Doa Awal Bulan Desember Sebagai Wujud Syukur dan Memohon Keberkahan

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 1 Desember 2022 18:01
Doa Awal Bulan Desember Sebagai Wujud Syukur dan Memohon Keberkahan
Simak jawaban selengkapnya berikut ini!

Dream – Membaca doa awal bulan disunahkan sebagai wujud syukur dalam menyambut pergantian waktu yang umumnya berlangsung 30hari. Tak hanya bulan Desember, setiap muslim dianjutkan membaca doa setiap pergantian bulan sebagai rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan Allah kepada makhluknya.

Bulan Desember adalah bulan terakhir dalam penanggalan masehi yang menggunakan perhitungan berdasarkan perputaran bumi terhadap matahari. Artinya sebentar lagi kita akan menghadapi pergantian tahun yang biasanya dirayakan secara meriah di setiap penjuru dunia.

Untuk mengawali bulan Desember ini, sebaiknya kita berdoa agar hari-hari yang akan kita lalui bisa menjadi sarana untuk meningkatkan keimanan dan memperbanyak ibadah kepada Tuhan. Lalu bagaimana bacaan doa awal bulan Desember? Simak jawaban selengkapnya berikut ini!

1 dari 3 halaman

Bacaan Doa Awal Bulan Desember

Doa awal bulan Desember dibaca sebagai ucapan syukur karena kita masih diberikan kesempatan untuk hidup dan memperbaiki keadaan.

Kesempatan itu sudah semestinya harus dimanfaatkan dengan baik untuk ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbuat kebajikan di muka bumi.

Karenanya sebagai Muslim kita dianjurkan membaca doa awal bulan Desember dan awal bulan-bulan lainnya. 

Mengutip dari laman Bincang Syariah, di dalam kitab Al-Adabus Syar’iyah, Imam Ibn Muflih Al-Maqdisi menyebutkan doa setiap pergantian bulan baru, termasuk doa awal bulan Desember. Langsung saja simak bacaan doa awal bulan Desember di bawah ini:

الله اكبر الله اكبر الله اكبر الحمد لله الذي ذهب بشهر كذا وجاء بشهر كذا

Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar. Alhamdulillahil ladzii dzahaba bi syahri kadzaa wa jaa-a bi syahri kadzaa.

Artinya:

“ Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan bulan ini (sebutkan nama bulannya) dan telah mendatangkan bulan ini (sebutkan nama bulan yang baru).”

2 dari 3 halaman

Doa Akhir Tahun

Desember adalah bulan terakhir dalam penanggalan masehi. Artinya sebentar lagi kita semua akan melewati masa pergantian tahun. Selain membaca doa awal bulan Desember, kita juga disunahkan membaca doa akhir tahun saat bulan Desember berakhir nanti. Doa akhir tahun ini dibaca sebanyak tiga kali sebelum masuk pergantian tahun.

Allahumma maa 'amiltu min 'amalin fi hadzihis-sanati maa nahaitani 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha 'alayya bi fadllika ba'da qudratika 'ala 'uqubati, wa da'autani ilat taubati min ba'di jara'ati 'ala ma'shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma 'amiltu fîha mimma tardla, wa wa'attani 'alaihits tsawaba, fa as'aluka an tataqabbala minni wa la taqtha' raja’i minka ya karim

Artinya:

" Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku, Ya Tuhan Yang Maha Pemurah."

3 dari 3 halaman

Doa Awal Tahun

Setelah membaca doa akhir tahun, kemudian setelah memasuki pergantian tahun kita disunahkan membaca doa awal tahun sebagai berikut:

Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa 'ala fadllikal 'azhimi wa karimi judikal mu'awwal. Hadza 'amun jadiidun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fihi minas syaithani wa auliya'ih, wal 'auna 'ala hadzihin nafsil ammarati bis-su'i, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya:

" Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu, Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan."

Dengan membaca doa awal bulan Desember dan doa awal-akhir tahun, terselip harapan agar kita menjadi manusia yang lebih berkembang di waktu yang akan datang. Selain itu, dengan membaca doa, semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan anugerah kepada kita.

Beri Komentar