Mitos Bersih-ersih Rumah di Malam Hari Sebabkan Kefakiran, Benarkah?

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 19 Agustus 2022 11:00
Mitos Bersih-ersih Rumah di Malam Hari Sebabkan Kefakiran, Benarkah?
Kebersihan merupakan sebagian dari iman.

Dream - Membersihkan rumah menjadi salah satu aktivitas yang telah menjadi rutinitas untuk menjaga kebersihan dan kerapian rumah. Setiap pemilik rumah tentu tak ingin kondisi tempat tinggalnya kotor hingga menjadi sarang kuman dan penyakit.

Bahkan setiap orang Islam pasti pernah mendengar sebuah hadis yang menyebutkan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Kebersihan merupakan ciri orang mukmin, sementara meninggalkannya adalah ciri orang Yahudi.

Kondisi rumah yang bersih tentu akan membuat penghuni merasa nyaman tinggal di dalamnya. Inilah mengapa setiap orang tua senantiasa mengajak anak-anak untuk melakukan bersih-bersih rumah ketika akhir pekan datang.

Tak hanya saat libur, aktivitas bersih-bersih rumah juga bisa diajarkan setiap hari. Debu tentu tak memandang hari ketika menumpuk dan mengotori benda-benda dan lantai apabila tidak dibersihkan.

Lalu bagaimana dengan hukum bersih-bersih rumah di malam hari dalam Islam? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Mitos Bersih-bersih Rumah di Malam Hari

Mitosnya, bersih-bersih rumah di malam hari bisa menyebabkan kefakiran. Ternyata, sebenarnya tidak ada larangan sama sekali untuk bersih-bersih rumah di malam hari.

Terdapat hadis Rasulullah SAW yang memerintahkan kepada umat Islam untuk selalu bersih-bersih rumah. Sebab kebersihan termasuk ciri-ciri orang mukmin, sedangkan meninggalkannya adalah salah satu ciri orang Yahudi.

“ Rasulullah SAW bersabda, ‘Allah itu baik dan mencintai kebaikan, bersih dan mencintai kebersihan, murah hati dan mencintai kedermawanan, maka bersihkan halamanmu, dan jangan sepertii orang Yahudi.”

Dengan hadis yang menyebutkan pentingnya kebersihan, maka tidak ada larangan untuk bersih-bersih rumah di malam hari. Sebab bersih-bersih rumah di malam hari bukanlah suatu kejahatan atau tindakan yang menyalahi agama.

 

2 dari 3 halaman

Tips Anti Mager Bersih-bersih Rumah

Jika hari-harimu terlalu sibuk untuk bersih-bersih rumah setiap hari, maka kamu bisa melakukannya saat weekend tiba.

Rumah yang rapi dan bersih juga bisa jadi salah satu poin yang mendukung produktivitas. Stop mager bersih-bersih rumah saat weekend tiba, begini triknya!

1. Buat Rencana

Ada baiknya Sahabat Dream bikin rencana bagian rumah mana yang ingin dibereskan terlebih dahulu. Mulai dengan yang tingkat berantakannya paling ringan, seperti ruang tamu atau ruang keluarga. Lanjutkan dengan ruangan yang tingkat berantakannya sedang, seperti kamar dan halaman. Terakhir lanjutkan dengan membersihkan yang paling kotor, seperti dapur atau toilet.

2. Persiapkan Peralatan

Peralatan kebersihan sangat penting untuk mendukung aktivitasmu membersihkan rumah. Pastikan siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan, seperti sapu, pel, dan alat bersih-bersih lainnya.

Kalau perlu, Sahabat Dream bisa membeli dulu berbagai perlengkapan bersih-bersih rumah kekinian yang banyak bertebaran di marketplace.

Selain bisa bikin kegiatan bersih-bersih jadi menyenangkan, cara ini juga bisa jadi mood booster tersendiri yang bikin kamu makin semangat buat menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah.

3 dari 3 halaman

3. Lakukan Bersama Anggota Keluarga Lain

Apapun jika dilakukan sendirian itu berat. Agar terasa lebih ringan dan menyenangkan, ajak anggota keluarga yang lain buat ikut bersih-bersih rumah. Kamu bisa bagi-bagi jobdesk sama mereka, mana yang mau bersihin toilet, dapur, kamar, atau ruang keluarga.

Biar lebih seru dan nggak ada yang malas-malasan, bikin makin semangat dengan menjadikan lomba bersih-bersih aja. Siapa yang paling cepat mengerjakan tugasnya dengan baik, bisa dapetin traktiran makanan atau benda lain yang jadi incaran.

4. Jangan Menunda-nunda

Menunda-nunda pekerjaan adalah pangkal kemalasan. Maka dari itu, kalau sudah bikin rencana bersih-bersih rumah, segera lakukan di waktu yang telah ditentukan. Apalagi kebersihan sebagian dari iman dan Islam sangat tidak menyukai orang yang menunda-nunda pekerjaan.

Jadi, perlu mantapkan niat di dalam diri untuk selalu menjaga kebersihan sesuai anjuran ajaran Islam. Kalau lingkungan rumah bersih, kamu bisa makin produktif melakukan aktivitas apa saja di dalam rumah dan jauh

Beri Komentar