Mengenal Calon Mertua Kaesang Pangarep yang Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Reporter : Okti Nur Alifia
Jumat, 9 Desember 2022 12:01
Mengenal Calon Mertua Kaesang Pangarep yang Ternyata Bukan Orang Sembarangan
Calon mertua Kaesang ini merupakan dosen sekaligus rektor dari salah satu kampus ternama.

Dream - Erina Gudono, dalam hitungan jam akan menjadi anggota keluarga baru presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi. Erina akan menjadi calon istri dari putra bungsu keluarga presiden, Kaesang Pangarep dengan akad nikah yang digelar besok (Sabtu, 10 Desember 2022). 

Selain statusnya sebagai finalis Putri Indonesia dari Yogyakarta, Erina ternyata berasal dari keluarga tak sembarang. Orangtua berlatar belakangan pendidikan mumpuni dengan gelar mater (S2) dan Doktor (S3).

Mendiang ayah Erina bahkan menggenggam gelar profesor bernama Prof. Dr. Mohammad Gudono, MBA, Aks, Ph.D (Alm). Sementara ibu Erina bernama Dra. Sofiatun Gudono, M. Si, Aks.

Wanita yang akan dipersunting oleh putra Presiden Jokowi itu akan menjalani akad pada 10 Desember 2022 dengan wali nikah adalah kakak kandungnya, Allen Gudono. Ayah Erina diketahui telah meninggal dunia pada Jumat, 22 Juli 2016.

Almarhum ayah yang kerap disapa sebagai Profesor Gudono adalah dosen FEB Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Departemen Akuntansi. Ibunya juga ternyata seorang dosen.

1 dari 5 halaman

Calon mertua Kaesang ini merupakan dosen sekaligus rektor dari salah satu kampus ternama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mitra Indonesia. Sofiatun Gudono juga lulus dari UGM dan memiliki gelar Magister Sains Akuntansi (MSi AKT).

Sofiatun menikah dengan Mohammad Gudono pada 28 Juli 1989 dan dikarunia lima orang (termasuk Erina dan Allen) namun anak keduanya meninggal setelah lahir.

Selain menjadi dosen, wanita kelahiran Kediri, Jawa Timur pada 10 Februari 1964 itu juga seorang pengusaha.

Dia memiliki bisnis butik yang sudah berdiri sejak 2005 bernama Sophie Boutique, terletak di Jalan Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.

2 dari 5 halaman

Sophie Boutique juga pernah mengikuti pameran baik di dalam maupun luar negeri, loh. Sofiatun pernah memamerkan produknya dalam pameran East West Economic Corridor (EWEC) di Vietnam pada 2019.

Di tahun yang sama, Sophie Boutique juga mengikuti pameran Pasar Lebaran dalam rangka Hari Jadi ke-103 Kabupaten Sleman. Tidak hanya itu, Sophie Boutique juga terlibat dalam acara Indonesia Expo di Bangladesh.

Selain itu Sofiatun Gudono pun membawa usahanya dalam misi dagang meliputi pameran dan bussiness forum dalam acara Rusia Halal Expo di Rusia pada Juli-Agustus 2021. 

Sejumlah produk Sophie Boutique juga telah diekspor ke berbagai negara. Satu di antara gamis eksklusif berbahan sruti dan brokat pun dikirim ke Malaysia, Brunei Darussalam, dan Bangladesh.

 

3 dari 5 halaman

Sosok Erina Gudono di Mata Jokowi: Wanita Jawa yang Baik

Dream - Tinggal menghitung hari, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, akan menikah dengan Erina Gudono.

Dikutip dari laman Puteri Indonesia, Erina Sofia Gudono, biasa dipanggil Erina, adalah perempuan kelahiran Amerika Serikat. Erina merupakan anak ketiga dari empat bersaudar.

Ia tumbuh dan menyelesaikan pendidikan S1 di Kota Yogyakarta. Ia menempuh pendidikan di UGM Manajemen keuangan dan melanjutkan pendidikan Columbia University Master of Public Administration.

Diketahui, Erina pernah bekerja sebagai Finance Analyst di International Investment Bank.

Selain memiliki karier yang gemilang, Erina juga banyak meraih prestasi dan penghargaan internasional. Hal ini yang melatarbelakangi Joko Widodo memilihnya sebagai calon menantu. 

 

   

4 dari 5 halaman

Saat ditemui di Solo, Jokowi mengungkapkan tentang bagaimana sosok Erina di matanya.

“ Wanita Jawa yang baik,” ujar Jokowi saat ditanya wartawan, Minggu, 4 Desember 2022. 

© Instagram/erinasgudono

Saat ditanya tentang sosok calon menantunya itu Jokowi sontak menjawab bahwa Erina adalah sosok wanita Jawa yang baik. 

Diektahui, Jokowi menghadiri kumbokarnan, rapat terakhir persiapan pernikahan putra bungsunya Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Ndalem Wuryaningratan, Danar Hadi Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo, Jawa Tengah.

Jokowi bersyukur persiapan pernikahan yang rencananya akan digelar Sabtu 10 Desember 2022 nanti berjalan lancar dan sudah mencapai 99 persen.

5 dari 5 halaman

" Persiapannya sudah 99 persen. Alhamdullilah sudah disiapkan dengan baik," ungkap Jokowi usai rapat kumbokarnan.

© Instagram/erinasgudono

Jokowi menyampaikan akad pernikahan Kaesang-Erina akan dilaksanakan pada Sabtu, 10 Desember 2022 di Yogyakarta. Sementara untuk tasyakuran akan dilaksanakan sehari setalahnya di Solo, Minggu 11 Desember 2022. 

Sumber: Brillio

Beri Komentar