Doa Anak untuk Kedua Orang Tuanya, Syafaat agar Mendapat Tempat Terbaik di Sisi-Nya

Reporter : Arini Saadah
Sabtu, 26 November 2022 18:01
Doa Anak untuk Kedua Orang Tuanya, Syafaat agar Mendapat Tempat Terbaik di Sisi-Nya
Simak bacaan doa anak untuk kedua orang tuanya yang perlu diamalkan setiap hari berikut ini!

Dream - Anak yang berbakti adalah dambaan setiap orang tua. Terlebih agama Islam mengajarkan kepada pemeluknya agar senantiasa menghormati dan mengasihi orang tua. Begitupun sebaliknya, orang tua juga harus menyayangi dan mencintai anak-anaknya.

Seiring berjalannya waktu, anak-anak akan semakin dewasa hingga membangun bahtera rumah tangga. Sementara orang tua semakin hari bertambah usia dan menua. Agar tak menyesal di kemudian hari, sebaiknya kita harus selalu menghormati dan mendoakan kedua orang tua.

Doa anak untuk kedua orang tuanya dapat menjadi penolong ketika orang tua sudah tiada. Sebab dalam hadis disebutkan bahwa amalan yang tidak akan terputus meski raga sudah menyatu dengan tanah adalah doa anak untuk orang tuanya.

Maka dari itu, setiap orang dianjurkan membaca doa anak untuk kedua orang tuanya, baik bagi mereka yang orang tuanya masih hidup atau telah tiada.

Berikut bacaan doa anak untuk kedua orang tuanya yang perlu diamalkan setiap hari.

1 dari 3 halaman

Doa Anak untuk Kedua Orang Tuanya versi Singkat

Doa anak untuk kedua orang tuanya sebaiknya dibaca setiap hari usai sholat fardhu. Doa anak untuk kedua orang tuanya yang singkat ini mudah sekali dihafalkan. Berikut bacaan doa anak untuk kedua orang tua yang bisa kamu baca dan hafalkan dengan mudah:

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiira.

Artinya:

“ Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil.”

2 dari 3 halaman

Doa Anak untuk Kedua Orang Tuanya Versi Panjang

Sahabat Dream juga dapat mengamalkan doa anak untuk kedua orang tuanya versi panjang berikut ini. Doa ini juga sebagai syafaat untuk orang tua yang sudah meninggal dunia agar mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيْرًا وَلِجَمِيْعِ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ وَالمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ سًبْحَانَ رَبَّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allahummaghfir li dzunubi, wa li walidayya warhamhuma kama rabbayani shaghiran, wa li jami'il mu'minina wal mu'minati, wal muslimina wal muslimat al ahya'i minhum wal amwati, wa tabi' baynana wa baynahum bil khayrati. Rabbighfir warham wa anta khayrur rahimina, wa la hawla wa la quwwata illa billahil 'aliyyil adhimi, wa shallallahu 'ala khayri khalqihi sayyidina muhammadin wa alihi wa shahbihi wa sallama. Subhana rabbika rabbil 'izzati 'an ma yashifuna, wa salamun 'alal mursalina, wal hamdulillahi rabbil 'alamin.

3 dari 3 halaman

Artinya:

" Tuhanku, ampunilah dosaku dan kedua orang tuaku. Kasihilah mereka sebagaimana mereka mengasuhku ketika kecil, (ampunilah dosa) orang beriman dan orang Islam baik laki-laki maupun perempuan, yang masih hidup dan yang sudah wafat. Iringilah kebaikan antara kami dan mereka. Tuhanku, ampunilah dan kasihilah. Sungguh, Kau sebaik-baik pengasih, Tiada daya dan upaya kecuali berkat Allah yang maha tinggi dan maha agung. Salam sejahtera untuk sebaik-baik makhluk-Nya, Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya, Maha Suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

Demikian itulah bacaan doa anak untuk kedua orang tuanya yang wajib kita amalkan. Sebab orang tua adalah sosok yang perlu kita hormati dan kasihi. Sebagaimana ridlo Allah terletak pada ridlo kedua orang tua. Unuk mendapatkan ridlo dari Allah, sebaiknya kita berlaku baik kepada orang tua agar mendapat ridlo dari mereka.

Beri Komentar