Contoh Kata Pengantar Makalah dan Struktur Penyusunnya, Penting Dipahami untuk Keperluan Akademik

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 21 September 2022 08:38
Contoh Kata Pengantar Makalah dan Struktur Penyusunnya, Penting Dipahami untuk Keperluan Akademik
Kata pengantar makalah sebagai pembukaan sebuah karya tulis ilmiah.

Dream - Penulisan kata pengantar makalah amat penting diketahui. Kata pengantar makalah sebagai pembukaan sebuah karya tulis ilmiah.

Sebagian orang berpikir bahwa membuat kata pengantar makalah sangatlah mudah. Pada kenyataannya menulis kata pengantar makalah perlu memerhatikan beberapa hal terkait karya tulisnya.

Karena memuat pembukaan mengenai karya tulis ilmiah, maka kata pengantar makalah penting dipahami oleh orang yang bergelut dalam berbagai bidang, seperti murid sekolah menengah, mahasiswa, guru, dosen, peneliti, penulis dan sebagainya. Karya tulis ini biasanya dibuat untuk keperluan akademik, namun tidak dipungkiri dalam bidang lain juga memerlukan makalah tertentu sesuai tujuannya. 

Kebanyakan orang mengira kata pengantar makalah hanyalah berisi ucapan syukur dan terimakasih. Padahal isi kata pengantar makalah lebih dari itu, yaitu mengankut gambaran umum tentang karya tulis tersebut. Tentu penting membuat kata pengantar makalah semenarik mungkin agar menggugah minat pembaca untuk melihat isi karya tulismu.

1 dari 8 halaman

Struktur Penyusun Kata Pengantar Makalah

Sebelum mengetahui contohnya, perlu diketahui juga struktur penyusun kata pengantar makalah. Hal ini penting agar Sahabat Dream mampu membuat kata pengantar makalah secara mandiri untuk keperluan tertentu.

Berikut struktur penyusun kata pengantar makalah yang penting dipahami:

1. Bagian Pembuka

Menulis paragraf pembuka sangat penting dalam penyusunan kata pengantar makalah. Paragraf ini secara singkat menjelaskan rasa syukur dan terimakasih penulis kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penulisan karya.

Biasanya penulisan pihak-pihak yang terlibat ini diurutkan sesuai seberapa besar pihak tersebut terlibat pada penulisan karya.

2. Bagian Isi

Struktur penyusun kata pengantar makalah selanjutnya adalah isi. Jika kamu hendak membuat kata pengantar makalah, penting untuk memerhatikan paragraf yang berupa isi. Isi pengantar makalah merupakan penjelasan singkat mengenai isi karya tulis yang kamu tulis. Kamu bisa mengawalinya dengan menyebutkan judul makalah, latar belakang atau alasan penulisan dan penjelasan singkat tentang isi makalah. Pembuatan isi dalam pengantar makalah sangat penting untuk dibuat semenarik mungkin. Hal ini penting agar pembaca tertarik untuk membaca karya tulismu.

3. Bagian Penutup

Struktur penyusun kata pengantar makalah yang terakhir adalah bagian penutup. Pada bagian ini, penulis menuliskan harapan atas manfaat dari makalah yang telah dibuat. Penutup bisa beridi pandangan ke depan mengenani manfaat karya tulis dan permohonan maaf kepada pembaca jika nantinya ditemukan kekeliruan dalam isi makalah.

2 dari 8 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah

Ilustrasi© Pexels.com

Berikut beberapa contoh kata pengantar makalah yang bisa kamu jadikan referensi untuk pembuatan karya tulis ilmiahmu:

Contoh 1

Kata Pengantar

Syukur alhamdulillah senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini guna memenuhi tugas kelompok untuk mata kuliah Pengantar Bisnis dan Hukum Bisnis, dengan judul: " Manajemen Produksi" .

Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini tidak terlepas dari bantuan banyak pihak yang dengan tulus memberikan saran dan kritik, sehingga makalah ini dapat terselesaikan.

Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna dikarenan keterbatasan pengalaman dan pengetahuan kami. Maka dari itu, kami mengharapkan segala bentuk saran dan masukan serta kritik dari berbagai pihak. Akhirnya, kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi perkembangan dunia pendidikan.

 

Yogyakarta, 5 September 2022

 

Tim Penulis

3 dari 8 halaman

Contoh 2

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya dengan sangat sederhana. Semoha makalah ini dapat dipergunakan sebagai satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam administrasi Pendidikan dan profesi keguruan.

Penulis merasa masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, baik secara teknis maupun materi mengingat minimnya kemampuan yang dimiliki. Maka dari itu, kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak dibutuhkan demi penyempurnaan makalah ini.

Penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhindda kepada pihak-pihak yang turut membantu dalam penyelesaian makalah ini.

Akhir kata, penulis berharap semoga Allah SWT memberikan imbalan setimpal kepada mereka yang memberikan bantuan dan dapat menjadikan semua bantuan itu sebagai ibadah. Amin Ya Rabbal Alamin.

 

Jakarta, 5 September 2022

 

Penulis

4 dari 8 halaman

Contoh 3

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “ Pengaruh Gula Terhadap Stamina Tubuh”. Tujuan penulisan ini untuk memenuhi tugas dari Ibu Karya tulis ini diharapkan dapat menjadi penambah wawasan bagi pembaca serta bagi penulis sendiri.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Dra. Suratin, pada kuliah Ilmu Gizi. yang sudah mempercayakan tugas ini kepada penulis, sehingga sangat membantu penulis untuk memperdalam pengetahuan pada bidang studi yang sedang ditekuni.

Terima kasih juga penulis ucapkan kepada semua pihak yang telah berbagi pengetahuannya kepada penulis, sehingga karya tulis ini dapat diselesaikan tepat waktu.

Tidak ada gading yang tak retak, penulis menyadari jika makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik serta saran demi kesempurnaan dari makalah ini.

 

Semarang, 5 September 2022

 

Penulis

5 dari 8 halaman

Demikian itulah contoh kata pengantar makalah dan struktur penyusunnya yang penting dipahami. Dengan contoh-contoh di atas, kamu bisa mempelajari dan menuliskan sendiri kata pengantar untuk makalah penelitianmu.

Inti dari kata pengantar makalah ialah berupa hal-hal yang telah kamu lalui dalam penulisan dan pembuatan makalah, sehingga karya tulis itu dapat terselesaikan dengan segala kekurangan dan kelebihan yang menyertai.

Tentu saja, semakin menarik kata pengantar makalah yang kamu buat, maka akan semakin menggugah minat pembaca untuk melihat isi makalahmu.

6 dari 8 halaman

Jenis-jenis Kata Pengantar

Ilustrasi© Unsplash.com

Kata pengantar tak hanya dibuat untuk makalah saja, melainkan juga dipakai untuk berbagai keperluan seperi pembuatan buku, novel, dan lain sebagainya.

Terlepas dari tujuan pembuatannya, kata pengantar dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

1. Kata Pengantar Preface

Kata pengantar preface ditulis sendiri oleh pemilik karya. Tujuannya adalah memberitahukan kepada pembaca bagaimana suatu karya atau buku itu disusun serta alasan penyusunannya.

Kata pengantar preface harus dibuat untuk membangun kredibilitas penulis dan bukunya. Sederhananya, penulis memberikan rangkuman tentang alasan penulisan buku, serta ruang lingkup temanya.

2. Kata Pengantar Freword

Kata pengantar freword adalah kata pengantar yang tidak ditulis oleh penulis sendiri. Kata pengantar yang satu ini ditulis oleh sosok yang lebih terkenal dan dihormati.

Seringkali penulis kata pengantar freword memiliki latar belakang atau pengalaman yang relevan dengan tema buku tersebut.

Tujuan dari kata pengantar freword ialah mengenalkan penulis dan bukunya kepada pembaca. Selain itu, juga untuk mencoba membangun integritas keduanya. Umumnya, kata pengantar freword tidak memberikan informasi tentang subjek buku, melainkan hanya sebagai pengingat alasan seseorang harus membaca buku tersebut.

7 dari 8 halaman

Cara Menulis Kata Pengantar yang Efektif

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, kamu perlu mengetahui cara membuat kata pengantar yang efektif, antara lain:

  • Kata pegantar hedaknya ditulis setelah suatu karya tulis selesai digarap. Sebab sulit menulis kata pengantar jika karya tulis belum diselesaikan.
  • Ketahui persyaratan atau format untuk publikasimu. Sebab masing-masing publikasi memiliki persyaratan yang berbeda. Misal kamu menulis sebuah buku dari hasil penelitian, maka buatlah kata pengantar dengan format yang sesuai karya tersebut.
  • Tulisan kata pengantar ditujukan langsung untuk pembaca. Buatlah seolah-olah kamu sedang bercakap-cakap dengan pembaca. Maka dari itu, gunakan kata pengantar yang baik sebagai kesempatan untuk terhubung dengan pembaca.
  • Tidak perlu memberikan informasi penting hanya pada kata pengantar. Sebab banyakpembaca yang mengabaikan informasi penting yang tersedia pada kata pengantar.
  • Tulis kata pengantar singkat, tak perlu lebih dari dua halaman.
8 dari 8 halaman

Perbedaan Kata Pengantar dan Pendahuluan

Antara kata pengantar dan pendahuluan adalah bagian yang berbeda. Di mana kata pengantar adalah pengantar dari sebuah buku atau karya tulis ilmiah yang ditulis oleh penulisnya. Meski begitu, ada juga kata pengantar yang ditulis oleh orang yang berbeda. Inilah yang kemudian disebut dengan foreword, di mana umumnya mendahului dari kata pengantar dari penulis.

Sedangkan pendahuluan adalah dasar untuk arti penelitian pada hampir setiap bidang akademik. Bagian inilah yang dalam ruang lingkup sempit bisa dimasukkan pada bagian artikel jurnal yang berupa penelitian baru. Sehingga fungsinya adalah untuk menempatkan studi dalam tubuh literatur yang relevan dan menyediakan konteks untuk pembacanya.

Berikut adalah beberapa perbedaan kata pengantar dan pendahuluan yang perlu sahabat Dream ketahui:

  1. Kata pengantar dijadikan sebagai pengantar di bagian awal buku, makalah, esai, serta karya tulis ilmiah. Sedangkan pendahuluan adalah peninjauan kembali pustaka-pustaka yang berhubungan (review of related literature).
  2. Kata pengantar berisi tentang tujuan yang umum, ucapan terima kasih kepada orang-orang yang membantu dalam penulis tersebut, dan sebagainya. Sedangkan pendahuluan mencakup tentang pengetahuan yang terkini, termasuk temuan substantif, dan kontribusi teoritis dan metodologis untuk suatu topik penelitian.
  3. Kata pengantar adalah di luar Bab 1. Sedangkan pendahuluan ada dalam Bab 1 yang isinya berupa tujuan penelitain dan manfaat penelitian yang sesuai dengan topik penelitian.
Beri Komentar