Sorot Lampu Ponsel Selamatkan Bocah Korban Tsunami Banten

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 27 Desember 2018 15:02
Sorot Lampu Ponsel Selamatkan Bocah Korban Tsunami Banten
Bocah itu tersangkut di karang yang jaraknya 500 meter dari bibir pantai.

Dream - Kawasan Anyer, Serang, Banten, porak-poranda usai diterjang tsunami pada Sabtu pekan lalu 22 Desember 2018. Sebanyak 430 orang meninggal akibat bencana yang datang tiba-tiba itu.

Ada kisah dramatis ketika proses evakuasi bocah 12 tahun yang selamat. Bocah ini ditemukan tersangkut di karang yang letaknya 500 meter dari bibir pantai.

Kisah tersebut diunggah pada akun Facebook Yanti Wij. Bocah perempuan itu ditemukan beberapa saat usai tsunami menyapu Tanjung Lesung.

" Dia berusaha bertahan hidup dengan mengangkat dan melambai-lambaikan tangannya yang memegang HP (ponsel)," tulis Yanti, diakses pada Kamis 27 Desember 2018.

Sorotan lampu senter ponsel dan teriakan si bocah menarik perhatian kru kontraktor pelaksana lapangan Proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman (PUPR PKP) Cipta Karya.

Mereka kemudian terjun ke laut untuk menyelamatkan bocah itu. " Dengan berenang bolak-balik sejauh hampir 500 meter anak ini bisa diselamatkan," kata dia.

 

1 dari 2 halaman

`Masih Banyak yang Mustinya Bisa Diselamatkan`

Ratusan korban berhasil dievakuasi beberapa saat usai tsunami oleh tim PUPR bersama warga. Mereka menceburkan diri ke laut untuk penyelamatan korban.

" Menurut mereka, masih banyak yang mustinya masih bisa diselamatkan, jika bantuan segera datang," tulis dia.

Kru yang terdiri dari 10 orang itu menjalankan evakuasi pada malam hari usai tsunami dengan peralatan seadanya. Mereka membawa para korban ke tempat yang lebih aman.

" Dengan 2 mobil proyek mereka bulak balik memindahkan korban ke tempat yang lebih aman," tulis Yanti.

Data terakhir BNPB menyatakan ada sekitar 430 orang meninggal akibat bencana ini. Sementara ribuan orang mengalami luka dan ratusan hilang.

2 dari 2 halaman

Ini Cerita Lengkapnya

Beri Komentar