Layanan Ekspedisi OExpress Meluncur, Pembeli Bisa Pantau Pengiriman Paket Real Time

Reporter : Dinda Permata Sari
Jumat, 24 Februari 2023 08:40
Layanan Ekspedisi OExpress Meluncur, Pembeli Bisa Pantau Pengiriman Paket Real Time
Berangkat dari permasalahan yang dirasakan, PT Oexpress Logistik Indonesia lucurkan ekspedisi dengan sistem real time dan smart delivery.

Dream - Perkembangan transaksi jual beli melalui platform online membuat peluang usaha semakin terbuka. Salah satu yang berkembang dari tren online shop ini adalah industri logistik berupa pengiriman barang dan rantai pasok yag semakin banyak digunakan masyarakat. 

Menjamurnya jasa pengiriman paket turut yang mengandalkan pemanfaatan teknologi ini juga turut mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menjalankan bisnisnya. Dua sektor bisnis baru, e-Commerce dan industri logistik yang saling mendukung diyakini akan membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan. 

CEO & Founder OExpress Rovan Alfarry saat peluncuran OExpress di The Terrace Senayan, Kamis 23 Februari 2023 menilai proses operasional pengiriman barang dari UMKM ke masyarakat sebagai pembeli akan terhambat tanpa adanya logistik yang memadai dan e-commerce platform.

Terdorong dalam upaya memudahkan UMKM menjalankan usahanya, PT Oexpress Logistik Indonesia meluncurkan Ekspedisi Logistik Baru OExpress. Awalnya perusahaan logistik ini lahir dari industri e-commerce dengan nama Orderonline.id.

Menurut Rovan, banyak pelaku usaha yang seharusnya fokus pada penjualan barang atau jasanya lebih banyak disibukkan masalah pengiriman. Idealnya kegiatan ini menjadi tugas dari Third Party Logistic (3PL).

1 dari 2 halaman

“ Kita harus bikin satu bendera yang mana ini tuh urusan logistik, Orderonline.id balik lagi ke DNAnya yaitu e-commerce platform, sehingga kita mematahkan semua itu hingga terbentuklah Oexpress ini,” tutur Rovan.

Menurut Rovan, kehadiran Oexpress berangkat dari permasalahan sejumlah UMKM dalam aktivitas pengiriman barang. Menjawab kebutuhan tersebut, OExpress menawarkan solusi lewat slogan “ Real-Time, Smart Delivery” untuk menciptakan ekosistem pengiriman barang dan supply chain yang efektif dan efisien.

Hasil riset yang dilakukan perusahaan menunjukan pengguna jasa pengiriman atau costumer selalu ingin mengetahui keberadaan dari paket yang telah dibelinya. " Karena kebanyakan customer juga gak ngerti bahasa logistik,” ucapnya.

Lewat OExpress, klaim Rovan, costumer akan mendapat sistem pelaporkan transparan sehingga bisa mengetahui titik lokasi keberadaan paket yang dikirim. Sistem transparan yang dimaksud meliputi status pengiriman, atur pengiriman, SLA pengiriman, notifikasi pengiriman, hingga bukti pengiriman.

Guna memudahkan costumer, layanannya juga menyediakan fasilitas pesan yang langsung dikirimkan pemilik paket ketika terjadi masalah pada pengiriman oleh pihak ekspedisi. Pesan tersebut dikirimkan melalui aplikasi Whatsapp.

2 dari 2 halaman

Layanan lain yang disediakan perusahaan adalah Smart Delivery yaitu sistem yang secara otomatis akan merekomendasikan pengguna untuk memilih ekspedisi terbaik sesuai dengan lokasi tujuan paket dikirim.

OExpress juga menyediakan berbagai layanan sesuai kebutuhan pengguna seperti Instant Delivery, Same-Day, Reguler, Next-Day, Ekonomis, hingga Cargo. 

Saat ini layanan OExpress sebagai agregator telah mencakup seluruh wilayah di Indonesia. Sedangkan untuk operasional secara mandiri, layanan ekspedisi ini sudah beroperasi di wilayah Jabodetabek, Karawang dan Bandung.

Layanan Expedisi Baru OExpress, Berikan Sistem Pengiriman Transparan

Selain memperkenalkan layanan OExpress, perusahaan juga meluncurkan unit armada berupa motor listrik dan mobil yang akan digunakan untuk mengirimkan barang ke lokasi jangkauannya.

“ Ini adalah simbolis untuk memberikan solusi UMKM atau bisnis yang ada di Indonesia,” ujar Rovan.

Beri Komentar