Detik-Detik CCTV Rekam Brigadir J di Rumah Ferdy Sambo Sebelum Tewas Ditembak

Reporter : Nabila Hanum
Kamis, 11 Agustus 2022 18:30
Detik-Detik CCTV Rekam Brigadir J di Rumah Ferdy Sambo Sebelum Tewas Ditembak
Berikut adegan-adegan yang terekam CCTV sepanjang Magelang-Jakarta, pada Jumat 8 Juli 2022

Dream - Brigadir J atau Nopriansyah Yosua Hutabarat tewas di kediaman mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada 8 Juli lalu.

Sebelum peristiwa, Brigadir J dan rombongan, termasuk istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, dari Magelang, Jawa Tengah, menuju ke Duren Tiga, Jakarta. Perjalanan pulang ini terekam sejumlah kamera CCTV.

Rekaman ini memperlihatkan detik-detik terakhir Brigadir J sebelum dieksekusi oleh Bharada E atas perintah Ferdy Sambo.

Berikut adegan-adegan yang terekam CCTV sepanjang Magelang-Jakarta, pada Jumat 8 Juli 2022:

1 dari 6 halaman

09.4 WIB

Rombongan Putri Candrawathi menggunakan dua mobil hitam (berjenis MPV dan SUV) melintasi Jalan Ahmad Yani menuju ke arah Jalan Raya Secang, Magelang.

Tampak rombongan menggunakan tiga mobil, paling depan mobil patwal Polri jenis sedan, diikuti oleh mobil MPV berwarna hitam, yang diduga ditumpangi Putri Candrawathi, lalu pada urutan ketiga yakni mobil SUV warna hitam.

14.03 WIB

Rombongan terekam CCTV memasuki rest area KM 86 B Tol Cipali. Satu menit berselang, tampak seorang ajudan yang diduga Brigadir J mengenakan baju putih keluar dari mobil SUV menuju ke toilet.

Ia kembali dari toilet dan masuk mobil pada pukul 14.06 WIB. Kemudian tiga mobil tersebut meninggalkan rest area, melintas di KM 84 menuju ke arah Jakarta.

15.32 WIB

Rekaman CCTV menangkap momen ketika mobil rombongan Putri Candrawathi melintasi Jalan Mampang Prapatan Raya.

2 dari 6 halaman

Rekaman CCTV lain memperlihatkan Irjen Ferdy Sambo tiba di rumah pribadinya di Jalan Saguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan, dengan dikawal oleh sebuah motor Patwal Lantas.

Sambo mengenakan seragam lengkap didampingi Brigadir Deden diikuti seorang wanita berjilbab sebagai petugas medis. Mereka hendak melakukan test PCR. Mereka semua melintas ke arah kanan untuk selanjutnya masuk ke dalam rumah.

15.40 WIB

Selang sekitar 11 menit, atau sekitar pukul 15.40 WIB, rombongan Putri, istri Irjen Ferdy Sambo datang memakai switer hijau celana legging diikuti rombongan. Yakni Bharada J, Bharada E dan sejumlah asisten rumah tangga (ART). Rombongan Putri ini baru tiba dari Magelang, Jawa Tengah.

" Itu dia datang," kata sumber tersebut sambil memperlihatkan rekaman CCTV.

Rombongan Putri melintas melewati pintu masuk garasi yang sebelumnya dilalui Sambo. Terlihat sosok Brigadir J yang memakai kaus putih dengan tegap berjalan memasuki rumah disusul Bharada E dengan baju biru bergaris.

Kedua ajudan itu datang dengan santai, hal itu terlihat dari pakaian kasual yang mereka kenakan. Dari Bharada E yang sempat berjalan ke lorong sebelah kiri, lalu keluar kembali dan berjalan masuk ke lorong kanan seperti rombongan yang lain.

Rekaman kembali dilanjutkan dengan memperlihatkan rekaman sudut proses tes PCR yang dilakukan oleh seorang tenaga kesehatan berjenis kelamin wanita.

Putri menjalani tes PCR. Brigadir J yang saat itu mengenakan baju putih turut menjalani tes PCR di rumah tersebut. Tak lama kemudian, pria diduga Bharada E terlihat mengenakan kaos berkerah warna biru gelap juga menjalani tes PCR.

Mereka melakukan proses tes PCR, dengan duduk bersandar di tembok yang terlihat seperti sisi halaman rumah. Dengan baju yang masih sama ketika mereka kenakan setibanya dari Magelang.

 

3 dari 6 halaman

16.07 WIB

Selama proses PCR berlangsung, tidak terlihat Irjen Ferdy Sambo dalam rekaman tersebut. Bahkan sampai scene sekitar pukul 16.07 WIB, Sambo tetap tak terlihat di lokasi pengambilan PCR.

Setelah proses PCR rampung, rekaman CCTV kembali memperlihatkan rekaman garasi yang memperlihatkan Putri bersama rombongan bersiap untuk keluar dari rumah di Jl. Saguling tersebut.

17.09 WIB

Putri bersama Bharada E dan Brigadir J sekitar pukul 17.09-17.12 WIB berangkat ke rumah dinas di Duren Tiga.

Tak lama kemudian, Ferdy Sambo baru kembali terlihat dalam rekaman CCTV di garasi, sejak tiba di awal tadi.

Sambo terlihat keluar menuju mobil yang terparkir di luar bersamaan personel Polisi Patroli dan Patwal yang memakai motor.

Setelah Sambo meninggalkan rumah itu, scene rekaman CCTV terpotong dan melompat ke rekaman dari salah satu rumah di sekitar kejadian.

Rekaman itu memperlihatkan personel Patwal tiba-tiba berhenti, dengan tolehan ke arah belakang, seraya berkomunikasi kepada kendaraan di belakangnya.

Petugas Patwal yang mengawal rombongan Ferdy Sambo itu terlihat memutar balik ke arah sebaliknya. 

4 dari 6 halaman

20.00 WIB

Setelah itu, scene rekaman memperlihatkan ambulans yang membawa diduga jenazah Brigadir J bergerak dari rumah singgah di Komplek Perumahan Polri, Duren Tiga menuju Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati.

Terlihat momen itu terjadi sampai dengan sekitar pukul 20.00 Wib, merekam situasi RS. Polri ketika mobil ambulans itu tiba, sejak momen memutar baliknya Ferdy Sambo, serta kembalinya Putri dari rumah singgah.

5 dari 6 halaman

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut jika Timsus sudah mengetahui dan tengah memeriksa pihak yang mengambil serta menyimpan CCTV di pos satpam kawasan rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

" Ada CCTV rusak yang diambil pada saat di satpam, sudah kita dalami dan sudah kita dapatkan proses pengambilan dan siapa yang mengambil juga sudah kita lakukan pemeriksaan," ujar Sigit, Kamis 4 Agustus 2022.

6 dari 6 halaman

Menurutnya, Timsus masih melakukan proses pemeriksaan terhadap saksi-saksi tersebut. Nanti, lanjut Sigit, keputusannya apakah ini masuk dalam pelanggaran kode etik maupun pelanggaran pidana.

" Nanti akan diputuskan yang jelas pemeriksaan masih berlanjut namun demikian hal itu dapatkan siapa yang melakukan Siapa yang mengambil Siapa yang menyimpan. Dan semuanya nanti akan kita buka pada saat prosesnya tuntas tapi yang jelas kita tentunya akan mengambil langkah-langkah secara cepat," ujarnya.

Diketahui, Polri telah menetapkan empat orang sebagai tersangka dalam kasus kematian Brigadir J, di antaranya Bharada E, Brigadir R, Sopir KM, dan Irjen Ferdy Sambo.

Sumber: merdeka.com

Beri Komentar