Bertemu Raja Saudi, Jokowi Minta Tambahan Kuota Haji 250 Ribu

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Rabu, 17 April 2019 14:00
Bertemu Raja Saudi, Jokowi Minta Tambahan Kuota Haji 250 Ribu
Jumlah tersebut mempertimbangkan calon jemaah haji Indonesia yang harus menunggu selama 20030 tahun lebih untuk bisa berangkat.

Dream - Arab Saudi telah memberikan tambahan kuota haji sebanyak sepuluh ribu kepada Indonesia. Tambahan itu disampaikan langsung oleh Raja Salman bin Abdulaziz saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Riyadh, Minggu 14 April 2019.

" Setelah bertemu Sri Baginda Raja Salman, langsung disampaikan oleh beliau bahwa ini sebenarnya permintaan sudah lama, sudah dijawab beliau, secara resmi kita diberi kuota haji," ujar Joko Widodo setelah meresmikan Halal Park di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 16 April 2019.

Presiden yang karib disapa Jokowi itu bersyukur atas tambahan kuota haji tersebut. Meski sebenarnya jumlah tambahan kuota itu masih jauh dari yang diminta Pemerintah Indonesia. " Permintaan kita kemarin 250 ribu," ucap dia.

Menurut Jokowi, jumlah permintaan tersebut mempertimbangkan kondisi jemaah Indonesia yang kini masa tunggunya sudah mencapai 20 tahun. Bahkan, kata Jokowi, di beberapa daerah calon jemaah haji harus menunggu lebih dari 30 tahun untuk bisa berangkat ke Tanah Suci.

" Itu pun saya sudah menyampaikan kepada Raja Salman agar diberikan tambahan lagi, saya masih minta lagi, tapi belum dijawab langsung, sudah iya tapi belum dijawab langsung," kata dia.

Beri Komentar