Dukung ODOJ, Kemenag Ingin Spirit Alquran Hidup di Indonesia

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 31 Agustus 2015 14:16
Dukung ODOJ, Kemenag Ingin Spirit Alquran Hidup di Indonesia
ODOJ dinilai mampu menggiring generasi muda untuk rajin membaca Alquran

Dream - Kehadiran komunitas pembaca Alquran satu juz perhari, One Day One Juz (ODOJ), diapresiasi oleh pemerintah. Melalui Kementerian Agama, pemerintah berharap komunitas ODOJ bisa membawa spirit Alquran ke dalam kehidupan sehari-hari.

Sekretaris Direktorat Bimbingan Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin, menilai ODOJ berperan besar bagi bangsa dan negara karena menciptakan generasi yang rutin membaca Alquran di Indonesia. 

“ Dengan membiasakan membaca dan mengkhatamkan al-Qur’an, berarti kita akan lebih meyakini kebesaran Allah SWT di dalam kehidupan ini. Selanjutnya setelah membaca dan mengkhatamkan, diharapkan kita dapat mengerti arti dan makna al-Qur’an untuk kita implementasikan dalam hidup keseharian,” katanya disela-sela acara " ODOJ untuk Negeri" yang digelar di Masjid Istiqlal, Minggu, 30 Agustus 2015.

Dalam rilis di laman kemenag.go.id, Guru Besar Ilmu Hadits UIN Alauddin Makassar itu mengajak umat Islam di seluruh tanah air untuk membiasakan membaca dan mengkhatamkan Alquran. Sebab, dalam Alquran terkandung spirit untuk menggugah kesadaran kehidupan beragama yang damai.

“ Jika spirit membaca Alquran itu kita pahami dengan seksama maka akan menggugah perasaan dan kesadaran umat Islam untuk selalu menjaga perdamaian, persatuan, dan toleransi antar umat beragama,” katanya.

Acara “ ODOJ Untuk Negeri” sendiri digelar sebagai ajang silaturahmi antar anggota komunitas ODOJ. Acara ini dibuat sekaligus untuk menyambut kemerdekaan RI yang ke-70. Selain menjadi ajang silaturahmi, acara ini juga menghadirkan sejumlah selebritis yang sering terlibat aktif dalam kegiatan sosial seperti Baim Wong, Peggy Melati Sukma, dan Indra Bekti.

Beri Komentar