Motode Berdakwah dari Zaman ke Zaman

Reporter : Ayik
Senin, 6 April 2015 12:44
Motode Berdakwah dari Zaman ke Zaman
Saat ini berdakwah bisa dilakukan dalam berbagai kesempatan, baik secara lisan, tertulis ataupun melalui media-media yang kini perkembangannya dinilai cukup efektif.

Dream - Berdakwah merupakan kegiatan yang meyeru atau mengajak manusia untuk melakukan kebaikan dan menuruti petunjuk Alquran dan hadist. Saat ini berdakwah bisa dilakukan dalam berbagai kesempatan, baik secara lisan, tertulis ataupun melalui media-media yang kini perkembangannya dinilai cukup efektif.

Sejak dahulu Rasulullah telah memberikan ajaran akan bagaimana berdakwah dengan baik. Mengajak umat agar mau menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya. Saat pertama kali Rasulullah berdakwah dengan cara mengunjungi dari pintu ke pintu, seperti keluarga dan kerabat terdekat. Selanjutnya barulah Rasulullah berdakwah secara terang-terangan.

Beda halnya saat dakwah di zaman para wali, metode yang perkenalkan yakni berdakwah melalui jalur perdagangan. Mereka menyelipkan bacaan tahmid, tahlil dan takbir sehingga masyarakat menerima dengan baik agama islam.

Dikalangan para ulama, metode dakwah diperkenalkan dengan mendirikan pondok pesantren dan madrasah sehingga lahirlah generasi-generasi untuk melanjutkan dakwah tersebut.

Kini zaman semakin modern, media seperti televisi, radio bahkan sosial media menjadi cara paling efektif untuk berdakwah. Kalngan muda yang umumnya sulit untuk didekati menjadi mudah untuk memahami islam.

Yuk selengkapnya Baca di sini. (Ism) 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini! 

Beri Komentar