Kata-Kata Hari Sumpah Pemuda dari Tokoh Terkenal, Bangun Kesadaran untuk Peduli Bumi Pertiwi

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 28 Oktober 2022 07:36
Kata-Kata Hari Sumpah Pemuda dari Tokoh Terkenal, Bangun Kesadaran untuk Peduli Bumi Pertiwi
Pelopor pergerakan kemerdekaan Indonesia adalah para pemuda yang memiliki semangat persatuan dan kesatuan.

Dream – Pemuda merupakan generasi penerus bangsa yang menentukan masa depan negara Indonesia. Peran itu sudah diperlihatkan ketika para pemuda menggelar kongres I pada 28 Oktober 1928 untuk menyatukan semangat persatuan dan kesatuan. Babak sejarah yang selanjutnya dikenang sebagai peringatan Hari Sumpah Pemuda. 

Para pemuda Indonesia dari berbagai latar belakang agama, ras, dan suku pada 94 tahun lalu berkumpul atas dasar kesadaran pentingnya memikirkan masa depan Indonesia yang merdeka. Pada tanggal itulah tercetus ikrar yang kini disebut Sumpah Pemuda ebagai janji suci para pemuda dan pemudi Indonesia untuk bersatu merebut kemerdekaan dari para penjajah.

Kini tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda sebagai momentum untuk menghormati dan mengingat perjuangan para pemuda. Tak hanya dengan mengikuti upacara, cara untuk mengenang perjuangan para pemuda bisa diwujudkan dengan menebarkan kata-kata Hari Sumpah Pemuda, baik dari tokoh terkenal maupun anonim.

Kata-kata Hari Sumpah Pemuda itu bisa ditampilkan dalam bentuk baliho maupun banner di jalan-jalan hingga membanjiri laman media sosial.

Biasanya kata-kata Hari Sumpah Pemuda dari tokoh terkenal lebih sering dikutip untuk merayakan hari bersejarah tersebut. Berikut Dream berhasil merangkum dari berbagai sumber tentang kata-kata Hari Sumpah Pemuda dari tokoh terkenal yang inspiratif dan penuh motivasi.

1 dari 3 halaman

Kata-kata Hari Sumpah Pemuda untuk Bangun Kesadaran Peduli pada Negeri Sendiri

Kata-kata Hari Sumpah Pemuda dari Ir Soekarno

Berikut beberapa kata-kata Hari Sumpah Pemuda dari Ir Soekarno:

  1. “ Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di masa pancaroba. Jadi tetaplah bersemangat elang rajawali.”
  2. “ Berikan aku sepuluh pemuda, akan kugoncangkan dunia.”
  3. “ Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan lima butir Mutiara yang indah.”
  4. “ Kalau pemuda sudah berumur 21-22 tahun sama sekali tidak berjuang, tak bercita-cita, tak bergiat untuk tanah air dan bangsa, pemuda begini baiknya digunduli saja.”
  5. “ Aku ini bukan apa-apa kalau tanpa rakyat. Aku besar karena rakyat, berjuang karena rakyat, dan aku penyambung lidah rakyat.”
  6. “ Bangunlah suatu dunia dimana semua bangsanya hidup dalam damai dan persaudaraan.”
  7. “ Berilah aku semilyar orang tua, maka aku akan sanggup memindahkan gunung Merapi dari tempatnya; dan berilah aku sepuluh pemuda yang bersemangat besar, niscaya aku akan sanggup menggemparkan dunia.”
  8. “ Saatnya telah tiba untuk meyakinkan dunia bahwa aku bukan boneka Jepang.”
  9. “ Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.”
  10. “ Aku tinggalkan Kekayaan alam Indonesia, biar semua negara besar dunia iri dengan Indonesia, dan aku tinggalkan hingga bangsa Indonesia sendiri yang mengolahnya.”
  11. “ Rakyat padang pasir bisa hidup, masa kita tidak bisa hidup!”
  12. “ Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta. Masa yang lampau sangat berguna sebagai kaca benggala daripada masa yang akan datang.”
  13. “ Engkau telah sering mendengar mengenai diriku, bahwa aku ini sejak umur 16 tahun telah mencemplungkan diri dalam gerakan untuk tanah air, bangsa, dan cita-cita.”
2 dari 3 halaman

Kata-kata Hari Sumpah Pemuda dari Bung Hatta

Ilustrasi© Unsplash.com

Berikut kumpulan kata-kata Hari Sumpah Pemuda dari Bung Hatta:

  1. " Anak muda boleh pandai beretorika, tapi juga harus sadar untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat yang menjadi cita-cita."
  2. " Kita berada pada permulaan perjuangan yang jauh lebih berat dan lebih mulia, yaitu perjuangan untuk mencapai kemerdekaan daripada segala macam penindasan."
  3. " Tindakan jauh lebih penting daripada kata-kata. Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022."
  4. " Agar persatuan dan kepedulian tak semakin pudar, teruslah menjunjung tinggi sila ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia."
  5. " Jatuh bangunnya negara ini, sangat tergantung dari bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekadar nama dan gambar seuntaian pulau di peta. Jangan mengharapkan bangsa lain respek terhadap bangsa ini, bila kita sendiri gemar memperdaya sesama saudara sebangsa, merusak dan mencuri kekayaan Ibu Pertiwi.”
  6. " Kita boleh merdeka secara fisik, tapi kita masih perlu usaha keras buat mewujudkan manusia bermental baja guna meraih cita-cita bangsa."
  7. " Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat.”
  8. “ Tak ada harta pusaka yang sama berharganya dengan kejujuran.”
  9. " Biarlah pengalaman masa lalu kita menjadi tonggak petunjuk, dan bukan tonggak yang membelenggu kita."
3 dari 3 halaman

Kata-kata Hari Sumpah Pemuda dari Tan Malaka

Berikut kumpulan kata-kata Hari Sumpah Pemuda dari Tan Malaka:

  1. “ Tidak, tak ada sesuatu program revolusioner yang berarti, jika tak ada pergerakan revolusioner.”
  2. " Bangunkanlah semangat menyerang buat meruntuhkan yang lama –usang– dan mendirikan masyarakat yang baru, kokoh–kuat.”
  3. " Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali.”
  4. " Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda.”
  5. " Sebetulnya cara mendapatkan hasil itulah yang lebih penting daripada hasil sendiri.”
  6. “ Lapar tak berarti kenyang buat si miskin. Si lapar yang kurus kering tak akan bisa kita kenyangkan dengan kata kenyang saja, walaupun kita ulangi 1001 kali.”
  7. “ Kelahiran suatu pikiran sering menyamai kelahiran seorang anak. Ia didahului dengan penderitaan-penderitaan mengiringi kelahirannya.”
  8. “ Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan.”
  9. “ Kalau sistem itu tak bisa diperiksa kebenarannya dan tak bisa dikritik, maka matilah Ilmu Pasti itu.”
  10. “ Jika kita dalam perjuangan revolusioner tidak mengambil inisiatif duluan, maka lawan mendapatkan keuntungan menguasai kemauan dan perbuatan ktia sehingga kita dipaksa dalam keadaan pasif melumpuhkan.”

Demikian itulah kata-kata Hari Sumpah Pemuda dari tokoh terkenal Indonesia. Kata-kata tersebut mampu menyadarkan para pemuda saat ini, bahwa mereka memiliki kekuatan yang besar untuk membangun bangsa ke arah yang lebih baik. Negara yang dipenuhi korupsi ini semestinya bisa diperbaiki dengan peran para pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022!

Beri Komentar