engkau bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.” (QS. Maryam: 23 -25)

2 dari 2 halaman

Cara Merangsang Bayi agar Cepat Lahir

Cara Merangsang Bayi agar Cepat Lahir© Unsplash.com

Setelah mengetahui urutan bacaan doa agar cepat melahirkan, sahabat Dream juga bisa berikhtiar dengan melakukan beberapa cara untuk merangsang bayi agar cepat lahir. Tentunya cara ini adalah dengan saran dokter dan di bawah pengawasan tenaga medis. Berikut adalah beberapa caranya sebagaimana dikutip dari merdeka.com:

Stimulasi Puting

Cara pertama untuk merangsang bayi agar cepat lahir adalah dengan menstimulasi putting. Stimulasi putting bisa merangsang produksi oksitosin, yakni hormon yang menyebabkan rahim berkontraksi dan payudara pun mengeluarkan ASI. Dengan menggosok atau memutar puting secara lembut, hal ini bisa merangsang payudara untuk melepaskan oksitosin.

Bergerak secara Aktif

Cara yang kedua adalah dengan bergerak aktif. Sahabat Dream bisa berjalan-jalan di sekitar rumah atau bisa juga dengan naik-turun tangga. Adanya peningkatan tekanan dari gerakan dan gaya gravitasi, hal ini dipercaya bisa membantu serviks melebar.

Dengan berolahraga, cara ini juga bisa menghilangkan stres serta menguatkan otot. Namun, jangan lakukan secara berlebihan ya, sahabat Dream. Karena di saat persalinan, kamu akan membutuhkan tenaga yang lebih banyak.

Berhubungan Badan

Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk mempercepat kelahiran bayi adalah dengan melakukan hubungan badan. Cara ini pun dianggap aman selama air ketuban belum pecah. Selain itu, dengan berhubungan badan juga cukup efektif karena air mani memiliki kandungan prostaglandin yang tinggi.

Di mana hormon ini bisa menyebabkan kontraksi di otot rahim. Melakukan hubungan seks mampu melepaskan hormon oksitosin yang menyebabkan terjadinya kontraksi.

Makan Kurma

Sahabat Dream juga bisa mengonsumsi kurma untuk mempercepat proses bersalin. Melalui studi yang diterbitkan oleh NIH, membuktikan bahwa mengonsumsi kurma pada minggu-minggu terakhir bisa meningkatkan pematangan serviks. Selain itu, juga bisa melebarkan serviks di awal persalinan. Dengan begitu, bisa mengurangi kebutuhan penggunaan Pitocin saat mengejan dalam proses persalinan.

Bersantai

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mempercepat kelahiran adalah dengan bersantai. Ini adalah cara alami yang bisa sahabat Dream coba. Jika sahabat Dream mengikuti kelas melahirkan, maka kamu pastinya sudah mempelajari metode-metode relaksasi. Nah, kamu bisa memilih salah satu metode yang menurut kamu cocok untuk diaplikasikan. Cara ini akan membuat kamu merasa nyaman dan meredakan ketegangan.

Beri Komentar