Doa Bulan Rajab, Sya'ban dan Ramadhan, Seorang Muslim Harus Tahu

Reporter : Arini Saadah
Senin, 23 Januari 2023 22:01
Doa Bulan Rajab, Sya'ban dan Ramadhan, Seorang Muslim Harus Tahu
Saat memasuki bulan Rajab, Sya’ban dan Ramadhan, sebagai Muslim sebaiknya memperbanyak doa dan memohon ampunan kepada Allah.

Dream – Bulan Rajab, Sya’ban dan Ramadhan merupakan nama-nama bulan dalam kalender Islam. Ketiga bulan itu diyakini sebagai bulan yang sangat mulia. Tentu saja bagi umat Islam, ketiga nama bulan itu sudah tidak asing terdengar di telinga.

Pada ketiga bulan mula ini setiap Muslim dinjurkan melaksanakan amalan-amalan sunnah. Bangsa Arab pada zaman dahulu mengagungkan bulan Rajab dengan mengharamkan peperangan pada bulan ini. Sementara bulan Sya’ban adalah bulan yang dianggap singkat atau pendek, karena kebanyakan Umat Islam menanti-nanti hilal Bulan Ramadhan.

Seperti telah diketahui, Ramadhan adalah bulan yang paling dinantikan oleh Muslim di seluruh dunia. Pada bulan ini segala amal kebaikan dilipatgandakan pahalanya, segala dosa diampuni, dan rezeki bertebaran melimpah bagi umat manusia.

Nah ketika memasuki ketiga bulan di atas, yakni Rajab, Sya’ban dan Ramadhan, sebagai Muslim sebaiknya memperbanyak doa. Doa Bulan Rajab, Sya’ban dan Ramadhan perlu diketahui agar kita bisa mengamalkannya.

Lalu bagaimana bacaan doa bulan Rajab, Sya’ban dan Ramadhan? Simak ulasannya di bawah ini agar kamu juga bisa turut mengamalkan demi meraih ridlo Tuhan.

1 dari 3 halaman

Doa Memasuki Bulan Rajab

Ketika memasuki bulan Rajab, umat Islam dianjurkan untuk memohon keberkahan hidup kepada Allah SWT. Dalam doa bulan rajab ini juga terkandung permohonan agar diberikan umur panjang untuk menyambut bulan Sya'ban hingga bisa bertemu dengan Bulan Ramadhan mendatang. Doa ini pernah dibaca Rasulullah SAW yang diriwayatkan dalam sebuah hadis. Begini bacaan doa Bulan Rajab yang perlu kamu ketahui dan amalkan:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allâhumma barik lana fi Rajaba wa Sya‘bâna wa ballighna Ramadhana

Artinya:

“ Ya Allah, berkatilah kami pada Bulan Rajab dan Bulan Sya’ban. Sampaikan kami dengan Bulan Ramadhan.”

2 dari 3 halaman

Doa Ketika Memasuki Bulan Sya’ban

Bulan Sya'ban memang tidak termasuk dalam empat bulan mulia. Tidak pula termasuk dalam bulan utama. Apalagi letak Bulan Sya'ban berada di antara Rajab dan Ramadhan. Hal ini menyebabkan banyak orang melupakan Sya'ban karena mengejar keutamaan dua bulan mulia tersebut.

Padahal, Bulan Sya'ban juga memiliki keutamaan yang tak kalah luar biasa. Salah satunya, menjadi waktu diangkatnya catatan amal. Oleh sebab itu, ketika datang Bulan Sya'ban dianjurkan membaca doa berikut ini:

اللهم أحيينا حياة السعداء وأمتنا ممات الشهداء ، واحشرنا في زمرة الأنبياء والأصفياء إنك أنت الغفور الرحيم وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين ، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين

Allahumma ahyina hayata as sua’da wa amitna ma matas asy syuhada, wah syurna fi dzumroti al aulia, wal ashfia, innaka anta al ghofurul rohimi , wa so lallohu a’la alihi wa ashabihi ajma’in. wa akhiru dakwana anil hamdulillahi robbil a’lamin.

Artinya:

" Ya Allah hidupkanlah aku dalam kebahagiaan dan matikanlah aku dalam keadaan mati oran-orang yang syahid, dan kumpulkanlah daku di akhirat dengan  barisan para nabi dan kekasih Mu. Sesungguhnya engkau pengampun dan pengasih. Dan shalawat atas nabi Muhammad dan sahabat dan keluarganya. Dan demikian pinta ku pada Mu ya Allah, segala puji bagi Mu. Tuhan sekalian alam."

3 dari 3 halaman

Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Awal bulan Ramadhan biasanya ditentukan dengan melihat hilal bulan. Pada saat memasuki awal bulan, kita disunahkan membaca doa menyambut Bulan Ramadhan. Doa menyambut Bulan Ramadhan ini juga dibaca oleh Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani dan Imam Ad-Dailami. Hadis yang mengandung doa awal Bulan Ramadhan ini dikutip oleh Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami dalam Kitab Ithafu Ahlil Islam bi Khususiyatis Shiyam.

Berikut bacaan doanya yang perlu Sahabat Dream ketahui:

 اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī.

Artinya,

“ Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

 

Sumber: Bincang Syariah, NU Online

Beri Komentar