Doa agar Dijauhkan dari Siksa Kubur yang Wajib Diketahui Umat Islam

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 25 Januari 2023 06:01
Doa agar Dijauhkan dari Siksa Kubur yang Wajib Diketahui Umat Islam
Baca doa ini agar dijauhkan dari siksa kubur yang sangat pedih!

Dream - Doa merupakan wujud kerendahan hati seorang hamba kepada Allah SWT. Tujuan berdoa ialah memohon kebaikan, kemaslahatan dan ampunan dari Sang Khalik. Orang yang taat beribadah akan berusaha mendekatkan diri kepada-Nya.

Ketika nyawa dicabut dari raga, manusia hanyalah tinggal seonggok daging tak berguna. Setelah mati, manusia memasuki alam kubur untuk menerima separuh balasan atas tindakannya di dunia.

Selama di alam barzah, manusia akan menghadapi balasan sesuai amal perbuatannya di dunia. Mereka yang senantiasa melanggar perintah Allah SWT harus merasakan pedihnya siksa kubur.

Ancaman yang berulang kali disampaikan dalam Al-Quran inilah yang membuat setiap muslim harus senantias memohon agar terhindar dari siksa kubur. Memanjatkan doa agar dijauhkan dari siksa kubur diusahakan untuk selalu dibaca setiap hari terutama setelah sholat fardhu.

Berikut bacaan doa agar dijauhkan dari siksa kubur yang pedih, dirangkum Dream dari berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Doa agar Dijauhkan dari Siksa Kubur

Doa agar dijauhkan dari siksa kubur ini penting diketahui bagi setiap umat Islam. Rasulullah SAW pernah menyebutkan berbagai macam siksa kubur melalui hadis riwayat Imam Bukhari berikut ini:

" Orang-orang yang suka berbohong, menyebarkan cerita dusta akan disobek rahangnya secara terus-menerus sampai hari kiamat. Orang-orang yang belajar Alquran namun pada malam harinya hanya tidur dan siang harinya tidak mau mengamalkannya akan dihantam kepalanya sampai pecah secara berulang-ulang hingga datang hari kiamat. Para pezina akan direbus dalam tungku mendidih tanpa henti sampai hari kiamat. Orang-orang ditenggelamkan dalam sungai darah, ketika mereka berenang hendak menepi maka dilempari batu mulutnya sampai terdorong ke tengah lagi, demikian terus-menerus sampai datang hari kiamat. Itu adalah siksa bagi orang-orang yang makan riba."

2 dari 2 halaman

Maka dari itu, supaya kita dijauhkan dari siksa kubur, hendaknya membaca doa di bawah ini:

Allahumma inni 'audzubika min 'adzabil qobri wamin 'adzabinnar wamin fitnatil mahyaa wal mamati wamin fitnatil masiihiddajjal

Artinya:

" Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari kejahatan fitnah al-masikh ad-Dajjal." (Hadits riwayat Imam Muslim dari Anas dan Abu Hurairah).

Beri Komentar