Bacaan Dzikir saat Hati Tidak Tenang, Lengkap dengan Cara Mengatasinya Menurut Islam

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 2 Desember 2022 20:01
Bacaan Dzikir saat Hati Tidak Tenang, Lengkap dengan Cara Mengatasinya Menurut Islam
Ketika hati sedang gundah, maka membaca dzikir bisa menjadi obat yang mujarab.

Dream – Salah satu hal yang diperintahkan dalam Islam adalah berdzikir. Umat Islam bisa melafalkan kalimat-kalimat zikir kapan saja dan di mana saja. Waktu yang sering digunakan umat Islam untuk berdzikir adalah setelah menjalankan sholat. Karena di saat inilah, tubuh dalam kondisi yang suci dan baru saja menyelesaikan sholat. Sehingga sangat tepat untuk melakukan dzikir.

Dzikir sendiri adalah cara umat Islam untuk mendekatkan diri dan mengingat Allah SWT. Selain itu, bagi sahabat Dream yang sedang merasa hatinya tidak tenang, maka bacaan dzikir bisa menjadi obat yang mujarab.

Mengingat bahwa hanya Allah SWT lah yang memiliki kuasa atas segala sesuatu yang terjadi kepada umat-Nya. Termasuk ketika umat-Nya dalam kondisi yang tidak tenang, maka mintalah kepada Allah SWT ketenangan itu, yakni melalui bacaan dzikir setelah sholat.

Berikut adalah bacaan dzikir saat hati sedang tidak tenang dan cara-cara yang bisa dilakukan untuk menenangkan hati sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Bacaan Dzikir untuk Menenangkan Hati

Bacaan Dzikir untuk Menenangkan Hati© Shutterstock.com

Bacaan Dzikir Menenangkan Hati yang Pertama

لا إلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَريكَ لَهُ ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ ؛ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadiir.

Artinya:Tidak ada Tuhan selain Allah. Tiada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya lah kekuasaan dan milik-Nya lah segala pujian. Dia yang menghidupkan dan yang mematikan. Atasnya kebaikan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Bacaan Dzikir Menenangkan Hati yang Kedua

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Hasbunallah wani’mal wakil ni’mal maula wani’man nasir.

Artinya:Cukuplah Allah sebagai Pelindung kami, Dia sebaik-baik Wakil yang kami dambakan, dan Dia sebaik-baik Penolong yang kami harapkan.”

Bacaan Dzikir Menenangkan Hati yang Ketiga

Bacaan dzikir untuk menenangkan hati yang berikutnya ini adalah dengan membaca ayat kursi yang tercantum di dalam surat Al-Baqarah ayat 255 berikut:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm.

Artinya:Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

2 dari 2 halaman

Cara Menenangkan Hati Menurut Islam

Cara Menenangkan Hati Menurut Islam© Unsplash.com

Selain ada bacaan dzikir untuk menenangkan hati, Islam juga mengajarkan bagaimana cara yang bisa dilakukan agar hati menjadi tenang. Berikut adalah beberapa caranya seperti dikutip dari merdeka.com:

Membaca dan Mendengarkan Al-Quran

Cara yang pertama adalah dengan membaca dan mendengarkan ayat suci Al-Quran. Sahabat Dream bisa ke tempat di mana orang-orang sering melantunkan ayat suci Al-Quran. Misalnya saja di masjid atau bisa juga di rumah jika ada seseorang yang sedang membaca Al-Quran. Tak hanya bisa menenangkan hati, membaca dan mendengarkan Al-Quran juga bisa menenangkan pikiran.

Bersyukur Atas Nikmat Allah SWT

Cara yang kedua agar hati bisa tenang adalah dengan bersyukur kepada Allah SWT. Mengingat bahwa Allah SWT selama ini telah memberikan banyak nikmat dan anugerah kepada setiap umat-Nya.

Nah, kewajiban kita sebagai umat-Nya adalah dengan mensyukuri segala nikmat dan anugerah tersebut. Bersyukur tidak hanya bisa membuat kita merasa cukup dengan segala sesuatu yang didapatkan, tetapi juga bisa membuat hati menjadi lebih tenang.

Mengerjakan Sholat Sunah

Islam tak hanya memerintahkan umat-Nya untuk berdzikir, tetapi juga terdapat anjuran melakukan sholat sunah agar hati menjadi lebih tenang. Di dalam Islam ada banyak sekali sholat sunah yang bisa sahabat Dream kerjakan. Misalnya saja sholat dhuha, sholat tahajud, dan sebagainya.

Dengan menjalankan sholat sunah, selain membuat hati menjadi tenang juga bisa menambah pahala. Meski ini ibadah yang tidak wajib, namun alangkah baiknya jika sahabat Dream kerjakan untuk semakin meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Beri Komentar