6 Manfaat Humidifier bagi Kesehatan, Bantu Menghambat Penularan Penyakit

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 19 Juli 2022 09:01
6 Manfaat Humidifier bagi Kesehatan, Bantu Menghambat Penularan Penyakit
Pemasangan humidifier akan menjaga udara agar tetap lembap.

Dream – Humidifier menjadi alat yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Baik itu di rumah hingga di tempat kerja, khususnya ruangan yang menggunakan AC. Di mana humidifier sendiri adalah alat yang berfungsi untuk menjaga udara agar tetap lembap di dalam ruangan. Dengan adanya alat ini di ruangan, maka bisa membuat pernapasan menjadi lebih nyaman.

Meski begitu, manfaat humidifier tidak hanya sekadar untuk pernapasan saja. Tetapi bisa juga mengatasi kulit yang kering hingga mencegah terjadinya penularan penyakit. Mengingat bahwa bakteri dan virus ada di sekitar kita. Apalagi sejak kedatangan virus Covid-19 yang menghantui setiap orang di seluruh dunia. Jadi, penggunaan humidifier di ruangan bisa menjadi keputusan yang tepat untuk mencegah terpapar virus tersebut.

Untuk mengetahui apa saja manfaat humidifier bagi kesehatan manusia, berikut sebagaimana telah dirangkum Dream melalui hellosehat.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Humidifier bagi Kesehatan

Manfaat Humidifier bagi Kesehatan© Freepik.com

Mengatasi Kulit Kering dan Bibir Pecah-pecah

Manfaat humidifier yang pertama adalah mengatasi kulit kering dan bibir pecah-pecah. Kondisi seperti ini bisa terjadi jika kondisi di sekelilingmu panas dan kering. Sehingga membuat kulit mudah kering dan bibir menjadi pecah-pecah. Kalau sudah begini, kulit akan tampak bersisik dan bibir juga terasa perih karena terkelupas.

Nah, untuk mengatasinya, sahabat Dream bisa memasang humidifier. Selain melembapkan udara, humidifier akan menjaga kulit kamu tetap lembap. Kamu bisa memasangnya di kamar tidur, ruang kerja, atau bisa juga di ruang keluarga.

Meredakan Kulit Gatal

Kondisi kulit yang kering lama-kelamaan bisa membuat kulit sahabat Dream terasa gatal. Akhirnya kamu pun tidak tahan untuk menggaruknya dan jika terus-terusan digaruk, maka bisa menyebabkan luka yang terasa perih di kulit hingga akhirnya meninggalkan bekas luka. Jika hal ini terjadi di bagian yang terbuka, tentu akan mudah dilihat oleh orang lain dan bisa mengurangi rasa percaya dirimu.

Manfaat humidifier juga bisa menjaga kulitmu tetap lembap. Dengan begitu, hal ini akan mengurangi rasa gatal yang kamu rasakan di kulit. Bahkan penggunaan humidifier juga bisa mengurangi gatal karena suatu penyakit, seperti pada pengobatan jerawat, psoriasis, gangguan tiroid, dan gatal dikarenakan penggunaan kosmetik dengan bahan yang tidak cocok di kulitmu.

2 dari 3 halaman

Manfaat Humidifier bagi Kesehatan

Manfaat Humidifier bagi Kesehatan© Freepik.com

Mengurangi Dengkuran

Apakah di antara sahabat Dream ada yang memiliki kebiasaan mendengkur saat sedang tidur? Hal ini bisa terjadi karena tersumbatnya hidung atau karena ada masalah di bagian pernapasan.

Nah, untuk mengatasi masalah dengkuran di saat tidur, sahabat Dream bisa mencoba memasang humidifier di kamar. Humidifier akan membuat udara menjadi lebih lembap. Sehingga akan mengurangi hidungmu yang tersumbat dan membuat bagian pernapasan menjadi lebih lega. Dengan begitu, sahabat Dream bisa tidur lebih nyaman.

Mencegah agar Asma Tidak Kambuh

Bagi pengidap asma, penyakit ini bisa sewaktu-waktu kambuh. Sehingga harus segera diberikan penanganan sebagai pertolongan pertama agar bisa bernapas normal lagi. Asma bisa menyerang anak-anak hingga orang dewasa yang biasanya juga disertai dengan infeksi pernapasan.

Nah, untuk mencegah agar asma tidak kambuh, cobalah untuk memasang humidifier di rumah. Tapi, akan lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Karena kondisi udara yang terlalu lembap juga bisa menimbulkan gejala alergi.

3 dari 3 halaman

Manfaat Humidifier bagi Kesehatan

Manfaat Humidifier bagi Kesehatan© Freepik.com

Menghambat Penularan Penyakit

Kehadiran penyakit bisa datang dari mana saja. Misalnya saja ketika sahabat Dream sedang dekat dengan orang yang sedang memiliki penyakit menular. Maka penyakit tersebut bisa saja berpindah. Baik itu melalui bersin, batuk, keringat, atau saat sedang berbicara dengan orang tersebut.

Untuk menghambat penularan penyakit tersebut, sahabat Dream bisa menggunakan humidifier. Hal ini pun telah dilakukan penelitian dalam jurnal National Academy of Sciences yang meneliti tentang hubungan antara tingkat kelembapan udara dan berapa lama virus influenza mampu bertahan hidup.

Hasilnya adalah bahwa virus influenza bisa bertahan hidup lebih lama dan lebih mudah tersebar di tempat yang kelembapan udaranya rendah. Jadi, penggunaan humidifier bisa menjadi solusi tepat agar penularan penyakit bisa dicegah.

Mengatasi Gejala Pilek, Flu, dan Alergi

Manfaat humidifier berikutnya adalah bisa mengatasi gejala pilek, flu, dan alergi. Hal ini karena humidifier akan mengurangi rasa gatal yang biasanya sahabat Dream keluhkan saat sedang pilek, lalu gatal di bagian kerongkongan. Kondisi seperti ini sangat mengganggu kenyamanan sahabat Dream. Bahkan menghambat untuk melakukan aktivitas.

Tak hanya mengurangi rasa gatal di hidung dan tenggorokan saja, humidifier akan sangat membantu untuk mencegah agar virus dan bakteri tidak tumbuh di udara yang kering. Dengan begitu, sahabat Dream akan lebih kecil risikonya untuk terserang penyakit, terutama penyakit pilek dan flu.

Itulah manfaat humidifier bagi kesehatan manusia. Di mana sahabat Dream bisa meletakkannya di kamar tidur hingga di kantor untuk menjaga agar kondisi udara tetap lembap.

Beri Komentar