Doa untuk Kucing yang Meninggal dan Cara Menguburnya dalam Islam

Reporter : Arini Saadah
Senin, 15 Agustus 2022 11:00
Doa untuk Kucing yang Meninggal dan Cara Menguburnya dalam Islam
Mengubur dan mendoakan kucing yang meninggal adalah bentuk memuliakan ciptaan Allah SWT.

Dream - Kucing menjadi salah satu hewan rumahan yang paling populer. Sifatnya yang manja dan menggemaskan membuat orang menyukainya. Tak jarang, hewan berbulu ini mampu menghilangkan stres bagi pemiliknya.

Kecintaan pada kucing, membuat sebagian orang rela merogoh saku lebih dalam demi memanjakan hewan bernama latin Felis catus ini. Mulai dari makanan, minuman hingga perawatan tubuh kucing agar semakin bersih dan menggemaskan.

Tapi saat sakit atau bahkan meninggal, kucing kerap membuat pemiliknya sedih tak berkesudahan. Kebiasaannya yang lucu akan membuat sang pemilik susah meluapakannya.

Dalam Islam, kucing sangat dimuliakan. Apabila meninggal, kucing harus dikuburkan. Selain itu, ada bacaan doa untuk kucing yang meninggal.

Dirangkum Dream dari berbagai sumber, berikut bunyi doa untuk kucing yang meninggal beserta cara menguburnya menurut Islam.

1 dari 4 halaman

Cara Mengubur Kucing yang Meninggal

Sebelum mengetahui doa untuk kucing yang meninggal, ketahui terlebih dahulu cara menguburkannya.

Kucing yang meninggal sebaiknya dikuburkan. Selain untuk memuliakannya, kucing yang dikubur tidak akan menyebabkan bau tak sedap. Berikut langkah-langkah mengubur kucing yang meninggal:

1. Mencari Tempat untuk Mengubur

Apabila kucing peliharaanmu mati, maka pilihlah lokasi untuk mengubur di dekat rumahmu. Namun pastikan tempat mengubur kucing jauh dari pompa air agar tidak membuat airnya bau. Apabila kamu mendapat kucing yang mati karena tertabrak, maka kuburkanlah di dekat lokasi ia mati.

2. Membuat Lubang Kuburan

Cara mengubur kucing yang meninggal selanjutnya adalah dengan membuat lubang berbentuk persegi panjang dengan kedalaman lebih dari 30 cm. Semakin dalam semakin baik, hal ini untuk menghindari hewan lain menggali kuburan kucing tersebut.

Sementara untuk lebarnya, pertimbangkan panjang kaki kucing atau tinggi badan kucing. Sebab kucing dikubur dalam posisi keempat kakinya lurus atau tidak ditekuk. Sehingga ukuran panjang lubang kira-kira mencapai 50-60 cm.

2 dari 4 halaman

3. Dekat dengan Tanaman atau Pohon

Sebaiknya kuburkanlah kucing yang di dekat tanaman atau pohon. Bangkai kucing di dalam tanah akan terturai oleh hewan dekompser sehingga akan menyuburkan tanah di area tanaman.

4. Bungkus dengan Daun Segar

Kamu juga perlu membungkus kucing dengan dedaunan segar seperti daun pisang. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir bau bangkai kucing sekiranya kedalaman galian dirasa kurang. Apabila tak menemukan dedaunan, Sahabat Dream bisa membungkus kucing dengan kain bekas. Terutama apabila kucing mati karena tertabrak yang mengeluarkan banyak darah.

3 dari 4 halaman

5. Mulai Timbun dan Padatkan Tanah

Setelah meletakkan kucing di dalam lubang, kemudian timbunlah jasad kucing dengan tanah dan padatkan agar tidak menimbulkan bau tidak sedap yang biasanya keluar beberapa hari kemudian.

6. Taburkan Bunga Jika Perlu

Lalu taburkan bunga dan berikan tanda. Cara yang terakhir ini bisa dilakukan bisa juga tidak. Sebenarnya sudah cukup dengan menguburkannya dengan tata cara di atas.

 

4 dari 4 halaman

Doa untuk Kucing yang Meninggal

Mengubur kucing yang meninggal adalah upaya untuk memuliakan ciptaan Allah SWT, begitupula dengan mendoakannya. Hukum mendoakan kucing yang meninggal ini sah-sah saja.

Sebenarnya tidak ada doa khusus untuk kucing yang meninggal. Biasanya doa ini malah ditujukan kepada sang pemilik yang bersedih dan susah move on dari hewan kesayangannya.

Apabila Sahabat Dream mendapati kucingmu meninggal, maka bacalah doa berikut ini untuk mengurangi kesedihanmu:

Laa ilaaha illallah wallahu akbar, laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah, laa ilaaha illallah lahul mulku wa lahul hamdu, laa ilaaha illallah wa laa haula wa laa quwwata illa billaah.

Artinya:

" Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah dan Dia Maha besar, Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah semata-mata Dia dan tiada sekutu bagi-Nya. Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah hanya milikNya kerajaan dan segala puji. Tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah dan tiada daya maupun kekuatan kecuali dengan Allah."

Demikian itulah doa untuk kucing yang meninggal dan cara menguburkannya sesuai agama Islam. Roh kucing yang sudah meninggal juga akan dikumpulkan kembali setelah hari kiamat. Pada hari pembalasan, kucing akan berkumpul dengan hewan-hewan lainnya. Hal ini sesuai dengan Al-Quran surat Al-An’am ayat 38:

“ Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan.”

Beri Komentar