Jokowi Ngunduh Mantu: Kaesang-Erina Akan Dikirab 12 Kereta Kencana dengan 28 Kuda ke Istana Mangkunegara

Reporter : Okti Nur Alifia
Kamis, 1 Desember 2022 10:33
Jokowi Ngunduh Mantu: Kaesang-Erina Akan Dikirab 12 Kereta Kencana dengan 28 Kuda ke Istana Mangkunegara
Ngunduh mantu akan berlangsung pada Minggu, 11 Desember 2022 di Loji Gandrung. Kemudian kedua mempelai bakal dikirab dari Loji Gandrung menuju Istana Mangkunegaran.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menggelar acara ngunduh mantu untuk pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono. 

Acara adat ngunduh mantu akan berlangsung pada Minggu, 11 Desember 2022, di Loji Gandrung yang merupakan rumah dinas wali kota Solo.Kaesang dan Erina bakal dikirab dari Loji Gandrung menuju Istana Mangkunegaran.

Ngunduh mantu akan dilengkapi dengan 12 keretan kencana, yang bakal ditarik oleh 28 ekor kuda. Keluarga Jokowi pun kembali menggunakan jasa Mudjiono Prasetyo, pemilik usaha jasa kereta kuda di Kota Bengawan. 

" Saya tidak menyangka akan kembali ditunjuk pak Jokowi. Karena saat diminta menyiapkan kereta kuda dari Dinas Pariwisata Kota Solo, tidak menyebut akan dipakai untuk pernikahan mas Kaesang dan mbak Erina," ujar Mudjiono, Rabu 30 November 2022.

1 dari 7 halaman

" Saya diperintahkan menyediakan 12 kereta kuda. Terus waktu dekat ini baru tahu-tahu kok, ternyata buat pernikahan mas Kaesang. Ya Alhamdulillah," imbuhnya.

Sementara itu, untuk kuda yang akan diikutkan kirab di pernikahan Kaesang-Erina ada 28 kuda. Kereta kuda yang digunakan mempelai akan ditarik 6 kuda. Sedangkan 11 kereta akan ditarik oleh dua kuda.

" Untuk kusirnya saya minta bantuan keponakan sebagai penarik kereta kuda yang akan dinaiki Kaesang-Erina," terangnya.

2 dari 7 halaman

Menurut Mudjiono, Jokowi sudah menggunakan jasanya sejak pendaftaran calon wali kota sampai menjadi presiden dua periode. Kemudian saat pernikahan Kahiyang dengan Boby Nasution.

Dia mengatakan, jenis kuda yang akan digunakan untuk menarik kereta nanti merupakan keturuan lokal dan luar.

" Kalau persiapan khusus, yang penting kuda dicek sehat dan makan di kasih mineral. Misalnya sewaktu-waktu dipakai enggak masalah, 24 jam siap," tandasnya.

3 dari 7 halaman

Warga Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, itu bersyukur kembali mendapatkan kepercayaan dari orang nomor satu di Indonesia. Apalagi usaha jasa menarik kereta kuda ini tidak bisa dilakukan setiap hari.

Tidak ada persiapan khusus untuk merawat kuda-kudanya. Namun Mudjiono mengatakan ia selalu memberikan makanan yang sehat serta menjaga kandang kuda agar selalu bersih.

" Hari Sabtu tanggal 10 Desember nanti atau satu hari menjelang acara ngunduh mantu, seluruh kereta kuda akan di karantina di Mapolresta Surakarta. Paginya baru dibawa ke Loji Gandrung untuk kirab pengantin Kaesang-Erina," pungkasnya.

Sumber: Merdeka.com

4 dari 7 halaman

Bentar Lagi Ngunduh Mantu, Ini Daftar Tamu Undangan Jokowi

Dream - Resepsi ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan digelar di Pura Mangkunegaran pada Desember 2022. Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap, Presiden Jokowi akan mengundang banyak tamu dari berbagai kalangan dalam acara itu.

Erick, sebagai Ketua Pelaksana Pernikahan Kaesang dan Erina, belum mengetahui secara detail siapa saja tamu yang akan diundang. Namun dia menyebut Duta Besar menjadi salah satu yang diundang.

" (Undangan) ya secukupnya, nanti dibagi. Bapak Presiden Jokowi tidak mungkin tidak mengundang duta besar," ujar Erick di sela gladi bersih kegiatan ngunduh mantu, di Pura Mangkunegaran, Minggu 27 November 2022.

Selain duta besar, pria berusia 52 tahun itu juga mengatakan para kepala daerah, terutama gubernur, juga akan diundang.

" Kalau duta besar diundang, terus gubernur tidak diundang, nanti gimana? Loh kok menghormati yang asing, kita yang bekerja keras bersama-sama saat Covid kok tidak? Salah lagi nanti kita," katanya.

5 dari 7 halaman

Tamu Undangan Lainnya

Presiden juga bakal mengundang para petinggi lembaga negara, di antaranya pejabat BPK, DPR, MPR dan DPD. Dengan banyaknya tamu negara tersebut, akan ada protokol yang mengaturnya.

" Nanti juga ada teman-teman Mas Kaesang yang akan diundang. Mulai dari teman di dunia sepak bola hingga YouTuber," jelasnya.

" Mas Kaesang temannya kan banyak. Ada yang dari dunia sepak bola, pengusaha, belum teman-teman YouTuber ya kan, banyak juga. Ini kan masih diatur ya, kita harus atur bagaimana ini baik jangan sampai berlebihan," tandasnya.

6 dari 7 halaman

Erick Menganggap Kaesang Seperti Ponakan Sendiri

Erick Thohir mengungkap sudah menganggap Kaesang Pangarep seperti keponakan. Hal ini yang menjadi latar belakang dirinya menjadi ketua pelaksana pernikahan putra bungsu Jokowi itu.

" Mas Kaesang sudah seperti keluarga saya, keponakan lah," ujar Erick usai gladi pernikahan di Puro Mangkunegaran.

Kaesang juga sangat dekat dengan anak Erick, Aga Thohir, yang sama-sama tengah membangun dan mengembangkan Persis Solo. Sebagai sebuah keluarga, ucap Erick, sudah sepantasnya ia membantu Kaesang dalam mempersiapkan hari istimewanya.

" Adalah hal yang lumrah pada keluarga Indonesia dan orang timur pada umumnya untuk saling membantu sesama keluarga dalam acara atau hajatan besar," ucap Erick.

 

7 dari 7 halaman

Erick mengatakan, rasa gotong-royong merupakan salah satu kekuatan bangsa yang harus terus dilestarikan. Sebagai sebuah keluarga, tentu harus saling membantu.

" Tapi kadang-kadang orang senang membangun persepsi Menteri BUMN sibuk (ngurusin pernikahan), itu keliru. Bagi saya, Kaesang sudah jadi keponakan sendiri, ya saya dengan senang hati membantu,” ujar Erick menambahkan.

Sumber: Merdeka.com

Beri Komentar