Doa Dihapuskan Segala Kesulitan

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 5 Juli 2021 20:00
Doa Dihapuskan Segala Kesulitan
Kita tak pernah bisa menghindar dari kesulitan kecuali atas pertolongan Allah.

Dream - Setiap hari akan ada kesulitan yang dialami manusia. Kesulitan adalah bagian dari proses kehidupan.

Orang yang selalu berpikiran positif akan menganggap kesulitan sebagian bagian dari proses elajar menyelesaikan masalah. Belajar untuk mencari jalan keluar tepat sehingga bisa mengatasinya.

Karena kehidupan adalah proses pembelajaran, Kita akan selalu bertemu situasi berbeda kapanpun di manapun.

Lambat laun, kita pun punya kemampuan untuk setiap kesulitan. Semua berkat kebiasaan dan, tentu saja, pertolongan Allah.

Agar kesulitan yang kita hadapi sepanjang hari dapat terhapus, biasakan membaca doa ini.

1 dari 3 halaman

Doa Penghapus Kesulitan


اللهم اني اسئلك باسمك الاحد الاعز وادعوك اللهم باسمك الاحد الصمد وادعوك باسمك العظيم الوتر وأدعوك اللهم باسمك الكبير المتعال، الذي ثبتت به أركانك كلها أن تكشف عني غم  ما أصبحت وأمسيت فيه

Allahumma inni as-aluka bismikal akhadil a'azzi wa ad'uka allahumma bismikal ahadish shamadi wa ad'uka bismikal adhimil witri wa ad'uka allahumma bismikal kabiril muta'al, Alladzi tsabatat bihi arkanuka kulluha an taksyifa 'anni ghamma ma ashbahtu wa amsaitu fihi.

Artinya,

" Ya Allah, saya memohon kepada-Mu dengan nama-Mu Yang Esa dan Mulia, dan saya berdoa kepada-Mu, Ya Allah, dengan nama-Mu Yang Esa dan tempat bergantung, saya berdoa kepada-Mu dengan nama-Mu Yang Agung dan Ganjil dan saya berdoa kepada-Mu dengan nama-Mu Yang Besar dan Luhur, yang dengannya semuanya bisa tetap, agar Engkau menghilangkan dariku sesuatu yang setiap pagi dan sore (menyulitkan) saya."

Sumber: Bincang Syariah.

2 dari 3 halaman

Doa Rasulullah Tatkala Menghadapi Kesusahan

Dream - Setiap orang tentu akan menghadapi kesusahan dan kesulitan. Tidak peduli bagaimana karakter dan status orang tersebut.

Tentunya, kesusahan yang terjadi sebanding dengan latar belakang masing-masing orang. Semakin sejahtera seseorang, maka tingkat kesusahannya bisa semakin berat.

Tidak hanya orang awam, kesusahan juga bisa melanda pribadi shaleh. Bahkan para nabi tidak luput dari hal ini.

Kesusahan sejatinya bukan untuk membuat manusia terpuruk. Sebaliknya, agar manusia dapat mengerahkan segala kemampuannya agar lepas dari kesusahan itu.

Ketika menghadapi kesusahan, Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan sebuah doa yang bisa kita amalkan. Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Al Baihaqi, doa ini juga diamalkan oleh Nabi Musa AS.

3 dari 3 halaman

Doa Menghadapi Kesusahan dari Rasulullah

Doa Rasulullah saat Menghadapi Kesusahan© Dream.co.id

Kunta wa takunu anta hayyun la tamutu tanamul 'uyunu wa tankadirun nujumu wa anta hayyun qoyyumum la ta'khudzuhu sinatuw wa la naumun ya hayyu ya qoyyumu.

Artinya,

" Engkau dulu, kini dan seterusnya hidup dan tidak akan mati. Semua mata tidur dan segala bintang redup, sementara Engkau Maha Hidup lagi Maha Mengurus (makhluk-Nya), dan Engkau tidak mengantuk dan tidak pula tidur, wahai Zat Yang Maha Hidup dan Maha Mengurus (makhluk-Nya)."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar