Menteri hingga Ketua Umum Partai Politik Antarkan Menpan RB Tjahjo Kumolo ke Persemayaman Terakhir

Reporter : Nabila Hanum
Jumat, 1 Juli 2022 20:11
Menteri hingga Ketua Umum Partai Politik Antarkan Menpan RB Tjahjo Kumolo ke Persemayaman Terakhir
Sejumlah menteri, gubernur, hingga Ketua Umum Partai Politik pun turut hadir dalam prosesi pemakaman tersebut.

Dream - Prosesi pemakaman jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo telah selesai dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat 1 Juli 2020 sore

Setiba di TMP Kalibata, jenazah Tjahjo Kumolo diiringi oleh sejumlah pasukan TNI. Prosesi pemakaman Tjahjo Kumolo dilakukan secara militer. Upacara pemakaman tersebut dipimpin oleh Mensesneg Pratikno.

Sejumlah menteri, gubernur, hingga Ketua Umum Partai Politik pun turut hadir dalam prosesi pemakaman tersebut.

1 dari 4 halaman

Sejumlah menteri tersebut di antaranya Menteri Sosial Tri Rismahirini, Menteri Kominfo Johnny G Plate, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selain itu, tampak juga Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kepala BSSN Hinsa Siburian, dan Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Tampak hadir pula Ketua DPR Puan Maharani dan Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun tampak hadir.

Selain itu, di kursi pelayat juga tampak Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan AM Hendropriyono.

Sebelumnya, Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada hari ini, Jumat 1 Juli 2022 pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo.

Tjahjo sempat dibawa ke rumah duka di Kompleks Widya Chandra. Sejumlah pejabat, di antaranya Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, melayat ke rumah duka.

Selepas dari rumah duka, jenazah Tjahjo Kumolo dibawa ke Masjid Quba, Kemenpan RB untuk disholatkan yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

2 dari 4 halaman

Wapres Ma'ruf Amin Pimpin Sholat Jenazah Tjahjo Kumolo

Dream - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjadi imam sholat jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo di Masjid Quba, Kemenpan RB.

Ma'ruf Amin yang baru saja tiba dari NTB terlihat masuk ke barisan depan para jemaah sholat jenazah, yang kemudian berdiri di posisi imam di Masjid Quba Kemenpan RB.

Sebelumnya, jenazah Tjahjo Kumolo diberangkatkan dari rumah duka di Widya Chandra, Jakarta Selatan, sekitar pukul 15.51 WIB. Jasad Tjahjo dibawa ke kantor Kemenpan RB untuk disholatkan.

Jenazah kemudian tiba di Kemenpan RB sekitar pukul 16.05 WIB. Kedatangan jenazah sudah ditunggu sejak tadi oleh para pegawai Kemenpan RB.

3 dari 4 halaman

Tak lama kemudian, peti jenazah yang balut bendera Merah Putih ini diantar menuju Masjid Quba Kemenpan RB untuk kemudian disalatkan. Peti digotong oleh prajurit TNI berbaret merah.

Sesampainya di halaman masjid, peti jenazah Tjahjo Kumolo langsung diserahkan kepada para pegawai Kemenpan RB yang kemudian menggotong dan menaruhnya di barisan depan dalam masjid.

Sekretaris Kemenpan RB Rini Widyantini menyebut, Tjahjo Kumolo bukan hanya sebagai pemimpin, namun layaknya seorang ayah bagi para pegawai.

" Pak Tjahjo itu adalah sosok pimpinan yang bijak, dan beliau melakukan leadership, beliau itu pendekatan kekeluargaan, dan setiap persoalan-persoalan dapat diselesaikan dengan cepat dan sigap. Dan kami semua seluruh pegawai Kementerian PAN-RB merasa kehilangan sosok yang begitu baik dan sosok yang betul-betul seperti ayah kami sendiri karena beliau sangat-sangat-sangat memperhatikan seluruh pegawai," kata dia.

4 dari 4 halaman

Rini Widyantini menyebut rencananya Menpan RB Tjaho Kumolo langsung akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Menurut Rini, hal itu sudah menjadi permintaan keluarga.

" Sebelum sholat ashar, segera, karena pihak keluarga meminta," ujar Rini di Kemenpan RB, dikutip dari Liputan6.com, Jumat 1 Juli 2022.

Rini menyatakan atas nama Kemenpan RB dirinya memohon keikhlasan agar masyarakat mau memaafkan kesalahan yang pernah dilakukan Tjahjo Kumolo.

" Jadi saya atas nama keluarga besar Kemenpan RB memohonkan maaf atas segala kekhilafan atau kesalahan dari Bapak Tjahjo dan saya mohon keikhlasan dan doa agar pimpinan kami Bapak Tjahjo Kumolo husnul khatimah," kata dia.

Beri Komentar