Seperti Alat Doraemon, Topi Ini Dapat Kembalikan Ingatan yang Hilang

Reporter : Nabila Hanum
Sabtu, 10 September 2022 16:01
Seperti Alat Doraemon, Topi Ini Dapat Kembalikan Ingatan yang Hilang
Kehilangan memori dapat dipulihkan hanya dalam waktu 20 menit menggunakan metode ini.

Dream - Teknologi terus berkembang seiring kemajuan zaman. Para ilmuwan tak pernah berhenti mencari inovasi baru yang dapat membantu kehidupan manusia.

Baru-baru ini, para peneliti dari Universitas Boston menerbitkan temuan mereka di Nature Neuroscience, menyoroti bagaimana perawatan baru dapat membantu orang yang hidup dengan Alzheimer dan bentuk demensia lainnya.

Dilansir India Times, kehilangan memori dapat dipulihkan hanya dalam waktu 20 menit menggunakan metode ini.

1 dari 3 halaman

Metode ini bergantung pada topi yang dipakai yang dilengkapi dengan elektroda. Topi tersebut mengirimkan sinyal listrik ke otak. Para ilmuwan mengatakan hal itu dapat meningkatkan fungsi memori.

" Populasi yang semakin tua menyebabkan biaya pribadi, sosial, perawatan kesehatan dan ekonomi tambahan. Faktor yang sangat berkontribusi terhadap biaya ini adalah penurunan sistem memori dasar yang penting untuk aktivitas kehidupan sehari-hari, seperti membuat keputusan keuangan atau memahami bahasa," kata pemimpin penelitian, Robert Reinhart.

Peneliti sebelumnya telah melakukan percobaan pada beberapa partisipan. Partisipan penelitian menerima stimulasi listrik otak selama 20 menit selama 4 hari berturut-turut.

2 dari 3 halaman

Pasien juga diminta untuk menghafal 20 kata dan kemudian segera melafalkannya.

Setelah sinyal listrik frekuensi rendah diterapkan selama tiga hingga empat hari, partisipan memiliki memori jangka pendek yang lebih baik, dan efek baiknya dapat dilihat hingga sebulan kemudian.

Sinyal frekuensi tinggi mampu meningkatkan memori jangka panjang setelah hari kedua, bahkan setelah satu bulan.

Ilustrasi© Shutterstock

3 dari 3 halaman

Setelah perawatan, orang dengan fungsi kognitif yang lebih rendah dapat mengalami peningkatan memori.

" Secara klinis, ini penting karena ada orang yang hanya memiliki masalah memori jangka pendek dan yang lain hanya memiliki masalah memori jangka panjang. Jadi, memiliki alat di tangan yang dapat mengatasi masing-masing sistem memori ini sangat berharga," kata Reinhart.

Dengan efek yang bertahan hingga satu bulan, perawatan ini dapat bermanfaat bagi orang dengan penyakit yang berhubungan dengan ingatan.

Laporan : Erdyandra Tri Sandiva

Beri Komentar