Cara Pelaksanaan Puasa Mutih Tiga Hari dan Manfaatnya dari Segi Kesehatan

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 16 Agustus 2022 13:35
Cara Pelaksanaan Puasa Mutih Tiga Hari dan Manfaatnya dari Segi Kesehatan
Puasa mutih diyakini sebagai ritual untuk membersihkan batin dari berbagai penyakit hati dan dosa.

Dream - Puasa mutih mungkin sudah familiar di kalangan masyarakat Jawa. Puasa ini bukan tergolong puasa sunah maupun wajib. Melainkan puasa yang dilakukan dengan tujuan tertentu, salah satunya sebagai ritual untuk membersihkan batin dari berbagai penyakit hati dan dosa.

Puasa mutih juga diyakini para pelakunya sebagai cara untuk mendapatkan petunjuk dan hidayah dari Allah. Selain itu, puasa mutih juga dipercaya sebagai lelaku untuk menyembuhkan penyakit dalam diri orang yang menjalankannya.

Cara pelaksanaan puasa mutih tidak jauh-jauh dari namanya. Orang yang melakukan puasa ini hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan maupun minuman yang berwarna putih, seperti nasi putih, air putih, telur bagian putihnya, dan susu.

Puasa mutih sendiri berasal dari bahasa Jawa, mutih yang artinya menjadi putih atau memutihkan. Istilah ini dimaknai secara filosofis bahwa orang yang melakukannya akan menjadi putih jiwanya, bersih hatinya, dan mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Puasa mutih dilaksanakan dengan cara beragam, salah satunya dilaksanakan tiga hari berturut-turut. Lantas bagaimana cara pelaksanaan puasa mutih tiga hari dan apa manfaatnya bagi kesehatan? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, dirangkum Dream dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

Cara Menjalankan Puasa Mutih Tiga Hari

Puasa mutih tiga hari dilaksanakan dengan niat sebagai awalannya. Terdapat dua versi niat puasa mutih tiga hari. Berikut niat yang bisa Sahabat Dream baca pada saat hendak menjalankan puasa mutih tiga hari:

Versi Pertama

Niat ingsun puasa mutih kerono Allah Ta’ala.

Artinya: “ Aku niat puasa mutih karena Allah Ta’ala.”

Versi Kedua

Niat ingsun puasa mutih supaya putih bathinku, putih badanku, putih kaya dining banyu suci karena Allah Ta’ala.

Artinya: “ Saya niat puasa mutih supaya putih batinku, putih badanku, putih seperti air suci karena Allah Ta’ala.”

 

2 dari 6 halaman

Sementara cara menjalankan puasa mutih tiga hari adalah dengan diawali niat yang dibaca setelah menjalankan sholat magrib sampai terbitnya fajar.

Sebelum melakukan puasa mutih, sebaiknya sahabat Dream sudah merencanakan akan menjalankan puasa ini selama berapa hari. Misalnya saja selama tiga hari berturut-turut dan maksimal dilaksanakan selama 40 hari. Hal ini disesuaikan dengan pendamping yang membimbingmu saat puasa mutih.

Pelaksanaan puasa mutih dimulai dari pukul 18.00 sampai pukul 18.00 di hari besoknya. Tetapi ada juga yang mengatakan bahwa puasa mutih juga bisa dilakukan dengan dua cara sebagai berikut:

Cara Pertama

Puasa mutih diperbolehkan makan dan minum hingga beberapa kali dalam sehari sesuai dengan waktu makan dan hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan yang berwarna putih saja.

Cara Kedua

Puasa mutih dengan satu kali makan di saat berbuka saja kemudian dilanjutkan sampai bangun tidur di hari berikutnya dan melakukan makan atau minum yang berwarna putih saja.

3 dari 6 halaman

Manfaat Puasa Mutih Tiga Hari Menurut Ilmu Kesehatan

Selain dengan tujuan membersihkan jiwa dari berbagai penyakit hati, puasa mutih tiga hari rupanya juga bermanfaat untuk terapi menyembuhkan penyakit dalam.

Puasa mutih tiga hari menjadi proses terapi dalam ilmu kesehatan. Apabila orang mengidap penyakit diabetes, dia harus berpuasa dari makan-makanan tinggi gula dan karbohidrat. Ia hanya dibolehkan minum air putih dan makan makanan yang tidak ada rasanya.

Istilah puasa juga dikenal sebagai proses pemeriksaan kesehatan. Sebelum pengecekan gula darah, biasanya pasien diminta berpuasa semalaman hingga proses pengecekan selesai.

Bahkan puasa didukung oleh ilmu kedokteran sebagai proses detoxifikasi, terutama puasa yang wajib dilakukan di bulan Ramadhan. 

Sementara itu, puasa mutih dengan nasi putih dan air putih di antaranya memiliki manfaat dari segi kesehatan, yaitu:

4 dari 6 halaman

1. Menurunkan Kadar Gula dan Garam

Tak dipungkiri, setiap makanan yang kiat konsumsi sehari-hari mengandung gula dan garam. Jika berlebihan tentu akan membahayakan kesehatan. Dengan melakukan puasa mutih tiga hari atau lebih, kadar gula dan garam dalam tubuh akan berkurang.

5 dari 6 halaman

2. Mengurangi Asupan Lemak

Melakukan puasa mutih tiga hari dapat membantu mengurangi asupan lemak yang masuk ke tubuh. Sebab saat puasa mutih, hanya nasi putih dan air putih saja yang dikonsumsi.

Jika lemak yang masuk ke dalam tubuh dibatasi, maka lemak yang tertimbun sebelumnya akan terpakai untuk menghasilkan energi. Aakhirnya lemak dalam tubuh lebih optimal digunakan dan yang tertimbun menjadi sedikit. Alhasil resiko penyakit pun jauh lebih rendah.

6 dari 6 halaman

3. Detoks Racun dalam Tubuh

Puasa memang dikenal sebagai treatmen untuk detoksifikasi racun dari dalam tubuh. Selain itu, melakukan puasa mutih juga akan memberikan manfaat serupa. Jika seseorang hanya mengonsumsi nasi putih dan air putih, maka akan membantu tubuh mendetoks racun dalam tubuh agar mudah dikeluarkan.

Sebab jika sehari-hari banyak mengonsumsi makanan berat, maka kerja detoks dalam tubuh kurang optimal. Sedangkan apabila tidak ada asupan berat, detoks lebih ringan untuk dilakukan.

Demikian itulah penjelasan tentang cara puasa mutih tiga hari dan manfaatnya dari segi kesehatan yang penting diperhatikan. Dengan begitu, puasa mutih juga bisa dijadikan sarana diet sehat.

Tujuan utama puasa mutih adalah untuk tujuan spiritual dan membersihkan penyakit hati dan dosa. Bonusnya adalah mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan terhindar dari gula serta garam yang berlebihan.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More