Berhenti Menyalahkan Kondisi, Inilah 5 Cara Bersyukur kepada Allah SWT saat Susah

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 11 Agustus 2022 19:04
Berhenti Menyalahkan Kondisi, Inilah 5 Cara Bersyukur kepada Allah SWT saat Susah
Bersyukur hendaknya dilakukan dalam berbagai keadaan, baik susah maupun senang.

Dream – Dalam kehidupan ini, Allah SWT telah memberikan banyak nikmat dan anugerah kepada setiap manusia. Tentunya nikmat yang diberikan Allah SWT tersebut sangatlah beragam dan tak bisa kita hitung seberapa banyaknya. Namun, sayangnya masih ada orang yang merasa kurang dengan apa yang dimilikinya selama ini.

Oleh karena itu, sebagai manusia sudah sepatutnya untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT. Karena dengan bersyukur itulah yang akan membuat kita merasa cukup dengan apa yang dimiliki. Bahkan bersyukur itu tidak hanya dilakukan saat sedang senang atau saat mendapat nikmat saja lho, sahabat Dream.

Saat sedang susah pun kita juga harus bersyukur. Setidaknya ada hikmah yang bisa kita petik dari kejadian tersebut. Di mana hal itu telah memberikan pelajaran berharga yang mampu membentuk diri kita lebih baik lagi. Lalu, bagaimana cara bersyukur kepada Allah SWT saat sedang susah?

Untuk mengetahui secara lebih jelas tentang bersyukur dan cara bersyukur kepada Allah SWT saat susah, berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Pengertian Bersyukur

Pengertian Bersyukur© Freepik.com

Sebelum membahas lebih dalam tentang cara bersyukur kepada Allah SWT saat sedang susah, sebaiknya sahabat Dream mengetahui terlebih dahulu pengertian dari bersyukur. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), syukur adalah rasa terima kasih kepada Allah SWT.

Seperti dikutip dari muslim.or.id, menurut Al Jauhari dalam Ash Shahhah Fil Lughah, syukur adalah pujian bagi orang yang memberikan kebaikan, atas kebaikannya tersebut.

Sedangkan menurut Ibnul Qayyim, syukur adalah menunjukkan adanya nikmat Allah pada dirinya. Dengan melalui lisan, yaitu berupa pujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. Dengan melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah. Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.”

Syukur ini sendiri juga adalah salah satu sifat yang dimiliki oleh Allah SWT. Di mana hal ini dijelaskan dalam firman-Nya melalui surat Asy-Syura ayat 23 berikut:

اِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ شَكُوْرٌ

Artinya: Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Mensyukuri.” (QS. Asy-Syura: 23).

2 dari 3 halaman

Cara Bersyukur kepada Allah SWT saat Susah

Cara Bersyukur kepada Allah SWT saat Susah© Shutterstock.com

Selama ini mungkina sebagian besar orang akan bersyukur saat dirinya mendapatkan nikmat dari Allah SWT. Sedangkan saat mendapatkan kesusahan, maka akan mengeluh dan bersedih dengan keadaan yang menimpanya itu.

Namun, di saat susah sekali pun kita hendaknya juga bersyukur kepada Allah SWT. Karena Islam mengajarkan agar bersyukur itu dilakukan dalam berbagai kondisi. Termasuk saat sedang susah sekali pun. Nah, berikut adalah cara bersyukur kepada Allah SWT saat sedang susah yang perlu sahabat Dream ketahui:

Selalu Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Cara bersyukur kepada Allah SWT saat susah adalah dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tak sedikit orang yang saat sedang senang, justru melupakan Allah SWT dan saat susah barulah ingat pada Allah SWT. Sebagai umat Islam, kita hendaknya selalu ingat kepada Allah SWT dalam segala kondisi.

Saat sedang senang, jangan lupa kepada Allah SWT, begitu pun saat sedang susah juga tetaplah bersama-Nya dan tidak menyalahkan Allah SWT atas kondisi tersebut. Karena Allah SWT lah yang memiliki kuasa akan nasib kehidupanmu hari ini dan masa yang akan datang.

Yakin pada Allah SWT atas Rezeki yang Diberikan

Cara bersyukur kepada Allah SWT saat susah yang kedua adalah yakin kepada Allah SWT atas rezeki yang diberikan. Sahabat Dream harus yakin sepenuhnya bahwa Allah SWT telah membagi rezeki setiap orang secara adil. Bahkan rezeki seseorang tidaklah akan tertukar dengan rezeki orang lain. Jadi, kamu tidak perlu mengkhawatirkannya.

Dengan merasa yakin dengan rezeki yang Allah SWT berikan, hal ini akan menjauhkan kamu dari rasa iri pada orang lain. Akan lebih baik jika sahabat Dream terus berusaha dengan bekerja yang sesuai dengan jalan Allah SWT dan rezeki itu akan datang dari Allah SWT.

3 dari 3 halaman

Melihat Orang Lain yang Hidupnya dalam Keterbatasan

Cara bersyukur kepada Allah SWT berikutnya adalah dengan melihat orang lain yang hidupnya dalam keterbatasan atau bahkan tergolong kekurangan. Hal ini bisa menyadarkan sahabat Dream bahwa ada orang lain yang nasibnya masih lebih susah dibandingkan dengan kita.

Tetapi hebatnya, mereka yang dalam keterbatasan masih terus berusaha dan bahkan menebarkan senyum dalam kelelahan. Jika melihat kondisi seperti itu, maka akan membuat kita berpikir “ kenapa aku masih merasa kurang dengan nikmat ini?”

Tidak Membandingkan Pencapaian Orang Lain

Hal yang perlu sahabat Dream lakukan agar bisa tetap bersyukur meski kondisi sedang susah adalah tidak membandingkan pencapaian orang lain dengan pencapaianmu sendiri. Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki fase dan prosesnya masing-masing. Kita tidak bisa menyamakan pencapaian orang lain dengan diri kita sendiri.

Yang perlu sahabat Dream lakukan hanyalah terus berusaha dan berdoa. Jikapun melihat pencapaian orang lain, contohlah semangat dan usaha besarnya seperti apa, tanpa membenci ataupun iri.

Minimalisir Mengeluh

Cara bersyukur kepada Allah SWT saat susah adalah dengan meminimalisir mengeluh. Sahabat Dream boleh saja mengeluh, karena pada dasarnya manusia ada kalanya juga perlu mengeluh untuk melepaskan rasa lelahnya. Namun, setelah mengeluh segeralah untuk bangkit kembali.

Karena mengeluh saja tidak akan mengubah kondisi. Percayalah pada kemampuan dirimu sendiri dan jangan lupa untuk berterimakasih pada dirimu juga yang selama ini sudah berjuang dan bertahan.

Beri Komentar